Desain Dapur Minimalis 2×2, Ruang Masak Kian Estetik!
September 23, 2024

“Kamar tidur? Sudah. Kamar mandi? Beres. Nah, saatnya renovasi dapur!” Tapi, apakah Anda tahu desain dapur minimalis 2×2 yang tepat? Ruang yang sempit bisa jadi tantangan tersendiri, lho.

Untungnya, kami sudah riset berbagai model dapur minimalis untuk inspirasi Anda. Lihat deh 11 contoh dapur minimalis di artikel ini. Harapannya, ini bisa membantu upaya renovasi rumah minimalis Anda. 

Yuk, intip berbagai desainnya!

Ide Desain Dapur 2×2 Terbaik

Berikut adalah beberapa ide dapur minimalis untuk inspirasi Anda. Tinggal sesuaikan dengan biaya renovasi rumah yang sudah Anda siapkan, ya!

1. Desain Dapur Skandinavia

Skandinavia adalah pendekatan desain yang menekankan warna netral dan pemanfaatan fungsi. Jika Anda butuh desain dapur minimalis 2×2, gaya ini bisa jadi pilihan.

Desain Dapur Skandinavia

The OliveBranchNest

Coba deh lihat contoh dapur minimalis di atas. Tak hanya terpaku pada warna standar putih, kombinasinya dengan warna hijau sage hasilnya jadi terlihat modern dan estetik.

Lihat juga bagaimana setiap bagian dapur dimanfaatkan. Banyak rak tersedia untuk peralatan masak, bahan makanan, dan bumbu yang bisa ditata rapi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan model dapur minimalis ini adalah:

  • Utamakan penggunaan peralatan masak dari kayu yang berwarna coklat muda
  • Tambahkan aksesori fungsional seperti hook dan lainnya untuk kerapian dapur minimalis
  • Hindari aksesori berwarna terlalu cerah yang bisa “mengganggu” tema desain

Jika Anda suka dengan model dapur minimalis ini, boleh kok kontak kami untuk mendiskusikannya dulu sebelum renovasi.

2. Model Dapur Minimalis Jepang

Tak lengkap membahas dapur Skandinavia tanpa “menyenggol” gaya Jepang. Beberapa orang bahkan menerapkan gaya Japandi, yang menggabungkan elemen dari kedua desain.

Model Dapur Minimalis Jepang

Stunning Affordable Home Decor

“Ingin fokus pada gaya Jepang aja, deh.” Boleh. Contoh dapur minimalis di atas bisa jadi inspirasi dengan warna coklat muda sebagai tema utama. Semua furnitur dan aksesoris sesuai tema itu.

Pendekatan gaya Jepang ini fokus pada nuansa hangat. Meskipun cocok di mana saja, model dapur minimalis ini cocok untuk desain rumah minimalis di kota dingin seperti Bandung atau Bogor.

Sebelum mendesain dapur minimalis 2×2 ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Pajang di dinding hanya peralatan memasak yang sering digunakan
  • Pilih peralatan masak dari material kayu dan bambu yang berwarna natural
  • Tempatkan jendela untuk mencegah kesan suram di dapur minimalis itu

3. Gaya Dapur Minimalis Rustic

Desain klasik dan modern bertemu dalam model dapur minimalis ini. Gaya klasik diwakili oleh kayu pada lantai dan furniture, serta tema putih bersih yang memberikan kesan modern.

Gaya Dapur Minimalis Rustic

Civil Jungle

Beberapa orang menyebut contoh dapur minimalis di atas sebagai modern rustic. Konsepnya menonjolkan keseimbangan antara gaya modern yang simple dan hangatnya elemen kayu.

Berbeda dengan gaya Skandinavia di atas, tak banyak pernik peralatan masak di dinding. Namun, digantikan dengan lemari gantung yang panjang, dan plafon high ceiling.

Apa saja tips untuk menjalankan desain dapur minimalis 2×2 ini?

  • Gunakan furnitur kayu untuk kesan rustic yang kuat.
  • Optimalkan pencahayaan alami agar desain modern terasa luas
  • Siapkan hidden storage untuk tampilan yang rapi

Jika ragu, coba sampaikan ide desain Anda dengan pihak jasa renovasi rumah yang nanti akan mengerjakannya.

4. Ide Dapur Bergaya Industrial

Saat membahas dapur minimalis 2×2, gaya industrial tentu jarang terpikir. Soalnya, gaya ini hanya cocok untuk desain minimalis yang juga industrial.

Ide Dapur Bergaya Indurstrial

Fab Mood

Tapi, setelah melihat contoh dapur minimalis di atas, Anda mungkin berpikir: “Eh, kok kelihatan seperti kafe tempat barista membuat kopi, ya? Keren juga!”

Apakah Anda berencana merenovasi dapur dengan gaya itu? Tak masalah, selama tujuannya untuk menciptakan desain kontras. Apalagi jika rumah Anda terlalu minimalis.

Coba bayangkan, batu bata tanpa acian, pipa logam yang menonjol, dan jendela besar gaya urban yang kekinian. Semua itu akan membuat dapur minimalis Anda terlihat keren dan berkarakter.

