10 Model Pagar Tembok Unik dan Minimalis, Dijamin Estetik!
September 3, 2024

Menemukan model pagar tembok unik dan minimalis perlu ketelitian. Kalau tidak teliti, nanti bisa berujung salah pilih. Akhirnya, estetika rumah pun berkurang dan Anda akan merasa tidak nyaman.

Nah, di sini, kami menyediakan berbagai rekomendasi pagar tembok yang unik, minimalis, dan estetik. Pilihlah desain terbaik lalu implementasikan bersama jasa renovasi rumah terpercaya! 

10 Model Pagar Tembok yang Unik dan Minimalis

Anda bisa mewujudkan desain pagar tembok unik berdasarkan rekomendasi berikut:

1. Pagar Tembok dengan Bata Merah

model pagar tembok dengan bata merah

Anda bisa memasang pagar bata merah unik untuk memunculkan nuansa klasik, elegan, dan mewah. Batu batanya tidak perlu dilumuri cat, biarkan saja apa adanya. Sebab, warna asli dari batu bata akan meningkatkan estetika pagar.

Pengerjaannya pun cukup simple. Cukup susun batu bata secara horizontal mengikuti panjang pagar. Agar lebih afdal, lengkapi dengan gerbang kayu untuk memperkuat nuansa klasik ala kerajaan.

2. Pagar Tembok dengan Material Kayu

pagar tembok dengan material kayu

Anda ingin pagar minimalis tapi tetap elegan? Gunakan saja material kayu. Warna coklat alami dari kayu akan memberikan kesan natural pada rumah Anda.

Model ini menggunakan sejumlah bilah kayu. Anda tinggal pilih, mau disusun secara vertikal atau horizontal.

Jangan lupa untuk memilih material kayu yang tahan terhadap cuaca. Sebab, Anda tinggal di kawasan tropis yang kental dengan hujan ekstrem hingga panas menyengat. 

Perubahan cuaca tentu akan berpengaruh terhadap permukaan kayu. Anda tentu tidak ingin pagar kayu menjadi lapuk, bukan?

Nah, kami merekomendasikan kayu jati, merbau, ulin, bengkirai, dan damar laut yang cocok digunakan sebagai pagar rumah. 

Kelima jenis kayu tersebut memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca di wilayah tropis. Tidak hanya itu, karakteristiknya yang kokoh membuat pagar Anda awet hingga bertahun-tahun.

3. Pagar Tembok dengan Batu Alam

pagar tembok dengan batu alam

Kalau rumah Anda berukuran luas, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan pagar berbahan batu alam. Adapun jenis batu yang bisa Anda gunakan adalah marmer, kewel, dan andesit.

Penggunaan material batu alam untuk pagar akan meningkatkan keindahan rumah Anda. Terlebih jika batu alam disusun secara tidak beraturan, maka akan memunculkan kesan alami sekaligus elegan.

Lantas, berapakah biaya bikin pagar rumah dengan batu alam? Model ini biasanya memerlukan biaya yang cukup besar. Jadi, pastikan Anda memiliki budget yang memadai untuk mengaplikasikan model ini.  

4. Desain Pagar Nuansa Monokrom

desain pagar dengan nuansa monokrom

Kalau Anda menginginkan model pagar rumah tembok sederhana tapi tetap elegan, maka aplikasikan warna monokrom. Anda akan memperoleh kesan simple dan tidak heboh. Ini cocok untuk rumah berkonsep modern minimalis.

Aplikasikan warna putih pada tembok dan hitam pada pagar. Anda juga bisa mengaplikasikan yang sebaliknya. Pilihlah salah satu konsep yang paling ideal untuk rumah Anda.

Kalau Anda khawatir dengan warna putih yang cepat kotor, pilihlah warna lain. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan warna silver atau abu-abu. 

5. Desain Pagar Bermotif Daun

desain pagar bermotif daun

Anda bisa mengaplikasikan motif daun untuk pagar yang lebih meriah. Motif ini sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penggunaan motif ini juga bisa membuat rumah Anda tampil beda dari yang lain. Anda bisa menggunakan pola daun pada umumnya. Tambahkan juga garis horizontal untuk mengisi ruang pada pagar.

Model ini biasanya merupakan pagar besi. Sebab, material besi bisa dibengkokkan menjadi motif-motif tertentu dan salah satunya adalah pola daun.

