12 Rekomendasi Keramik Kamar Mandi yang Tidak Licin dan Estetik
Juli 29, 2024

Ingin mencegah risiko terpeleset di kamar mandi sekaligus membuat dinding kamar mandi terlihat estetik? Jika iya, berarti Anda butuh rekomendasi keramik kamar mandi yang tepat.

Berbagai rekomendasi keramik menarik telah dirangkum dalam artikel ini. Mulai dari material anti licin di lantai hingga material yang terlihat estetik untuk dinding, semuanya ada di sini.

Setelah membaca artikel ini, Anda tak perlu lagi bingung untuk menentukan keramik yang paling cocok untuk kamar mandi Anda, tinggal pasang saja saat renovasi kamar mandi nanti!  

6 Jenis Keramik Anti Licin untuk Lantai Kamar Mandi

Idealnya, keramik yang tidak licin bisa membuat Anda lebih nyaman dan aman saat di kamar mandi. Berikut adalah beberapa contohnya: 

1. Keramik Marmer

keramik marmer untuk lantai kamar mandi

Marmer adalah salah satu jenis batu alam yang umum diaplikasikan pada kamar mandi. Selain karena teksturnya yang anti licin, marmer juga bisa memberikan kesan dingin pada telapak kaki.

Selain itu, material ini juga tidak mudah rusak saat terkena air dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Terlebih lagi, lantai marmer mampu memberikan nuansa elegan dan mewah di kamar mandi Anda.

2. Keramik Granit

keramik granit untuk lantai kamar mandi

Keramik berbahan granit sangat cocok diaplikasikan saat renovasi kamar mandi. Sebab, permukaannya yang berpori-pori dan tidak mudah retak membuat lantai jadi tidak licin.

Namun keramik granit memerlukan perawatan rutin karena mudah terkena noda. Setidaknya bersihkanlah setiap satu minggu sekali menggunakan pembersih lantai kamar mandi.

3. Porselen

keramik porselen untuk lantai kamar mandi

Inilah keramik lantai kamar mandi basah yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya untuk rumah tangga. 

Lantai porselen juga sangat tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir terpeleset saat mandi. Selain itu, porselen memiliki karakteristik keras yang membuatnya tidak mudah tergores dan terkena noda.

4. Keramik Caspari

keramik caspari untuk lantai kamar mandi

Kalau Anda menyukai lantai kamar mandi yang bermotif, maka gunakanlah keramik caspari. Berkat pola yang variatif di permukaannya, kamar mandi Anda akan terasa lebih hidup dan estetik.

Selain estetik, bentuk pola tersebut juga membuat warna keramiknya lebih tahan lama sekaligus anti licin. 

5. Keramik Koral

keramik koral untuk lantai kamar mandi

Rekomendasi selanjutnya adalah keramik koral yang cocok untuk kamar mandi sederhana dan minimalis. Dengan warna yang menarik dan tampilan yang mengkilap, kamar mandi Anda akan terlihat lebih modern.

Warna keramik koral umumnya adalah warna-warna netral, contohnya seperti putih dan krem. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengkombinasikannya dengan warna lain pada dinding dan perabotan kamar mandi.  

6. Keramik Bahan Matte

keramik bahan matte untuk lantai kamar mandi

Keramik berbahan matte memiliki permukaan yang bertekstur dan mampu menahan gesekan. Kedua hal tersebut membuat keramik ini bersifat kesat dan cocok diaplikasikan untuk lantai kamar mandi.

Sama halnya dengan koral, keramik bahan matte cocok digunakan untuk hunian minimalis bernuansa modern.

Anda bisa mengaplikasikannya saat merombak kamar mandi, tetapi jangan lupa untuk menyiapkan biaya renovasi yang cukup, ya!

6 Jenis Keramik Estetik untuk Dinding Kamar Mandi

Setelah tahu berbagai rekomendasi keramik kamar mandi untuk lantai, sekarang waktunya melihat berbagai pilihan keramik menarik untuk dinding!

