10 Rekomendasi Exhaust Fan Kamar Mandi Terbaik di 2024
Agustus 13, 2024

Exhaust fan kamar mandi punya peran penting di rumah Anda. Sebab, exhaust fan mampu menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi. Kondisi lembap pun bisa diminimalisir agar tidak ada jamur yang menempel di dinding.

Tapi, Anda harus cermat dalam memilih exhaust fan yang tepat. Dengan begitu, kamar mandi akan tetap nyaman untuk digunakan oleh seluruh penghuni rumah. 

Simak berbagai rekomendasi exhaust fan untuk kamar mandi di artikel ini, dan gunakan sebagai panduan saat renovasi rumah, ya!

10 Exhaust Fan Terbaik untuk Kamar Mandi Anda

Ada berbagai merk dan tipe yang bisa Anda gunakan. Semuanya memiliki keunggulan yang berbanding lurus dengan harganya. Simak penjelasan berikut:

1. KDK 20TGQ Ceiling

exhaust fan merk KDK 20TGQ Ceiling

Seperti yang terlihat pada gambar, exhaust fan kamar mandi ini memiliki tampilan yang ramping dan elegan. Anda bisa mengaplikasikannya untuk kamar mandi bernuansa minimalis.

Instalasinya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, suaranya pun tidak bising. Cocok untuk Anda yang menginginkan suasana tenang dalam kamar mandi.

Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 300 ribu-an saja.

2. Sekai CEF 1295 Ceiling

exhaust fan merk Sekai CEF 1295 Ceiling

Walaupun harganya murah, Anda tidak perlu meragukan kualitas Sekai CEF 1295 Ceiling.

Hanya dengan Rp 157.000,-, Anda dapat menghindari bau dan lembap di kamar mandi. Exhaust fan ini juga fleksibel, bisa dipasang di dinding atau plafon kamar mandi.

Biaya ringan, aktivitas mandi tetap menyenangkan!

3. Maspion CEF-25 Plafon

exhaust fan merk Maspion CEF-25 Plafon

Anda tentu sudah tidak asing dengan merk ini. Sebagai produsen elektronik berkualitas, Maspion selalu menghadirkan produk terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Maspion menghadirkan tipe CEF-25 Plafon dengan daya 35 watt, cocok untuk Anda yang ingin menghemat listrik.

Berkat dua keunggulan di atas, tipe ini mampu menghisap udara kotor dengan baik. Dengan begitu, kamar mandi tidak lembap dan berjamur.

Tipe ini dapat Anda miliki segera karena harganya terjangkau, mulai dari Rp 250 ribu-an saja.  

4. Panasonic FV20TGU5W 

exhaust fan merk Panasonic FV20TGU5W

Panasonic FV20TGU5W adalah exhaust fan kamar mandi yang bagus. Sebab, daya listriknya hanya 17,9 watt saja, cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya listrik. 

Selain daya yang rendah, tipe ini memiliki desain yang kompak. Kamar mandi terlihat estetik, sirkulasi udara pun lancar.

Terlebih, Panasonic sudah terkenal dengan ketahanannya. Dengan begitu, membeli exhaust fan tipe ini adalah investasi yang baik untuk rumah Anda.

Bagaimana dengan harganya? Jangan khawatir, Panasonic FV20TGU5W dibanderol dengan harga Rp 369.000,-.

5. OEM Ventilation Exhaust Fan

exhaust fan merk OEM Ventilation Exhaust Fan

Exhaust fan ini sedikit berbeda dengan merk lainnya. Selain kamar mandi, Anda dapat mengaplikasikannya untuk berbagai ruangan di rumah. Sebab, daya hisapnya mencapai 67 m3 per jam.

OEM Ventilation Exhaust Fan dibuat dengan material yang ringan tetapi kokoh. Di samping itu, tipe ini tidak memerlukan perawatan rumit.

Kamar mandi bebas bau dan lembap, kenyamanan Anda dan penghuni rumah tetap terjaga.

Harganya pun tidak mahal. Dengan Rp 232.000,-, Anda sudah bisa merasakan berbagai keunggulan OEM Ventilation Exhaust Fan. 

6. Imatsu’s BPT 10-12F-LED-BB-ST

exhaust fan merk Imatsu’s BPT 10-12F-LED-BB-ST

Kalau Anda mencari exhaust fan yang sudah tersertifikasi, Imatsu’s BPT 10-12F-LED-BB-ST. Sebab, tipe ini sudah memperoleh sertifikasi standar nasional (SNI) dan internasional (AMCA International).

Selain certified, tipe ini berukuran mungil, hanya 8 inci saja. Cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi yang sederhana.

Walaupun kualitasnya fantastis, tapi harganya tidak bombastis. Mulai dari Rp 300 ribu-an saja, exhaust fan ini sudah bisa terpasang di kamar mandi Anda.

7. Mitsubishi EX-20SC5T

exhaust fan merk Mitsubishi EX-20SC5T

Merk ini mungkin lebih familiar bagi Anda sebagai produsen mobil. Tapi, Mitsubishi juga memproduksi exhaust fan kamar mandi yang berkualitas.

Ukurannya cukup mungil, hanya 8 inci saja. Tapi, exhaust fan ini mampu memberikan hasil maksimal berkat daya 19 watt.

