10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan
September 11, 2024

Kami sudah pernah memberikan berbagai rekomendasi warna cat rumah, untuk indoor maupun outdoor. Lalu, kalau khusus warna cat rumah bagian luar yang elegan apakah ada sendiri?

Ada, dong. Kali ini, kami akan khusus membahas warna cat rumah bagian luar yang elegan dan mewah. Ini cocok untuk tema modern, industrial, atau kekinian.

Harapannya, dengan pilihan warna yang tepat, tema rumah minimalis Anda akan lebih kuat.  Jadi, yuk, baca selengkapnya!

10 Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan dan Mewah

Ini adalah beberapa warna cat rumah bagian luar yang elegan dan bisa Anda gunakan:

1. Putih

Bicara warna cat rumah bagian luar yang elegan, putih merupakan pilihan termudah. Anda tinggal sampaikan ke pihak jasa renovasi rumah Anda untuk menggunakan warna netral ini.

Anda pasti sudah melihat banyak contoh warna cat rumah bagian luar putih, kan? Ini ibarat warna standar dari pengembang perumahan maupun rumah di perkampungan.

Putih merupakan warna cat rumah bagian luar yang elegan

CozyCornerIdeas

Namun, sebagai ilustrasi, lihatlah warna cat depan rumah yang elegan di atas. Pengecatan tidak hanya putih polos, tapi juga ada ornamen tipis untuk memberikan kesan kreatif.

Dengan warna cat ini, Anda pun bisa memadukannya dengan warna lain. Misalnya, untuk lis jendela atau atap rumah, Anda dapat menerapkan warna hitam untuk memberikan kesan kontras yang menonjol.

Permainan warna cat rumah bagian luar ini bisa membuat bagian tertentu tampak lebih luas, sementara bagian lainnya seakan disembunyikan.

2. Abu-Abu

Kalau Anda tidak ingin bermain dengan warna kontras yang tegas, apa rekomendasi warna cat luar rumah yang elegan? Abu-abu pastinya.

abu-abu bisa jadi warna cat rumah bagian luar yang elegan dan mewah

Corfence

Anda tak perlu menggunakan warna yang langsung bertabrakan. Buatlah gradasi yang elegan.

Mulailah dengan warna yang lebih terang pada bagian dominan, seperti pagar tembok, lalu variasikan dengan abu-abu gelap untuk pintu gerbang. Ini menciptakan komposisi yang manis dan seimbang.

Mau membuatnya lebih menarik?

Jangan tambahkan warna cat lain. Gradasinya bisa terganggu. Cukup pasang nomor rumah dari akrilik transparan dengan tulisan besar memanfaatkan background abu-abu gelap.

Jika ditambah dengan lampu sorot kekuningan, kesan mewahnya akan semakin terasa. Kalau ingin inspirasi lain, coba deh hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut.

banner jasa renovasi rumah renov8

3. Hitam Matte

Merenovasi exterior rumah harus totalitas. Tujuannya agar sesuai dengan tema minimalis yang ingin dicapai. Nah, kalau memang temanya modern atau industrial, kadang warna hitam bisa jadi pilihan yang pas.

Warna cat rumah bagian luar hitam matte

Rheizink

Coba lihat warna cat rumah bagian luar yang elegan di atas. Meskipun lebih tepat disebut Iron Ore daripada hitam murni, kesan yang ditimbulkan pun tetap sama.

Warna gelap cenderung membuat rumah tampak lebih kecil. Dan ini merupakan salah satu pendekatan dari tema rumah minimalis. 

Efek ini semakin kuat jika seluruh eksterior menggunakan warna cat rumah bagian luar gelap juga, misalnya, coklat tua. Jadi, akan ada kesan mewah yang terasa. Apalagi kalau di sekitar ada taman kecil atau pohon untuk penyeimbang. Akan makin mantap hasilnya.

Namun ingat bahwa warna cat rumah bagian luar yang elegan seperti ini menyerap panas. Jadi akan lebih pas jika diaplikasikan di area yang dingin seperti Bogor dan Bandung.

4. Kuning Cerah

Selain warna cat yang gelap seperti di atas, adakah opsi warna yang lebih cerah?

Coba gunakan warna kuning. Ini memang bukan warna cat luar rumah yang umum. Namun, ilustrasi di bawah akan menjelaskan maksud kami.

warna cat rumah bagian luar kuning cerah

BuildGreenFab

Satu kata untuk komposisi warna cat luar rumah terkini adalah eye-catching, alias menarik perhatian. Warna cerah yang energik hadir untuk menyeimbangkan warna hitam yang tenang.

Warna kuning itu dari segi psikologi identik dengan bahagia, ramah, dan ceria. Ini bisa berdampak positif bagi penghuninya, lho. 

Selain itu, warna cat rumah bagian luar ini bisa membuat beberapa sisi terlihat lebih luas, sehingga menghindari kesan hunian yang terlalu minimalis.

5. Hijau

Benarkah hijau bisa jadi warna cat luar rumah yang elegan? Tenang, ada banyak variasi warna hijau yang bisa Anda pilih, kok.

Untuk suasana energik dan segar, pilihannya hijau muda. Namun, jika ingin kesan privat dan fokus pada tema back to nature, hijau gelap bisa jadi pilihan yang tepat.

Warna cat rumah bagian luar hijau tua

Pinterest

Coba perhatikan eksterior rumah di atas yang didominasi hijau tua. Warna cat itu seakan ingin membangun suasana tenang yang pas untuk sebuah hunian untuk beristirahat.

Untuk mempertegas kesan alami dan menambah kehangatan, ada aksen kayu di balkon dan dek. Kesannya natural, simple, tapi sangat elegan.

