Cara Menghitung Keramik Kamar Mandi Termudah!
Juli 24, 2024

Dinding kamar mandi Anda mulai berjamur atau retak dan lantainya licin? Mungkin sudah waktunya renovasi kamar mandi. Tapi, Anda perlu tahu dulu cara menghitung keramik kamar mandi yang tepat.

Renovasi kamar mandi bukan hanya soal fungsi, tapi juga estetika. Nah, model dan ukuran keramik bisa mempengaruhi biayanya. Dengan tahu cara menghitung kebutuhan keramik kamar mandi, perkiraan anggarannya tak akan jauh meleset

Kali ini, kami akan membahas caranya. Jadi, Anda bisa mengambil keputusan yang tepat tentang jenis, ukuran dan anggaran yang perlu disiapkan.

Simak penjelasan lengkapnya, yuk!

Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

Mau tahu gimana cara penyedia jasa renovasi rumah biasanya menghitung keramik dinding kamar mandi? Ini langkah-langkahnya:

1. Ukur Luas Dinding

Pertama-tama, Anda perlu mengukur luas dindingnya terlebih dulu.

Jadi, hitunglah luas keramik dinding kamar mandi dengan mengukur tinggi dan lebar setiap dinding. Kalikan kedua ukuran tersebut jika kamar mandi Anda berbentuk kubus.

Jika berbentuk lain, seperti silinder, cara menghitung kebutuhan keramiknya akan berbeda. Untuk memudahkan caranya, kali ini kita gunakan bentuk umum kubus saja, ya?

cara menghitung keramik dinding kamar mandi dengan mengukur luasnya dulu

Pinterest

Setelah pengukuran, jumlahkan semuanya untuk tahu total luas dinding yang akan dipasangi keramik.

Sebagai contoh, kamar mandi Anda tingginya 2,5 meter dan panjangnya 2 meter, maka perhitungannya:

4 * (2.5m x 2m) = 20 m2.

2. Ukur Luas Area yang Akan Dipasang Keramik

Tentu tidak semua bagian dari luas itu akan dipasang keramik, bukan? Ada area seperti pintu, shower, exhaust, atau lainnya yang mungkin tidak memerlukan pemasangan keramik.

Maka, cara menghitung keramik dindingnya adalah dengan mengukur luas area itu. Kemudian, kurangi luas total dinding dengan luas yang tidak akan dipasangi keramik.

Untuk memudahkan, anggap kamar mandi Anda memiliki sebuah pintu dengan ukuran 1 meter x 2 meter = 2 m2. Maka, luas area yang akan dipasang keramik adalah: 20 m2 – 2 m2 = 18 m2.

3. Hitung Luas Satu Keramik

Cara menghitung keramik dinding kamar mandi bisa Anda lanjutkan dengan mengukur luas satu keramik yang Anda gunakan.

Jika Anda memilih ukuran keramik kamar mandi 20 cm x 25 cm, maka 0.2 m x 0.25 m = 0.05 m2.

4. Hitung Jumlah Keramik yang Dibutuhkan

Terakhir, cara menghitung keramik dinding kamar mandi adalah membagi luas dinding dengan luas satu keramik.

Sebagai contoh, untuk luas kamar mandi 20m2 dengan luas keramik 0,05 m2, perhitungannya adalah sebagai berikut: 23 m2 / 0.05 m2 = 400 keramik

Namun, Anda perlu menambahkan 5-10% keramik ekstra sebagai cadangan untuk kerusakan atau keperluan lainnya.

Jadi, 400 + 5% = 420 keramik. Maka, dengan asumsi 1 kardus berisi 20 keramik, Anda membutuhkan 21 kardus/pak.

Nah, yang sering dilupakan dari proses menghitung keramik kamar mandi adalah adanya jarak antar keramik. Ini juga mempengaruhi jumlah total keramik, lho. Jadi, perhitungan di atas tidak akan tepat 100%, tapi ini merupakan estimasi dari kami di blog Renov8 semata.

Cara Menghitung Keramik Lantai Kamar Mandi

Lalu bagaimana cara menghitung keramik kamar mandi untuk lantai? Kurang lebih mirip:

1. Ukur Luas Lantai Kamar Mandi

Mulai dulu dengan mengukur luas lantai kamar mandi. Sebagai contoh, jika kamar mandi Anda memiliki panjang 2 meter dan lebar 2 meter, maka luas lantanyai: 2 m x 2 m = 4 m2.

2. Ukur Luas Area Pemasangan Keramik

Langkah selanjutnya hampir sama, yaitu mengukur luas area yang akan dipasang keramik. Tetapi, lantai kamar mandi biasanya lebih rumit. Ada lekukan, pipa menonjol, atau sudut tertentu.

Itulah kenapa di langkah ini mungkin tak semudah cara menghitung keramik dinding.

