Ini Standar Ukuran Pintu Rumah yang Ideal, Jangan Sampai Salah!
Juli 15, 2024

Ukuran pintu adalah aspek penting untuk menjaga estetika dan proporsi ruangan. Sebab, ukuran pintu yang tidak sesuai standar akan membuat penghuni rumah tidak nyaman, kan?

Selain itu, ukuran pintu rumah yang salah dapat mengurangi estetika rumah Anda. Terlebih mobilitas Anda saat merelokasi perabotan juga akan terganggu akibat ukuran pintu yang tidak tepat.

Nah, jika Anda ingin memasang pintu sendiri dengan hasil yang mirip seperti jasa renovasi rumah, yuk simak info lengkapnya di sini!

Ukuran Pintu Rumah Berdasarkan Jenisnya

Artikel ini menyajikan ukuran pintu standar yang lebar dan tingginya cocok dengan hunian di Indonesia. Berikut adalah ukuran yang ideal berdasarkan jenis pintunya:

1. Pintu Satu Daun

ukuran pintu rumah satu daun

Sesuai namanya, jenis pintu ini hanya memiliki satu daun saja. Anda tidak perlu membukanya dengan kedua tangan dan umumnya jenis pintu ini diaplikasikan untuk pintu utama, kamar tidur, dan kamar mandi. 

Pintu satu daun memiliki kisaran lebar 80-100 cm, sedangkan kisaran tingginya adalah 200-250 cm. Anda dapat menggunakan acuan ini untuk berbagai ruangan, salah satunya saat renovasi kamar mandi.

Untuk perumahan tipe kecil, ukurannya cukup 90 x 210 cm saja. Pastikan tidak kurang dari ukuran tersebut untuk menghindari sesak dan memastikan kenyamanan mobilitas penghuni rumah. 

Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah ukuran kusen. Pastikan lebarnya ideal, yakni 6 cm dengan tingkat ketebalan sesuai selera Anda. 

2. Pintu Dua Daun

ukuran pintu rumah 2 daun

Ukuran pintu 2 daun umumnya dijumpai di rumah bertipe besar atau komplek perumahan elit. Jenis pintu yang disebut juga sebagai “kupu tarung” ini memberikan kesan elegan dan luas pada rumah.

Mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pintu 2 daun memiliki kisaran lebar 120 cm dan 150 cm, serta tingginya adalah 200 cm, 210 cm, dan 240 cm.

Walaupun sudah ada acuan standarnya, umumnya masyarakat Indonesia menggunakan ukuran 120×210 cm. Dengan demikian, lebar masing-masing daun pintu adalah 60 cm.

Hampir senada dengan pintu satu daun, kusen pintu kupu tarung juga menggunakan kusen dengan lebar 6 cm. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah ketebalan kusennya, yakni mengikuti ukuran lebar (6 cm), tidak seperti pintu satu daun yang bervariasi.

3. Pintu Geser

pintu geser

Anda tidak suka mendorong atau menarik pintu? Maka pintu geser adalah opsi yang tepat! Dengan mekanisme menggeser secara horizontal pada rel, pintu ini cocok untuk ruangan yang sempit. 

Pintu geser umumnya digunakan untuk ruangan-ruangan di dalam rumah, bukan pintu utama atau depan. Adapun ukuran standarnya adalah 210×80 cm.

Baca juga: Ukuran Jendela Rumah yang Ideal

Ukuran Pintu Rumah Berdasarkan Ruangannya

Selain jenis, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran pintu berdasarkan ruangannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Kamar Mandi

ukuran pintu kamar mandi

Pintu kamar mandi tidak perlu lebar dan tinggi yang maksimal, sebab Anda tidak akan memasukkan lemari atau sofa saat renovasi kamar mandi, bukan?

Ukuran pintu kamar mandi yang ideal adalah 70×180 cm. Alasannya, selain tidak perlu memasukkan perabot besar, beberapa perlengkapan seperti wastafel/kloset/bak mandi pun umumnya sudah dipasang sebelum pintunya.

Di samping itu, standar ukuran di atas juga diatur untuk keluar-masuk satu orang saja. Dengan demikian, pengaturan ukuran yang presisi diperlukan agar tidak memberi kesan terlalu lebar atau sempit untuk siapa pun yang masuk ke kamar mandi.

Bagaimana dengan kusennya? Walaupun lebarnya minim, ukuran kusen sama dengan pintu utama, yakni 6 cm pada setiap sisinya. Bahan pintu kamar mandi pun bervariasi, mulai dari aluminium hingga PVC.

Kamar Tidur

pintu kamar tidur

Ukuran pintu kamar tidur pada dasarnya memiliki ketinggian yang lebih rendah dari pintu utama. Adapun standar rata-ratanya adalah 80×200 cm.

Ukurannya memang lebih kecil dari pintu utama. Walaupun begitu, ukuran ini masih memungkinkan Anda untuk memasukkan perabotan atau furniture. Terlebih saat melakukan renovasi kamar tidur yang memerlukan mobilitas tinggi. 

Adapun ukuran kusen yang diperlukan adalah 4 inci dengan tingkat ketebalan 1-5 cm. Ukuran ini 4 kali lebih kecil dan tipis daripada kusen pintu ruangan lainnya di dalam rumah.

Selain standar ukuran di atas, Anda juga dapat menentukannya berdasarkan tinggi badan penghuni kamar. Lagi-lagi hal ini perlu dipertimbangkan demi mobilitas yang nyaman. Caranya tidak sulit, kok! Cukup tambahkan 40 cm dari tinggi orang yang menghuni kamar.

Garasi

pintu garasi

Ukuran pintu garasi tidak boleh ditentukan secara sembarangan. Selain ruang untuk kendaraan roda dua atau empat, Anda juga dapat memfungsikan garasi untuk menyimpan perabotan yang sudah tidak terpakai.

Adapun ukuran ideal untuk pintu garasi adalah lebar minimal 2,7 meter dengan tinggi mencapai 2,5 meter.

Kalaupun kendaraan Anda lebih dari satu, maka cukup tambahkan saja lebarnya. Contohnya garasi untuk 2 unit mobil, maka lebar pintunya adalah 4,5 meter atau 4,9 meter. Tingginya pun harus seimbang dengan lebar, yakni antara 2,1 meter hingga 2,5 meter.

Kesimpulan

Menentukan ukuran pintu rumah yang tepat bukanlah perkara mudah. Apabila salah langkah, maka hanya akan berujung menjadi masalah.

Tentukan ukuran yang tepat berdasarkan jenis pintu dan ruangannya, seperti yang diulas dalam artikel ini. Penentuan ukuran yang tepat dapat mempermudah mobilitas dan tentunya meningkatkan kenyamanan penghuni rumah.

Kalau Anda tidak ingin repot, maka gunakanlah jasa renovasi rumah terpercaya seperti Renov8. Selain mendapat ukuran pintu yang tepat, Anda juga akan memperoleh rekomendasi material yang paling sesuai dengan keinginan Anda. 

Tertarik untuk menggunakan jasa kami? Yuk kunjungi halaman utama website Renov8!

Categories

Related Tags