Apakah komposisi warna cat ini cocok untuk rumah minimalis? Kami cukup merekomendasikannya. Apalagi untuk konsep rumah dengan desain modern tapi alami.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk

6. Cokelat

Anda ingin memiliki rumah hunian yang nyaman dan kesannya kalem? Di antara beberapa pilihan, maka coklat bisa menjadi warna cat luar rumah yang elegan dan mewah.

warna cat luar rumah terkini cokelat

ArchDaily

Bagaimana perasaan Anda saat melihat rumah minimalis di atas? 

Bayangkan, setelah rutinitas, Anda kembali ke rumah dengan warna lembut seperti itu. Tentunya, akan menciptakan kontras antara produktivitas di jam kerja dan waktu santai di rumah, ya.

Oh ya, ilustrasi tadi juga bisa jadi inspirasi, lho. Pertimbangkanlah warna lain untuk menciptakan gradasi warna cat depan rumah yang elegan. Misalnya, dengan krem gelap atau abu-abu muda.

7. Batu Bata Muda

Untuk rumah minimalis, kadang tema industrial cocok untuk dipilih. Misalnya, dengan membiarkan dinding bata terlihat tanpa acian seakan belum selesai.

Nah, kalau Anda suka dengan corak bata tapi ingin finishing yang lebih rapi, warna cat seperti terracotta bisa jadi alternatifnya.

warna cat luar rumah terkini terrracota

ArchDaily

Warna cat luar rumah yang elegan dan mewah ini terinspirasi dari tema klasik Mediterania. Di beberapa rumah, warna ini seringkali hanya jadi aksen pada roster atau ornamen dinding lain.

Walaupun begitu, Anda bisa kok menerapkannya untuk keseluruhan eksterior rumah. Banyak villa di Bali yang menggunakan warna cat ini juga, lho. Tujuannya, untuk menciptakan kesan earthy dipadukan dengan gaya minimalis open space.

8. Merah

Ingin menggunakan warna cat rumah bagian luar yang elegan sambil menunjukkan nasionalisme Anda? Tak ada pilihan lain: merah-putih.

warna cat rumah bagian luar yang elegan merah

homestrateosphere

Ini bisa jadi rekomendasi warna cat rumah bagian luar yang cerdik. Dengan warna putih yang default dan kombinasi warna merah yang berani dan menarik perhatian.

Selain itu, Anda bisa menerapkan warna merah lebih banyak. Alasannya, kesan rumahnya bisa jadi lebih dinamis dan energik.

Oh ya, warna merah juga bisa jadi solusi dari penggunaan terracotta di atas. Sebab, akan jauh lebih pas untuk membangun kesan modern yang kekinian dibanding ala Mediterania.

Saran kami, cobalah bermain dengan kontras antara warna merah dan putih untuk menekankan bentuk bangunan rumah seperti ilustrasi di atas.

9. Krem

Beberapa orang menganggap krem merupakan warna cat rumah bagian luar yang elegan selain putih. Kami sepakat. Selain memberikan kesan luas dan elegan, warna ini juga mudah ditemukan di berbagai toko bangunan.

warna cat rumah bagian luar yang elegan krem

Pinterest Marta

Jadi, kalau Anda ingin perbaikan rumah dan merasa warna putih terlalu umum, maka warna cat rumah bagian luar yang elegan dan mewah lainnya adalah krem. Atau, bahkan bisa mengkombinasikan keduanya seperti contoh di atas.

Secara estetika? Keren. Secara fungsi untuk membuat rumah jadi luas? Terpenuhi. Jadi, warna krem memang serbaguna dari sisi fungsi dan tampilan.

Belum lagi jika Anda ingin memberikan beberapa ornamen atau hiasan lain, warna krem bisa jadi background yang pas. Ornamen bisa ditonjolkan dengan mudah.

Memilih warna cat rumah bagian luar ini juga penting, terutama jika rumah Anda kurang dapat cahaya alami. Dengan begitu, Anda bisa mencegah rumah jadi lebih gelap dan suram.

10. Navy Blue

Jika Anda bingung memilih antara kesan gelap dan terang untuk rumah minimalis Anda, variasi biru bisa menjadi warna cat rumah bagian luar yang elegan. Kenapa?

warna cat rumah bagian luar yang elegan biru

Taiyo-co

Coba lihat penerapan navy blue pada rumah minimalis di atas. Apakah kesan gelapnya dapat? Tentu? Apakah kesan cerahnya juga terasa? Tidak diragukan.

Itulah alasan warna cat rumah bagian luar yang elegan ini jadi pilihan yang berani untuk eksterior. Kesannya tegas, tenang, dan percaya diri. 

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan aksen putih pada lis jendela atau pintu untuk kesan yang lebih kontras.

Kesimpulan

Warna cat punya peran besar bagi rumah. Mengubah kombinasi warna saat renovasi tidak hanya tentang tampilan, tapi juga suasana hati Anda dan orang-orang yang melihatnya.

Kami sudah memberikan beberapa pilihan warna cat rumah bagian luar yang elegan. Anda bisa memilih yang sesuai dengan tema minimalis rumah Anda.

Ingin bermain aman dengan warna putih atau krem? Boleh. Atau ingin lebih kreatif dengan warna navy blue atau kuning cerah? Boleh juga.

Apapun yang bisa membuat Anda lebih nyaman, kami selalu mendukungnya. Dan itulah alasan blog Renov8 akan tetap memberikan ulasan yang terbaik tentang berbagai tips rumah dan hunian. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Categories

Related Tags