Tapi, Anda juga bisa menggunakan material kayu lalu mengaplikasikan motif daun dalam bentuk ukiran. 

6. Nuansa Putih Elegan dan Minimalis

model pagar dengan nuansa putih dan minimalis

Penggunaan warna putih bisa meningkatkan kesan minimalis, elegan, dan bersih. Anda bisa mengaplikasikan model ini kalau tidak ingin repot-repot memilih warna.

Anda bisa mengkombinasikan tembok putih dengan gerbang besi atau kayu berwarna coklat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gerbang kayu berwarna putih kalau memang menyukai warna yang seragam.

Tidak perlu khawatir cepat kotor atau kusam. Teknologi sudah semakin maju dan Anda bisa menemukan produk cat tembok yang awet. Pilihlah cat dengan fitur anti lumut, tahan air, tidak mudah terkelupas, dan mudah dibersihkan

7. Pagar Rendah Estetik

model pagar rendah yang estetik

Model ini hanya memiliki ketinggian 50cm. Biasanya desain ini menggunakan dominasi warna putih dan dilengkapi dengan gerbang kayu setinggi tembok.

Sayangnya, model seperti ini tidak bisa digunakan untuk mencegah maling. Fungsinya memang hanya sebagai pemanis sekaligus pembatas dengan rumah tetangga.

Penggunaan model ini akan semakin baik apabila ada taman yang asri di balik pagar. Dengan begitu, kesan homey akan semakin meningkat.

8. Pagar Tinggi Minimalis

model pagar yang tinggi dan minimalis

Model ini umum ditemukan di komplek perumahan ekslusif. Penggunaan pagar tinggi biasanya difungsikan untuk menjaga privasi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan perhatian tetangga karena privasi anggota keluarga terlindungi oleh pagar tinggi.

Model ini biasanya hanya menggunakan satu warna saja. Anda bisa mengaplikasikan warna abu-abu. Selain itu, bentuk pagar bisa dibuat estetik seperti gambar di atas, sehingga tidak hanya sebatas tembok yang memanjang.

9. Sentuhan Alami dengan Tanaman Vertikal

model pagar dengan sentuhan alami dan taman vertikal

Selain warna dan material, ada alternatif lain untuk mempercantik pagar. Anda bisa menggunakan tanaman vertikal atau merambat untuk menghias dinding pagar.

Aksen tanaman merambat akan semakin cantik apabila dikombinasikan dengan tembok berwarna abu-abu. Tidak ada salahnya juga untuk mengkombinasikannya dengan pagar kayu untuk meningkatkan kesan natural.  

Kalau Anda tertarik dengan model ini, Renov8 siap mewujudkannya untuk Anda. Cukup kontak kami untuk informasi selengkapnya, ya!

banner jasa renovasi rumah renov8

10. Pagar Bambu Estetik

model pagar dengan bambu estetik

Inilah contoh pagar tembok rumah minimalis murah yang bisa Anda coba. Kalau Anda sudah bosan dengan pagar tembok biasa, maka beralihlah ke material bambu.

Anda tidak bisa sembarangan memilih bambu. Pilihlah bambu tua agar bisa berdiri kokoh dan tidak mudah goyah. Pastikan juga untuk menggunakan tali pengikat yang tidak mudah putus.

Agar lebih cantik, tambahkan elemen pelengkap seperti batu kerikil, tanaman hias, atau bahkan lampu sorot. Anda juga bisa menempatkan lampu taman di dekat pagar.

Penataan seperti ini akan memunculkan nuansa Jepang di rumah Anda. Selain itu, penggunaan pagar bambu juga menghemat biaya. Anda bisa mengalokasikan biaya untuk keperluan rumah lainnya. 

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah menyimak berbagai rekomendasi pilihan seputar model pagar tembok unik dan minimalis. 

Nuansa elegan dihadirkan oleh desain monokrom, warna putih minimalis, dan pagar rendah estetik. Sedangkan elemen natural ditonjolkan oleh material kayu, bambu, dan tanaman horizontal.

Kalau Anda menyukai kesan mewah, maka gunakan pagar dengan batu alam. Tapi, pagar dengan bata merah juga tetap memberikan kesan mewah selama ditata dengan estetik.

Nah, agar rumah Anda semakin estetik, masih ada aspek lain yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, temukan rekomendasi yang tepat hanya di blog Renov8!

Categories

Related Tags