13 Ide Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas dan Estetik!
September 13, 2024

Kenapa sih rumah minimalis kini kian hits? Salah satu alasannya, makin banyak cara untuk membuat hunian terasa lebih lega. Salah satunya dengan mengaplikasikan desain rumah type 36 agar terlihat luas.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide desain rumah yang minimalis, Anda sudah menemukan artikel yang tepat! 

Soalnya, di sini kami akan membahas berbagai rekomendasi desain yang bisa membuat rumah tipe 36 Anda terasa jauh lebih lega. Penasaran? Yuk simak sampai selesai!

13 Ide Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas

Inilah beberapa rekomendasi desain rumah type 36 yang bisa jadi inspirasi untuk Anda:

1. Pertimbangkan Open Space

Bagaimana cara membuat desain rumah type 36 yang terlihat luas? Salah satu cara yang paling disarankan adalah menggunakan gaya open floor atau open space.

Pendekatan ini sudah sangat umum digunakan untuk rumah minimalis. Jadi coba konsultasikan kepada penyedia jasa renovasi rumah Anda tentang ini.

Konsepnya adalah Anda menggabungkan beberapa ruangan. Dengan begitu, Anda bisa berkreasi dengan berbagai desain yang Anda inginkan.

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan open floor

MelanieJadeDesign

Ilustrasi di atas bisa sedikit memberikan gambaran bagaimana dapur yang minimalis, meja makan, dan ruang keluarga bisa digabung tanpa dinding pemisah.

Ini merupakan trik desain interior. Walau terlihat simple, sebenarnya Anda sedang memandang tiga ruangan sekaligus. Pantas saja tampak luas, bukan?

2. Gunakan Plafon Tinggi

Mengandalkan pendekatan open floor saja tidak cukup untuk membuat  rumah type 36 Anda terlihat luas. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan plafon tinggi.

Berapa sih tinggi plafon yang ideal untuk menata rumah type 36 agar terlihat luas? Itu perlu disesuaikan dengan jenis ruangan, iklim, dan interior di ruangan itu.

Pada contoh sebelumnya, dapur, ruang tamu, dan ruang keluarga menggunakan plafon tinggi untuk memberikan kesan open space yang lebih optimal.

Renovasi rumah type 36 agar terlihat luas dengan plafon tinggi

Courtneys World

Sebaliknya, di ilustrasi kamar tidur ini, plafon tinggi punya fungsi menghemat kebutuhan ruang. Anda jadi bisa membuat tempat tidur susun untuk anak. Maka, tak perlu harus ada dua ruangan terpisah.

Tentu saja, pendekatan desain ini harus diikuti dengan trik interior desain rumah type 36 agar terlihat luas. Hubungi kami untuk konsultasi jika Anda ingin tahu lebih detail, ya.

banner jasa renovasi rumah renov8

3. Gunakan Warna Terang

Salah satu cara menghemat biaya renovasi rumah adalah menggunakan cat warna terang. Siapa sangka tips sederhana ini bisa membuat desain rumah tipe 36 terlihat lebih luas?

Gunakan warna terang pada desain rumah tipe 36 Anda

Courtneys World

Contoh di atas jadi buktinya. Penggunaan warna cat rumah seperti beige membuat tampilan rumah lebih cantik dan lega. 

Tak hanya itu, tema warna terang juga memudahkan Anda mengkombinasikan berbagai warna. Misalnya, Anda bisa menciptakan gradasi yang elegan dengan warna putih, beige, dan cream.

Tenang, tips desain ini gampang diterapkan, kok. Soalnya, pilihan cat warna terang banyak ditemukan di toko bangunan.

4. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Tips desain berikutnya, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk menciptakan kesan luas secara lebih optimal. Ini juga akan membantu penggunaan warna cat terang.

Renovasi rumah type 36 agar terlihat luas bisa dengan pencahayaan alami

 StyleCurator

Tips ini perlu perhitungan teknis. Mulai dari arah pencahayaan, tata letak interior dan eksterior, serta arsitektur bangunannya.

Pada contoh area dapur di atas, ada pintu kaca dan jendela besar yang menangkap cahaya. Selain itu, masih ada model plafon minimalis dengan gaya skylight yang modern.

Berbagai elemen diatas seakan bersinergi dengan baik. Mulai dari pilihan cat dinding dan gaya interior desain rumah type 36 agar terlihat luas. Sebuah hunian yang nyaman, bukan?