1. Keramik Motif Marmer

keramik motif marmer untuk dinding kamar mandi

Keramik bermotif marmer dapat memberikan kesan elegan di kamar mandi Anda. Di samping itu, hawa di dalam kamar mandi Anda pun akan terasa lebih dingin dan tidak pengap.

Berkat kesan mewahnya, tak heran jika jenis keramik ini umum ditemukan di kamar mandi resort atau hotel berbintang.

2. Keramik Motif Kayu

keramik motif kayu untuk dinding kamar mandi

Keramik bermotif kayu untuk dinding biasanya berbentuk persegi panjang. Dengan menggunakannya, suasana kamar mandi Anda akan terasa hangat dan alami.

Jenis keramik ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur. Beberapa di antaranya adalah kayu bambu, kayu jati, dan kayu oak.

3. Keramik Motif Batu Alam

keramik motif batu alam untuk dinding kamar mandi

Jika Anda menyukai kesan natural dan elegan, maka gunakanlah dinding berbahan batu alam. Selain itu, kamar mandi Anda juga akan terlihat minimalis dan modern.

Apakah batu alam memiliki varian motif? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan motif travertine atau granit yang tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur.

4. Keramik Motif Beton

keramik motif beton untuk dinding kamar mandi

Rekomendasi keramik kamar mandi untuk dinding yang berikutnya adalah motif beton. Kalau Anda menyukai kamar mandi bertema industrial, maka motif ini adalah pilihan ideal.

Tekstur keramiknya yang kasar membuatnya aman saat terkena cipratan air. Di samping itu, dinding beton pun memberikan kesan edgy dan raw berkat warna abu-abu yang tersedia dalam berbagai pilihan.

5. Keramik Motif Patchwork

keramik motif patchwork untuk dinding kamar mandi

Patchwork pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa pola motif dan warna yang berbeda. Keunikan ini membuat motif patchwork cocok diaplikasikan untuk kamar mandi  bernuansa vintage atau bohemian.

Pengaplikasiannya tergantung pada selera Anda. Contohnya apabila kamar mandi terbagi menjadi area basah dan kering, Anda dapat mengaplikasikannya di salah satu area saja atau keduanya sekaligus.

6. Keramik Dinding Geometris

keramik motif geometris untuk dinding kamar mandi

Keramik ini memiliki bentuk yang sama seperti motif kayu, yakni persegi panjang. Dengan begitu, Anda perlu cermat dalam menghitung jumlah keramik agar tidak ada sisi dinding yang terlewatkan.

Walaupun sama-sama berbentuk persegi panjang, keramik geometris umumnya berukuran lebih kecil daripada dinding motif kayu.

Penggunaan motif ini membuat kamar mandi terlihat lebih artistik dan eye-catching, cocok untuk individu yang menyukai nuansa dramatis.  

Kesimpulan

Kami telah me-review berbagai rekomendasi keramik kamar mandi untuk lantai anti licin dan dinding estetik di artikel ini. Mulai dari minimalis hingga mewah, semua jenis keramik punya karakteristiknya masing-masing.

Contohnya, lantai keramik berbahan batu alam dan marmer memberikan kesan elegan serta mewah. Namun porselen dan matte cenderung bernuansa minimalis dan modern sesuai tren masa kini. Anda juga bisa menggunakan material kayu jika menyukai kesan natural.

Pilihan keramik untuk dinding juga bervariasi. Jika Anda menyukai keramik bermotif, ada berbagai macam pilihan yang recommended, seperti geometris, patchwork, dan batu alam.

Berdasarkan rekomendasi di artikel ini, tentukan pilihan yang paling tepat sesuai selera, tema, dan tentu saja dana yang Anda miliki. Agar makin lengkap, temukan berbagai rekomendasi menarik lainnya seputar kamar mandi di blog Renov8

Categories

Related Tags