6 Cara Menambal Nat Keramik Kamar Mandi Bocor, Praktis!
Agustus 2, 2024

Akibat pemasangan keramik yang salah atau penggunaan bahan kimia, nat keramik bisa cepat rusak. Nah, bagaimana cara menambal nat keramik yang bocor, ya?

Soalnya jika dibiarkan, kerusakannya bisa semakin parah dan mengganggu estetika. Bahkan, bisa ada bagian tajam karena nat kamar mandi bocor. Itu bisa melukai Anda, lho.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda menambal nat keramik kamar mandi itu. Tenang, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya. Yuk, simak!

Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Menambal Nat Keramik?

Sebelum memperbaiki nat kamar mandi bocor, apa saja yang harus disiapkan?

1. Tentukan Tenaga Perbaikan Nat Kamar Mandi Bocor

Di awal, tentukan siapa yang akan menambal nat keramik kamar mandi itu. Pertimbangkan aspek teknis, waktu, dan tenaga yang dibutuhkan.

Jika kerusakannya kecil, mungkin Anda bisa perbaiki sendiri. Namun, jika kerusakannya parah atau penataan keramik kamar mandi rumit, lebih baik hubungi jasa renovasi rumah saja.

2. Pilih Material Untuk Menambal Nat Keramik Kamar Mandi

Sebelum memulai cara menambal nat keramik yang bocor, pilihlah jenis nat-nya:

  • Nat semen — Ini dia nat kamar mandi yang paling umum. Bahannya dari semen dan air. Harganya cukup murah. Salah satu pilihan nat semen adalah Aga Tile Grout.
  • Nat pasir —Ini modifikasi dari nat semen dengan tambahan pasir. Harganya terjangkau dan pilihan warnanya banyak. Salah satu contohnya adalah PRIMAFIX TILE GROUT PF 70.
  • Nat Epoksi — Jenis ini cukup populer. Bahannya dari resin epoxy, pengeras, dan pewarna. Nat epoksi tahan gesekan dan noda, jadi ideal untuk kamar mandi. Contohnya, AM 55.
  • Nat Poliuretan — Bahan Polyurethane bukan murni nat, tapi lebih sebagai sealant. Pada kerusakan kecil, beberapa orang menggunakannya untuk menambal nat keramik kamar mandi yang bocor. Contohnya, Sikaflex Sika 221.
  • Nat Acrylic — Sama seperti Polyurethane, Acrylic juga sering dipakai sebagai sealant untuk menambal nat keramik kamar mandi dengan kerusakan kecil. Contohnya, produk PAS-100.

pilih material untuk menambal nat keramik kamar mandi sesuai jenis kerusakan dan metode penambalan

ambpi

3. Siapkan Peralatan untuk Menambal Nat

Anda bisa melewati langkah ini jika menggunakan bantuan tukang. Jika tidak, siapkan peralatan terlebih dulu. Apa saja yang dibutuhkan?

  • Ember untuk mencampur nat
  • Kape untuk mengaduk dan menambal nat keramik kamar mandi
  • Scraper untuk mengikis material nat yang lama
  • Roskam atau spons untuk membersihkan sisa nat di lantai
  • Lap kering untuk membersihkan sisa nat yang masih ada

6 Langkah untuk Menambal Nat Keramik yang Bocor

Anda bisa menggunakan teknik filling atau menggunakan sealant. Kali ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah dengan metode filling:

1. Temukan Titik Yang Bocor

Saat menemukan keramik yang rusak, cek apakah terjadi di satu bagian atau di beberapa bagian lain, ya. Ini penting untuk menentukan bagian nat yang bocor.

Jika kebocoran tidak jelas, cobalah siram area tersebut. Periksa apakah ada air yang merembes melalui nat atau ubin.

Oh ya, Anda juga bisa memastikan apakah ada jamur atau noda di titik yang bocor. Ini bisa jadi penyebab kerusakan dan mungkin perlu jadi alasan renovasi kamar mandi keseluruhan.

2. Bersihkan Area Nat

Pastikan area yang akan ditambal bersih dari kotoran. Sebab sisa material atau debu bisa mengganggu proses penambalan.

Jangan lupa pastikan area nat kamar mandi bocor itu kering, ya. Sebab, proses penambalan nat keramik kamar mandi perlu proses pengeringan. Area yang basah akan membuat nat tidak dapat terpasang kuat.

