10 Denah Rumah 3 Kamar yang Sederhana dan Nyaman!
September 7, 2024

Membangun rumah minimalis dengan tiga kamar di lahan terbatas? Tenang, Itu bisa dilakukan, kok. Kuncinya, Anda perlu memilih denah rumah 3 kamar yang sesuai dengan desain rumah minimalis Anda.

Umumnya, rumah minimalis 3 kamar luasnya mulai di kisaran 65m2, tentunya dengan berbagai penyesuaian, seperti bentuk dan kebutuhan ruangannya.

Jika bingung, Anda bisa coba menanyakan ke jasa renovasi rumah terpercaya seperti Renov8. Atau, mungkin Anda ingin tahu dulu inspirasi denah rumahnya seperti apa? Kami sudah merangkumnya di bawah.

Yuk, simak!

10 Denah Rumah 3 Kamar yang Sederhana dan Nyaman

Inilah 10 denah rumah 3 kamar yang bisa menginspirasi Anda untuk mewujudkan hunian yang nyaman:

1. Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 9

Biasanya, rumah 3 kamar diterapkan pada sebuah rumah minimalis berukuran 7×9 meter. Nah, denah seperti apa yang cocok?

denah rumah 3 kamar 7x9

Pinterest

Ada banyak contohnya. Namun, gambar di atas bisa jadi inspirasi awal Anda. Dengan denah rumah minimalis 3 kamar ukuran 7×9 ini, tamu bisa diarahkan ke ruang tamu atau ruang makan.

Ini dua ruangan yang biasa digunakan untuk menyambut tamu. Tamu yang sudah akrab biasanya santai di ruang makan, sementara tamu baru bisa duduk di ruang tamu dengan sofa yang low-profile.

Modifikasi denah bisa dilakukan dengan tambahan sekat fiberglass untuk kesan open space. Atau, Anda juga bisa menutupnya dengan tembok demi privasi yang lebih baik.

Oh ya, semua denah ini bisa Anda sesuaikan kebutuhan. Jika masih bingung, jangan ragu hubungi kami untuk konsultasi awal sebelum melanjutkan proses pembangunan.

banner jasa renovasi rumah renov8

2. Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 6 x 10

Jika dibandingkan dengan denah di atas, lebar denah ini berkurang, tapi panjangnya bertambah satu meter untuk membuat dapur yang minimalis serta laundry room khusus di area depan.

denah rumah 3 kamar 6x10

Plantabaixadecasa

Denah rumah ini bertujuan agar tamu tidak langsung melihat lorong utama rumah. Jadi, pintu utamanya agak menyamping.

Denah ini bisa membuat semua kamar berdampingan dalam posisi L. Selain itu, tamu yang hendak cuci tangan juga tak perlu masuk sampai melewati kamar seperti denah pertama.

Yang mungkin bisa dipertimbangkan, tukarlah posisi meja makan dengan ruang tamu. Jadi, tamu yang masuk disambut ruang tamu, bukan meja makan.

3. Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 12

Jika lahan Anda lebih luas, dengan panjang hingga 12 meter, ada baiknya mempertimbangkan denah rumah berukuran 7×12 ini.

denah rumah 3 kamar ukuran 7x12

javer

Sekilas penataannya mirip dengan denah rumah 3 kamar 7×9. Bedanya, masing-masing kamar lebih luas dan ada 2 kamar mandi dan 3 WC. Ini alternatif yang cocok bagi yang membutuhkan lebih banyak toilet.

Yang penting, jangan lupa terapkan juga prinsip kamar mandi minimalis agar sesuai dengan keseluruhan desain sederhana yang Anda inginkan.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menukar posisi ruang tamu dengan teras dan pintu utama. Dengan demikian, bentuknya bisa tetap memanjang, bukan melebar.

4. Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 15

Apakah Anda punya lahan yang lebarnya 7 m dan panjangnya 15 m? Jika benar, maka denah di bawah ini bisa jadi salah satu inspirasinya.

denah rumah 3 kamar 7x15

Ilkay Citak

Seperti yang terlihat, tidak semua lahan digunakan untuk bangunan utama. Masih ada lahan untuk garasi mobil dan area outdoor di sampingnya. Anda bisa membuatnya menjadi taman atau kolam ikan.

Bagaimana dengan bagian dalamnya?

Jadi, dapur dan laundry room dipindahkan ke dalam, dekat dengan dua kamar mandi utama.

Jika Anda kurang sreg pintu utama dekat dengan dining area, maka Anda bisa menukar posisinya dengan ruang tamu atau ruang keluarga yang ada di depan garasi.

5. Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 9 x 12

Lahan Anda tidak sepanjang denah sebelumnya, tapi lebih lebar? Coba deh desain rumah 3 kamar berukuran 9×12 ini.

Denah ini menawarkan fungsi dan privasi lebih baik dengan memanfaatkan lebar lahan.

denah rumah 3 kamar 9x12

Home Floor Plans

Oh ya, desain open space kadang lebih recommended karena rumah minimalis jadi tampak luas. Namun, jika privasi lebih utama, denah ini bisa jadi inspirasi yang bagus buat Anda.

Anda bisa melihat bahwa pintu utamanya membawa tamu ke ruang tamu yang berbentuk L. Baru setelahnya ada area utama rumah seperti ruang makan.