Exhaust fan ini juga sudah dilengkapi dengan fitur hemat energi. Dengan begitu, biaya listrik Anda tidak akan membengkak.

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki Mitsubishi EX-20SC5T? Tidak mahal, mulai dari Rp 340 ribuan-an saja.  

8. KDK 10EGSA Sirocco

exhaust fan KDK 10EGSA Sirocco

Tipe ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menekan biaya listrik. Sebab, dayanya hanya 5 watt saja. 

Selain hemat listrik, suaranya pun halus. Tampilannya juga elegan dan ringkas berkat ukuran 15 m2.

Dengan berbagai keunggulan di atas, Anda bisa memiliki tipe ini tanpa menguras dompet. Mulai dari Rp 374.000,-, kamar mandi Anda akan terbebas dari bau dan lembap. 

9. Miyako KET-1210 Kipas Angin Hisap

exhaust fan merk Miyako KET-1210 Kipas Angin Hisap

Selain peralatan dapur, Miyako juga menghadirkan exhaust fan berkualitas. 

Jenis exhaust fan ini menggunakan sistem 2 in 1. Selain membuang udara ke luar, Miyako KET-1210 juga membawa udara bersih ke dalam kamar mandi. 

Kalau Anda tertarik memilikinya, cukup sediakan biaya mulai dari Rp 279 ribu-an.

10. OOKAS Ducting Exhaust Fan Plafon 12 Inch

exhaust fan merk OOKAS Ducting Exhaust Fan Plafon 12 Inch

Exhaust fan kamar mandi ini terhitung laku keras di pasaran, khususnya di marketplace. Jadi, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

OOKAS Ducting Exhaust Fan Plafon 12 Inch didukung dengan keunggulan yang menyeluruh. Tidak bising, hemat energi, daya hisap kuat, dan dibuat menggunakan material berkualitas.

Kalau kamar mandi Anda berukuran kecil, maka aplikasikan tipe ini. Ukurannya tidak terlalu besar dan tampilannya elegan.

Berapakah harganya? Tenang saja, exhaust fan ini sangat murah karena dibanderol dengan harga mulai dari Rp 170 ribu-an saja.

Tips untuk Memilih Exhaust Fan Kamar Mandi yang Tepat

Sebelum membeli merk exhaust fan terbaik, pahami dulu berbagai tips untuk memilih item yang tepat. Simak penjelasan berikut: 

1. Pilih Tipe yang Sesuai dengan Lokasi Pemasangan

Sebelum membeli exhaust fan dan memasangnya, tentukan dulu lokasi instalasinya. Apakah di dinding? Atau di plafon?

Jika kamar mandi tidak dilengkapi dengan jendela kecil, maka pasanglah exhaust fan di plafon. Sebaliknya, pasang exhaust fan di dinding jika kamar mandi memiliki ventilasi. 

Setelah menentukan lokasi pemasangan, pilihlah tipe yang sesuai dengan lokasi pemasangan. Ada exhaust fan yang bersifat fleksibel, bisa di dinding atau plafon. Tapi, ada juga yang spesifik untuk satu lokasi saja.

2. Pastikan Ukurannya Sesuai dengan Desain Kamar Mandi

Pilihlah exhaust fan kamar mandi terbaik yang ukurannya sesuai dengan desain kamar mandi. 

Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Sebab, ukuran exhaust fan yang tidak tepat dapat mengurangi estetika kamar mandi. Sesuaikan dengan space yang digunakan untuk instalasi exhaust fan, ya!

3. Pilih Exhaust Fan yang Tidak Bising

Siapa sih yang suka dengan suara bising? Dengan begitu, pilihlah exhaust fan dengan suara lembut atau halus agar aktivitas mandi tetap nyaman.

Anda bisa mengetahuinya dari spesifikasi produk, yakni desibel (dB). Makin besar dB, maka semakin bising. Pilihlah exhaust fan dengan dB kecil, maksimal 45 dB.

4. Periksa Besaran Volume Udara dari Exhaust Fan

Volume udara atau air volume menunjukkan seberapa banyak udara yang dapat dihisap oleh exhaust fan. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih, sesuaikan exhaust fan dengan volume ruangan.

Anda bisa menggunakan tabel ACH (air changer per hour) sebagai acuan. Untuk kamar mandi, idealnya adalah 6-10 ACH.

5. Pilih Exhaust Fan yang Hemat Energi

Inilah aspek yang paling penting karena berkaitan dengan biaya. Menggunakan jasa renovasi kamar mandi sudah mengeluarkan banyak anggaran, jangan sampai Anda masih terbebani dengan biaya listrik yang membengkak.

Pilihlah exhaust fan berdaya rendah atau memiliki fitur hemat energi. Listrik tidak boros, dompet pun anti boncos

Kesimpulan

Berbagai rekomendasi exhaust fan kamar mandi di artikel ini adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Semua tipe yang kami rekomendasikan memiliki keunggulannya masing-masing. Contohnya adalah hemat energi, daya hisap kuat, dan desain elegan.

Selain fitur unggulan, semua rekomendasi exhaust fan di artikel ini dibanderol dengan harga terjangkau. Kisaran harganya adalah Rp 157.000,- sampai Rp 374.000,-. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan budget Anda. 

Tipe mana pun yang Anda pilih, lengkapi wawasan Anda seputar kamar mandi hanya di blog Renov8!

Categories

Related Tags