3. Bongkar Nat Kamar Mandi Bocor

Untuk hasil terbaik, bongkar nat yang bocor. Jika ada di beberapa bagian, Anda mungkin perlu menghitung jumlah keramik yang dibutuhkan untuk antisipasi adanya kerusakan.

cara menambal nat keramik yang bocor termasuk langkah membongkar nat

Forbes

Oh ya, di langkah cara menambal nat keramik yang bocor ini usahakan jangan pakai jari tangan, ya. Sebaiknya kape atau scraper. Sisa nat lama biasanya memiliki bagian yang tajam sehingga bisa melukai Anda.

Jangan biarkan bagian nat yang rapuh. Sebaiknya, kikis sampai habis agar tambalan nat bisa lebih kuat nantinya.

4. Siapkan Campuran Nat

Sebelum mulai menuang nat atau semen ke ember, pastikan tidak ada benda lain di ember itu ya. Setelah material utama, mulai tambahkan air bersih ke dalam ember yang berisi nat. Biasanya perbandingan yang umum adalah 1:3. Jadi, satu bagian air dan 3 bagian nat.

Pun begitu, Anda harus mengikuti petunjuk yang ada di kemasan nat. Untuk jenis nat tertentu, kadang perlu bahan aditif lain, lho.

Oh ya, jangan lupa, tambahkan air ke material nat secara bertahap sambil diaduk rata. Usahakan bisa tercampur baik tanpa ada gumpalan bubuk material. Kemudian, diamkan selama 5 atau 10 menit.

5. Menambal Nat Keramik Kamar Mandi

Akhirnya kita sampai di langkah utama cara menambal nat keramik yang bocor! Gunakan kape untuk mengisi celah nat kamar mandi bocor.

Utamakan bagian dalam dulu agar tidak menyisakan rongga di bagian nat tersebut. Bila perlu Anda perlu sedikit menata posisi keramik agar nat bisa melekat sempurna nantinya. Ulangi langkah ini di semua bagian nat kamar mandi bocor.

6. Bersihkan Kelebihan Nat di Ubin

Tergantung jenis nat, Anda umumnya perlu membiarkan material mengering selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan kelebihan nat dengan roskam karet atau spons.

cara nat keramik kamar mandi sebaiknya diakhiri dengan membersihkan kelebihan nat di ubin

indiamart

Nah, untuk keramik kotak pada umumnya, lakukan sapuan roskam secara diagonal. Tujuannya, agar nat baru tidak rusak dan warna keramiknya tetap terjaga.

Bila perlu, gunakan lap kering untuk memastikan semua sisa nat di keramik hilang. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan lapisan anti air jika menggunakan jenis nat semen.

Baca Juga: Ukuran Pintu Rumah Yang Ideal

Tips Menambal Nat Keramik Kamar Mandi

Setelah tahu cara menambal nat keramik yang bocor, apa tips yang perlu Anda ketahui?

  • Pilih waktu yang pas untuk menambal nat keramik di kamar mandi. Sebaiknya lakukan saat kamar mandi tidak dipakai selama beberapa jam, jadi kondisinya kering.
  • Jangan memaksakan diri bekerja tanpa sarung tangan. Lindungi tangan Anda dari iritasi bahan kimia dan mencegah luka saat membersihkan nat yang tajam.
  • Lakukan prosesnya secara bertahap, terutama jika area yang ditambal luas. Jangan lupa, perhitungkan waktu material nat mengering.
  • Sebaiknya, pilihlah bahan nat yang bagus. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering menghadapi masalah nat kamar mandi bocor.

Kesimpulan

Penjelasan cara nat keramik kamar mandi di atas sudah cukup jelas, bukan? Intinya, Anda perlu menentukan dulu metode apa yang akan digunakan sesuai dengan jenis kerusakannya

Kami sudah menjelaskan cara menambal nat keramik bocor dengan teknik filing yang umum digunakan. Materialnya bisa nat semen, nat epoksi, dan bahan lainnya.

Lakukan prosesnya secara bertahap, mulai dari menyiapkan alat dan bahan hingga menambal dan membersihkan sisa nat di lantai.

Nah, semoga informasi yang kami berikan membantu Anda menambal nat keramik kamar mandi dengan baik. Sampai ketemu di artikel blog Renov8 berikutnya, ya!

Categories

Related Tags