9+ Tips Renovasi Rumah Minimalis yang Hemat [Terbaru]
Agustus 23, 2024

Apakah Anda punya anggota keluarga baru? Atau mungkin Anda jadi sering di rumah karena WFH? Jika iya, renovasi rumah minimalis mungkin diperlukan. Apalagi, sebuah rumah memang perlu perbaikan setelah 2-3 tahun dihuni.

Renovasi rumah sederhana kecil-kecilan sih mungkin bisa dikerjakan sendiri. Tapi, kalau rehab rumah minimalis yang lebih besar? Saran kami gunakan jasa renovasi rumah untuk hasil terbaik.

Nah, apapun pilihan Anda nantinya, kami punya berbagai tips renovasi rumah kecil dan nyaman untuk Anda. Simak selengkapnya, yuk!

9 Tips untuk Renovasi Rumah Minimalis

Kami sudah mengumpulkan berbagai tips penting saat melakukan renovasi rumah minimalis:

1. Tentukan Titik Renovasi

Banyak orang akan menyarankan Anda untuk membuat rencana renovasi rumah minimalis sejak awal. Itu memang saran yang baik, tapi kurang tepat.

Renovasi rumah yang sederhana sebaiknya dimulai dengan menentukan masalah yang ada. Entah itu untuk memperbaiki penampilan, meningkatkan fungsi, atau menangani kerusakan.

renovasi rumah minimalis perlu dimulai dengan menentukan titik renovasi

tinyheirloom

Oleh karena itu, penting untuk menemukan titik renovasi dan mengatur prioritas sejak awal. Langkah ini bukan hanya akan membuat renovasi rumah sederhana Anda lebih efektif dan efisien nantinya, tapi juga bisa menghemat biaya renovasi rumah

2. Lakukan Perencanaan Detail

Setelah tahu tujuan dan bagian yang perlu direnovasi, rencanakan renovasi rumah minimalis dengan detail, ya.

Bukan hanya soal teknis seperti jenis material atau siapa yang mengerjakannya. Namun, perlu juga perhitungan biaya membangun rumah minimalis dan gambar renovasi rumahnya.

Misalnya, jika ingin merenovasi dapur, tentukan apa yang ingin dilakukan. Apakah mengganti kabinet, menambah meja, atau lainnya?

Setelah itu, kulik perkiraan waktu, tingkat perubahan, dan total biaya yang diperlukan. Jika butuh panduan perencanaan, boleh kontak kami untuk konsultasi dulu, kok.

3. Luangkan Waktu untuk Survei Harga

Jika renovasi rumah minimalis Anda tidak mendesak, sebaiknya luangkan waktu untuk survei harga sulu. Ini bagian penting sebuah perencanaan yang matang, lho.

Lakukan survei harga untuk biaya material dan jasa tukang. Renovasi rumah kecil harus tetap dalam anggaran yang wajar, ya. Jadi, carilah tukang berpengalaman dengan harga terjangkau.

Selain itu, jangan segan untuk mengikuti penawaran diskon berbagai material. Selain merek, pilihan material juga penting. Itulah kenapa di beberapa artikel, blog Renov8 sering berbagi tips tentang penggunaan material alternatif yang lebih ekonomis.

4. Utamakan Material Berkualitas

Mencari material murah saat renovasi rumah itu langkah cerdas. Sebab kadang selisih harganya bisa sampai 20% sendiri. Namun, jangan mengorbankan kualitas, ya.

renovasi rumah sederhana dengan material berkualitas

Afrohouseplans

Material yang kurang baik bisa menimbulkan masalah baru. Dari kerusakan yang cepat hingga biaya yang membengkak, plus risiko keselamatan penghuni. Tidak mau itu terjadi, bukan?

Contoh yang mudah dipahami adalah pemilihan cat untuk rumah minimalis. Cat murah cenderung cepat pudar. Alhasil, Anda jadi harus mengecat ulang, yang tentunya membuang waktu dan anggaran.

5. Mulai dengan yang Termudah

Ingin merenovasi rumah demi estetika? Sebaiknya mulai dengan mengubah tampilan tanpa merombak struktur. Soalnya, langkah ini lebih praktis dan hemat.

Sederhananya, jika ingin membuat ruangan lebih luas, jangan langsung ubah konstruksi. Coba gantilah catnya dulu. Misalnya, jika ruang tamu Anda kecil, mengecat dinding dengan warna putih atau beige bisa membuatnya terlihat lebih besar dan elegan.

Terapkan prinsip sama saat rehab rumah minimalis, baik secara total maupun sebagian. Misalnya saat ingin mengubah desain kamar mandi sederhana Anda atau lainnya.

6. Fokus pada Fungsi Ruang

Rumah minimalis memang punya kekurangan dari segi luasnya. Itulah kenapa renovasi rumah minimalis sering dilakukan untuk membuat ruangannya terasa lebih lega.

Apa triknya? Buatlah ruangan lebih terbuka dengan mengurangi sekat dan pintu. Desain open space bisa jadi solusi yang tepat untuk rumah minimalis.

rehab rumah minimalis dengan konsep open space

dobrzemieszkai

Jika memang perlu sekat, pilihlah sliding door kaca. Ini bisa memberi kesan luas sekaligus tetap menjaga fungsi memisahkan antar ruangan. Misalnya antara ruang keluarga dan dapur bersih dengan dapur kotor dan kam

7. Utamakan Desain Simple

Rumah besar dengan halaman luas? Desain Skandinavia atau klasik bisa jadi pilihan. Namun, untuk renovasi rumah kecil, desain simpel lebih tepat.