Jika anggaran biaya bangun rumah Anda mencukupi, sebaiknya gunakan jasa ahli untuk membuat sketsa denah kamar mandi agar perhitungannya lebih tepat.

3. Hitung Luas Satu Keramik

Berikutnya, hitung luas satu keramik yang Anda gunakan. Misalnya, ukuran keramik kamar mandi Anda 20 cm x 20 cm = 0.2 meter x 0.2 meter = 0.04 meter persegi.

4. Hitung Jumlah Kebutuhan Keramik

Cara menghitung keramik untuk lantai adalah bagi luas lantai dengan luas satu keramik. Misalnya,  4m2 /0.04 m2 = 100 keramik.

Nah, jika Anda menambahkan 10% keramik, maka totalnya adalah 110 keramik yang harus disiapkan. Atau, 6 kardus dengan isi 20 keramik.

cara menghitung kebutuhan keramik kamar mandi pada lantai

Pinterest

Oh ya, penataan keramik yang unik akan memerlukan jumlah keramik lebih banyak, lho. Alasannya, akan lebih banyak keramik yang perlu dipotong, bukan?

Dengan asumsi bahwa risiko kerusakan lebih banyak, sediakan 10% ekstra keramik untuk kebutuhan tersebut, ya.

Jenis-Jenis Ukuran Keramik Kamar Mandi

Setelah tahu jumlah keramik kamar mandi yang Anda butuhkan, mungkin Anda ingin  langsung membeli keramiknya. Tapi, apa saja jenis-jenis ukuran keramik yang bisa Anda pilih? Berikut daftarnya:

20 cm x 20 cm

Ukuran keramik kamar mandi 20 cm x 20 cm sering digunakan untuk lantai kamar mandi kecil. Namun, bisa juga jadi aksen cantik di kamar mandi besar.

cara menghitung keramik kamar mandi ukuran 20x20

Pinterest

Ukuran ini mudah ditemukan di pasaran, kok. Ada yang dengan bahan porselen, keramik, homogeneous tile, bahkan batu alam. Motifnya pun ada yang polos maupun motif abstrak.

20 cm x 25 cm

Tinggi keramik dinding kamar mandi paling standar adalah 25 cm. Ukuran keramik kamar mandi 20 cm x 25 cm sering jadi pilihan umum karena mudah disesuaikan dengan berbagai ukuran kamar mandi.

Ingin bahan porselen atau keramik dengan berbagai motif? Tenang, Anda tak akan kehabisan pilihan, kok.

25 cm x 25 cm

Untuk kesan kamar mandi yang lebih luas, ukuran keramik kamar mandi 25 cm x 25 cm bisa jadi pilihan. Ukuran ini cukup umum untuk lantai kamar mandi, terutama yang bergaya minimalis atau kamar mandi tamu.

25 cm x 40cm

Ingin pilihan ukuran keramik dinding kamar mandi yang lebih luas? Ukuran 25 cm x 40 cm bisa jadi pilihan pertama. Tapi ingat, pilihan merek dan jenisnya mungkin lebih terbatas di kota Anda.

cara menghitung keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40

kiaceramics

30 cm x 30 cm

Untuk lantai kamar mandi berukuran sedang, keramik  30 cm x 30 cm adalah pilihan paling umum. Kesan luasnya akan terasa. Belum lagi pilihan bahan dan motifnya juga cukup banyak, mulai dari polos, geometris, hingga floral.

30 cm x 60 cm

Keramik 30 cm x 60 cm pas untuk dinding kamar mandi besar. Kesannya akan mewah dan elegan, terutama dengan motif polos gelap yang syahdu. Ukuran 60cm juga cukup ideal untuk tinggi keramik dinding kamar mandi shower, lho

tinggi keramik dinding kamar mandi ukuran 60 ideal untuk kamar mandi besar

kiaceramics

Masih ada ukuran keramik yang lebih besar. Namun,tentu bukan merupakan standar tinggi keramik dinding kamar mandi untuk rumah di Indonesia. Saran kami, pilih dari berbagai ukuran di atas saja.

Sudah Tahu Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi?

Ternyata, cara menghitung keramik kamar mandi tidak terlalu sulit, ya? Cukup ukur luas lantai atau dinding kamar mandi, lalu kurangi dengan area yang tidak perlu dipasang keramik.

Namun, terkadang ada alasan seperti tonjolan di lantai atau instalasi air hangat di dinding. Alhasil, perlu ketelitian lebih saat menghitung kebutuhan keramiknya.

Jika Anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri, ada dua pilihan, nih. Pertama, tambahkan keramik ekstra. Namun, mungkin perlu anggaran lebih dan menyisakan banyak keramik tidak terpakai.

Kedua, Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah profesional yang dapat melakukan perhitungan kebutuhan keramik kamar mandi dengan lebih baik. Silakan Anda tentukan, ya!

Categories

Related Tags