5. Utamakan Sliding Door

Pintu geser sudah bukan hanya milik rumah bergaya Jepang saja sekarang. 

Banyak juga rumah yang menggunakan sliding door untuk membuat rumah type 36-nya terlihat lebih luas.

Interior desain rumah type 36 agar terlihat luas jika dengan tambahan sliding doors

 DirectDoors

Jadi, konsepnya bukan memakai engsel di sisi pintu, tapi memanfaatkan rel di bagian atas. 

Kenapa begitu? Karena pintu ayun membutuhkan ruang ekstra untuk dibuka dan ditutup. Jadi, menata rumah dengan model ini jadi lebih sulit.

Sementara, sliding door bergerak sejajar dengan dinding dan tidak perlu ruang tambahan. Dan menariknya, pintu geser ini pas untuk berbagai ruangan. Mulai dari dapur, kamar tidur, bahkan pintu depan.

Oh ya, biasanya, desain rumah tipe 36 yang minimalis dan mengusung konsep open space menggunakan pintu geser. Umumnya, material pintunya terbuat dari fiber glass seperti yang terlihat pada contoh di atas.

6. Utamakan Keramik Lantai yang Senada

Anda tidak berencana pakai lantai ala papan catur hitam-putih di rumah minimalis Anda, kan? Jangan, ya. Soalnya, kurang cocok untuk desain rumah tipe 36 yang minimalis.

Menata rumah type 36 agar terlihat luas dengan lantai terang

Cerbras

Lalu, bagaimana kalau Anda sudah terlanjur melakukannya? Salah satu cara terbaik untuk mendesain rumah type 36 agar terlihat lebih luas adalah dengan memasang keramik lantai yang seragam.

Langkah ini akan menciptakan kesinambungan tema yang konsisten dan memberikan kesan lebih luas. 

Bila perlu, Anda bisa memilih ukuran keramik yang besar dan nat keramik yang terang.

7. Gunakan Furnitur Minimalis

Sebuah ruangan bisa terasa sempit kalau terlalu banyak barang, kan? Ini juga berlaku untuk furnitur di rumah minimalis.

Jadi, bagaimana solusinya? Coba gunakan furnitur minimalis. Jangan membawa perabot besar yang memakan tempat dan mengganggu mobilitas Anda.

Desain rumah type 36 agar terlihat luas bisa dengan furnitur minimalis

Erica Blake

Ilustrasi di atas menunjukkan penggunaan furnitur minimalis. Namun, ruangan tersebut menggunakan gaya Japandi yang bisa saja kurang cocok dengan gaya desain rumah tipe 36 Anda. 

Oleh karena itu, silakan gunakan pendekatan lain dengan inspirasi penataan tersebut, ya.

Yang jelas, Anda tentu paham bahwa furnitur minimalis mampu menjaga kesan luas dari ruangannya. Selain itu, furniturnya pun tidak menghalangi pandangan, sehingga kesan ruang terbuka jadi semakin kuat.

8. Pertimbangkan Perabotan Multifungsi

Perabotan rumah tangga adalah bagian dari desain rumah type 36 yang tidak terpisahkan.

Selain menggunakan furnitur minimalis, Anda juga bisa memilih perabotan yang multifungsi. 

Jadi, satu perabotan bisa untuk berbagai keperluan, seperti penyimpanan dan lain-lain. Contohnya seperti ini:

Interior desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan multifungsi furniture

Pan Ttab

Seperti yang Anda lihat, kasurnya bisa dilipat, dan bagian bawahnya bisa dipakai untuk menyimpan pakaian. 

Kemudian ruangnya pun bisa dijadikan tempat belajar atau ruang kerja di siang hari. Praktis, bukan?

Jangan khawatir. Sekarang, banyak marketplace punya perabotan multifungsi, kok. Mereka tahu bahwa untuk merenovasi rumah type 36 agar terlihat lebih luas, perlu jenis furnitur ini.

Bahkan, ada yang menjual dalam bentuk set, berupa tempat tidur, meja belajar, rak baju dengan harga terjangkau, lho.

9. Tempatkan Cermin di Tempat Strategis

Apakah ada cara desain rumah type 36 agar terlihat luas sementara luas lahan untuk kamar terbatas? Ada, yaitu dengan menempatkan cermin besar.

Kok bisa?