Desain simple bisa menekankan pada bentuk dan warna. Bentuk bangunan bisa dibuat dengan mengurangi detail, hiasan berlebihan, atau variasi bahan yang mencolok.

Untuk warna, pilihlah nuansa cerah dengan undertone yang minimal, sehingga menciptakan kesan minimalis pada rumah.

8. Jangan Lupakan Renovasi Eksterior Rumah

Renovasi rumah minimalis biasanya fokus pada perbaikan interior. Ini wajar karena itulah yang berhubungan langsung dengan kenyamanan Anda.

Namun, jangan lupakan bahwa eksterior rumah, ya. Ini kesan pertama yang dilihat orang, lho. Jika tampak kusam atau tidak terawat, bisa memberikan persepsi buruk bagi pemilik rumah.

Jika tembok sudah terlihat kusam, masukkan dalam rencana renovasi rumah Anda. Dengan cat dinding yang baru, dan pencahayaan yang baik di malam hari akan turut menciptakan suasana yang lebih menarik.

renovasi rumah murah eksterior

 venuereport

Salah satu tips rehab rumah minimalis yang sering digunakan adalah menambahkan elemen alami, seperti kayu dan batu alam. Misalnya, di bagian fasad. Alternatif lainnya, ganti pagar rumah dengan model perforated agar terlihat lebih luas.

9. Lakukan Renovasi Rumah Minimalis Bertahap

Renovasi rumah minimalis sebaiknya dilakukan secara bertahap, tidak perlu sekaligus dari awal sampai akhir seperti saat membangun rumah baru.

Misalnya, setelah merancang ruangan dengan konsep open space, Anda ingin mengganti cat dinding dengan warna netral, tapi warna yang diinginkan belum ada.

Sebaiknya tunggu sampai warna yang diinginkan tersedia sesuai rencana renovasi rumah sederhana itu. Ini akan membuat Anda lebih puas karena rumah sesuai dengan desain impian Anda.

Masalah lain bisa datang dari anggaran. Jika ingin menggunakan material terbaik tapi dana terbatas, jangan memaksakan diri dengan menurunkan kualitas material. Tunggulah sampai dana mencukupi, baru lanjutkan renovasi rumah minimalis Anda.

Baca juga: Denah Rumah 3 Kamar yang Minimalis dan Nyaman

5 Inspirasi Desain untuk Rumah Minimalis

Desain bukan cuma soal tampilan tapi bisa membuat fungsi rumah minimalis jadi lebih maksimal. Nah, ini adalah beberapa desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Rumah Minimalis dengan Warna Netral

Saat renovasi rumah minimalis, sebaiknya pilihlah warna netral seperti putih, abu-abu muda, dan beige. Warna-warna ini membuat ruangan terasa lebih luas dan enak dipandang.

renovasi rumah kecil dengan warna netral

Pinterest

Warna netral juga lebih mudah dipadukan dengan berbagai jenis perabotan. Misalnya, perabotan kayu akan terlihat bagus jika ditempelkan di dinding berwarna putih.

2. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Dua kata untuk pencahayaan alami adalah mudah dan murah. Ini bisa jadi panduan Anda saat melakukan renovasi rumah sederhana.

Mudah karena Anda hanya perlu membuat jendela lebih besar supaya cahaya matahari bisa masuk lebih banyak. Murah karena Anda tidak perlu menyalakan lampu, kecuali saat malam hari.

3. Pasang Cermin pada Dinding

Kami kerap merekomendasikan penempatan cermin besar saat rehab rumah minimalis. Caranya, bisa menciptakan area khusus atau mengatur ruangan agar cermin tidak terhalang terhalang furnitur lain.

renovasi rumah minimalis dengan cermin pada dinding

Pinterest

Memasang cermin besar di dinding tak hanya membuat pandangan lebih luas, cermin juga menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

4. Pilih Furnitur Multifungsi di Rumah Minimalis

Banyak furnitur bisa membuat rumah minimalis jadi sempit dan kurang nyaman. Triknya, gunakan furnitur multifungsi.

Contohnya, sofa bed yang bisa jadi tempat tidur dan tempat duduk, atau meja makan floating untuk menghemat ruang. Ini cara yang tepat untuk memaksimalkan ruang tanpa mengorbankan kenyamanan.

5. Desain Tangga Tersembunyi

Mungkin Anda ingin menambah satu lantai di rumah minimalis tersebut. Misalnya, untuk tempat jemuran atau hal lainnya. Nah, saat renovasi rumah kecil itu, coba gunakan tangga tersebunyi. Dengan begitu, rumah tidak terlihat terlalu penuh.

renovasi rumah sederhana dengan desain tersembunyi

acihome

Itu tadi beberapa tips renovasi rumah kecil dengan desain yang simple. Jika Anda ingin melihat inspirasi desain lainnya, silakan kunjungi artikel kami yang membahas desain renovasi rumah minimalis secara lengkap!

Kesimpulan

Itulah beberapa tips renovasi rumah minimalis yang bisa Anda pertimbangkan. Anda sudah mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan, bukan?

Yang penting, mulailah dengan menentukan tujuan renovasi rumah. Dengan tujuan yang jelas, Anda akan lebih mudah berkompromi tentang kualitas material dan desain yang ingin diterapkan.

Kami juga sudah menjelaskan bahwa Anda perlu menjaga keseimbangan saat renovasi rumah murah. Jangan hanya fokus pada fungsi atau penampilan saja, ya. Pastikan keduanya bisa terpenuhi dengan baik selama proses renovasi.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Selalu update informasi seputar rumah dan hunian yang nyaman di blog ini. Sampai jumpa lagi!

Categories

Related Tags