Namun, tamu baru tak perlu masuk ke area utama karena toilet pun bisa diakses dari depan tanpa harus masuk ke bagian utama rumah.

6. Denah Ukuran 9 x 15

Desain rumah ukuran 3 kamar bisa untuk lahan yang lebih panjang? Bisa saja. Buktinya Anda bisa lihat pada denah di bawah ini:

denah rumah 3 kamar 9x15

Marlon Oliveira

Gambar tersebut menunjukkan denah rumah 3 kamar untuk lahan 15 meter. Seperti terlihat, panjang lahan bisa dimanfaatkan untuk menempatkan tiga kamar tidur dalam satu garis. Tidak terpisah seperti pada denah lainnya.

Dengan penataan ini, kamar utama bisa memiliki akses mudah ke ruang baju yang lebih luas. Setiap kamar juga bisa punya lemari baju yang cukup besar.

Sayangnya, kamar mandi diletakkan terlalu ke dalam rumah. Jadi, apabila Anda ingin melakukan perubahan bisa menambahkan satu kamar mandi minimalis dekat dapur.

Pun begitu, perhatikan juga dampak perubahannya pada biaya pembanunan rumah minimalis Anda, ya. Sebab, penambahan ruangan tentunya akan berdampak pada budget yang bisa makin besar.

7. Denah Ukuran 10 x 12

Rata-rata contoh denah rumah 3 kamar yang kami bahas di atas menggunakan satu pintu utama. Namun, Anda juga bisa menggunakan 2 pintu utama, lho.

denah rumah 3 kamar 10x12

Mungfali

Anggap saja gambar di atas merupakan modifikasi desain rumah ukuran 9×12, tapi versi lebih lebar.

Meskipun denah rumah 3 kamar seperti ini lebih banyak ditemukan di rumah konvensional, tapi rumah minimalis modern juga sah-sah saja jika ingin menerapkannya.

Biasanya, alasan menggunakan dua pintu adalah agar anggota keluarga bisa tetap masuk rumah saat ada tamu. Tujuannya, agar tidak mengganggu dengan masuk lewat pintu dapur yang khusus untuk keluarga.

8. Denah Ukuran 12 x 9

Bagaimana jika Anda memiliki lahan yang lebar sampai 12 meter, tapi tidak terlalu panjang? Di kasus ini, Anda cukup merubah orientasi ruangnya saja.

denah rumah 3 kamar 12x9

micasa revista

Denah rumah 3 kamar di atas bisa jadi contohnya. Pintu masuk akan berada di sisi kiri gambar, di mana Anda akan langsung menemukan dapur. Di sisi kanan, ada ruang tamu dan ruang makan.

Penataan seperti ini tidak selalu ideal untuk semua orang. Itulah sebabnya Anda bisa menata ulang beberapa bagian yang tidak sesuai dengan desain rumah Anda.

Misalnya, Anda bisa menempatkan dapur dekat dengan ruang makan. Lalu, ruang tamu bisa dipindahkan ke bagian atas, yang merupakan posisi dapur semula pada gambar tersebut.

Namun, perlu diperhatikan apakah perubahan pada denah ini cocok dengan kondisi di lingkungan Anda.

9. Denah Ukuran 12 x 12

Jika lahan Anda berbentuk kotak maka, denah rumah 3 kamar ukuran 12×12 ini mungkin cocok untuk Anda.

denah rumah 3 kamar 12x12

Sibelle Moura

Dengan bentuk kotak tentunya Anda tidak bisa menata setiap kamar tidur dalam satu baris.

Namun, tidak perlu khawatir. Denah rumah 3 kamar berbentuk kotak ini cukup memudahkan akses, kok. Sebab, setiap kamar jadi bisa lebih dekat ke kamar mandi dan ruang makan.

Oh ya, Anda bisa mengubah sedikit penataan kamar utama pada denah di atas. Contohnya, kamar tidur utama bisa lebih didekatkan ke dapur untuk memudahkan para ibu beraktifitas di dapur.

10. Denah Ukuran 12 x 15

Terakhir, inilah salah satu denah rumah 3 kamar yang paling luas, dengan lebar 12 meter dan panjang 15 meter. Dengan luas ini, setiap ruangan lebih mudah ditata, termasuk menempatkan ketiga kamar sejajar dalam satu baris.

denah rumah 3 kamar 12x15

 Pinterest Niko

Menariknya, Anda bisa menempatkan dua pintu utama: satu menuju ruang tamu dan satu lagi menuju dapur. Ini mirip dengan denah rumah 3 kamar berukuran 12×9, tetapi ruang tamu dan dapur bisa sejajar.

Jika memungkinkan Anda juga bisa mengambil inspirasi dari denah ini. Bagian kamar tidur dibuat sedikit lebih naik untuk memisahkan dengan area umum seperti ruang tamu dan dapur.

Kesimpulan

Kami tak salah meminta Anda tenang saat punya lahan terbatas untuk membangun rumah minimalis, kan?

Kenyataannya, ada banyak inspirasi untuk menata rumah dengan baik. Yang penting, pilihlah denah yang fungsional. Anda pun bebas mengubah penataannya sesuai kondisi di lingkungan Anda, kok.

Yang penting Anda memiliki hunian sederhana dan nyaman sesuai impian, ya. Dan jangan lupa, terus ikuti informasi tentang hunian dan tips rumah minimalis di blog Renov8. Sampai jumpa!

Categories

Related Tags