Interior desain rumah type 36 agar terlihat luas jika ada penggunaan cermin di sana

Vanderglass

Jadi, cermin akan menggandakan visual ruangan, membuat otak merasa ada luas tambahan. Tips ini memanfaatkan cara kerja otak dalam persepsi ruang untuk memberi kesan yang lebih luas.

Selain itu, cermin juga memantulkan cahaya yang masuk. Ini membuat ruangan jadi lebih terang, sehingga membantu peran warna cat dinding yang menciptakan kesan lega.

10. Tempatkan Tanaman Indoor di Sudut Ruangan

Beberapa orang mungkin berpikir ini cuma soal estetika. Padahal, inilah salah satu trik desain yang bisa membuat rumah terlihat lebih luas.

Desain rumah type 36 agar terlihat luas bisa dengan tambahan tanaman indoor sebagai dekorasi

The Mixxery

Pertama, tanaman indoor mampu menyeimbangkan desain rumah. Jika tema rumah Anda terlalu minimalis, menempatkan tanaman Sansevieria (Lidah Mertua) bisa memberikan kontras alami. Jadi, Anda tak harus menambah ornamen atau furnitur lain yang lebih besar.

Selain itu, tanaman indoor juga bisa membuat rumah terasa lebih segar. Selain memberi kesan luas secara visual, sirkulasi udara yang baik membantu Anda menata rumah agar terlihat lebih nyaman.

11. Pasang Rak Ambalan

Tips ini bukan cuma meningkatkan estetika tapi juga fungsi. Tidak percaya? Coba lihat contoh berikut ini:

Renovasi rumah type 36 agar terlihat luas bila Anda menggunakan rak ambalan

Urban Inspiration

Penggunaan rak ambalan saat ini sedang tren, lho. Soalnya, bisa menyediakan penyimpanan dengan sistem floating, yang mana bisa membuat hemat ruang.

Saat ini sudah banyak toko, baik offline maupun online yang menjual rak ambalan seperti ini.

Untuk di ruang kerja, rak ambalan bisa untuk tempat buku atau alat tulis. Sedangkan di kamar tidur, ini bisa digunakan untuk memajang koleksi action figure atau alat penting lainnya.

12. Gunakan Standing Shower

Saat merenovasi rumah type 36, tentunya Anda tidak boleh melewatkan kamar mandi. 

Dengan memaksimalkan ruang kamar mandi yang minimalis, Anda bisa memanfaatkan sisa lahan untuk fungsi ruangan lainnya.

Renovasi rumah type 36 agar terlihat luas pada kamar mandi bisa dengan frameless standing shower

Mirna Margornari

Nah, salah satu tips desain yang kami rekomendasikan adalah menggunakan standing shower. Ini lebih praktis dibandingkan memasang bak mandi atau bathtub.

Selain itu, menggunakan sekat dari kaca atau fiberglass (seperti contoh di atas) bisa membantu rumah type 36 Anda terlihat lebih luas. Terlebih jika Anda memilih dinding dan keramik lantai dengan warna cerah yang terang.

13. Hindari Terlalu Banyak Amenities

Banyak orang yang suka menempatkan banyak peralatan mandi. Memang sih akan praktis saat membutuhkannya. Namun, cara ini tidak akan membuat rumah type 36 Anda terlihat luas.

Menata rumah type 36 agar terlihat luas bisa dengan mengurangi barang di ruangan

Douche kop set zwart

Sabun, shampo, dan conditioner rasanya sudah cukup sebagai amenities utama. Dan jangan lupa, buatlah tempat khusus di dinding agar tidak perlu menambah perabotan lagi.

Jika masih butuh perlengkapan lain, sediakan storage multifungsi yang bisa disembunyikan. Jadi, kamar mandinya tetap terasa luas.

Kesimpulan

Mewujudkan desain rumah type 36 yang terlihat luas tak terlalu sulit, kan? Anda sudah tahu beberapa cara memanfaatkan lahan terbatas jadi sebuah hunian yang nyaman.

Beberapa di antaranya adalah dengan mencoba konsep open floor, mengutamakan cat dinding berwarna terang, penempatan cermin yang strategis, dan furnitur minimalis.

Anda bisa menggunakan semua tips desain rumah tipe 36 di atas. Atau, menyesuaikan nya dengan kebutuhan dan anggaran untuk renovasi rumah yang Anda siapkan.

Apapun itu, semoga berhasil dengan semua usaha yang Anda lakukan, ya. Pantau terus blog Renov8  untuk tips dan trik membangun hunian yang nyaman. Sampai jumpa!

Categories

Related Tags