Coba jalankan berbagai tips ini untuk desain dapur tersebut:

  • Kombinasikan warna abu-abu, hitam, dan coklat kayu untuk tema industrial.
  • Gunakan rak ambalan untuk peralatan memasak.
  • Tambahkan lampu gantung sebagai pencahayaan tambahan.

5. Model Dapur dengan Plafon Skylight

Kadang, plafon tinggi seperti gaya rustic di atas tak cukup membuat dapur minimalis terlihat luas. Beberapa orang akhirnya memilih plafon skylight agar dapur lebih terang dan lega.

Model Dapur dengan Plafon Skylight

Andrea Rahardiana

Biasanya, pendekatan plafon ini sering melengkapi desain dapur minimalis 2×2 terbuka alias open space. Jadi, jika rumah Anda ingin gaya open space secara penuh, plafon skylight bisa jadi solusinya.

Oh ya, model dapur minimalis seperti ini memberi keleluasaan Anda memilih furnitur. Ingin pakai aksesori kayu seperti contoh di atas? Bisa. Atau ingin tema lain sesuai keinginan? Boleh, kok.

Ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan pada dapur minimalis ini:

  • Pilih material fiberglass berkualitas yang tahan jamur
  • Gunakan model yang bisa dibuka untuk mengeluarkan asap saat memasak
  • Pakai furnitur minimalis untuk kesan luas
  • Tambahkan tanaman indoor untuk keseimbangan desain

6. Desain Dapur Minimalis Terbuka

Anda tidak suka plafon skylight yang terlalu terang? Tapi ingin dapur minimalis yang lega? Coba pertahankan konsep open space yang sudah dibuat, tapi hilangkan plafon skylight.

Desain Dapur Minimalis Terbuka

Tiny Living

Dalam desain dapur minimalis ini, konsepnya adalah membuat segala sesuatu mudah dijangkau. Anda jadi bisa memasak dan menghidangkan makanan dengan lebih mudah dan cepat.

Untuk menjaga kerapian di ruangan yang terbatas, simpan peralatan makan di lemari, bukan digantung di dinding. Kemudian, gunakan furnitur kecil agar kesan minimalis tetap terjaga.

Untuk layoutnya, Anda bisa menggabungkan dapur, ruang makan, ruang keluarga, atau ruang kerja. Kami sarankan untuk menambahkan jendela besar atau beberapa jendela kecil untuk pencahayaan yang baik.

Tips untuk desain dapur minimalis 2×2 ini antara lain:

  • Jauhkan meja kerja dari tempat cuci untuk menghindari percikan air.
  • Gunakan cat dinding berwarna terang.
  • Pilih perabotan multifungsi jika memungkinkan.

7. Gaya Dapur Natural

Anda akan menghabiskan banyak waktu di dapur memasak untuk keluarga. Jadi, pastikan Anda nyaman agar prosesnya lebih menyenangkan.

Gaya Dapur Natural

Pinterest

Salah satu cara mendesain dapur minimalis adalah dengan menempatkan tanaman indoor. Ini menciptakan suasana segar dan membangkitkan semangat. Model dapur minimalis ini ideal bagi Anda yang sering memasak di pagi hari sebelum berangkat ke kantor.

Oh ya, Anda bisa berkreasi dengan penataan sesuai keinginan, tetapi contoh dapur minimalis di atas bisa menjadi inspirasi.

Beberapa tips untuk menggunakan desain dapur minimalis ini antara lain:

  • Gunakan furnitur kayu untuk menjaga keseimbangan desain.
  • Tambahkan pencahayaan di sekitar kompor untuk fungsi dan estetika.
  • Hindari kabinet dengan pintu kaca agar tampak lebih rapi dan tidak “sesak “.

8. Dapur Modern Minimalis

Di antara desain dapur minimalis 2×2, konsep modern minimalis selalu menciptakan berhasil menciptakan ruang yang praktis dan menarik. Tidak percaya? Coba lihat gambar berikut.

Dapur Minimalis Modern

Pinterest

Sekilas, dapur mungkin terlihat mungil. Namun, penempatan jendela besar sejajar koridor bisa mengatasi masalah itu. Trik ini “memaksa” Anda melihat ke luar, sehingga dapur terasa lebih luas.

Konsep dari dapur minimalis ini fokus pada kemudahan mengambil berbagai kebutuhan memasak dengan cepat dan mudah. Jadi, akan membuat proses memasak menjadi lebih efisien.

Perhatikanlah bahwa kompor dan wastafel ada di sisi kiri, sementara bahan makanan dan perlengkapan masa di sisi kanan. Saat memasak, peralatan dan bumbu ibarat pendukung, sementara kompor menjadi fokus utama kegiatan Anda.

Hal-hal penting untuk penerapan desain dapur minimalis 2×2 ini adalah:

  • Atur jendela sejajar pintu masuk dapur untuk kesan pandangan yang lebih luas
  • Pilih cat dinding yang terang atau furnitur minimalis berwarna coklat muda
  • Hindari pernik yang digantung di dinding agar kesan luas untuk menjaga kesan luas dan rapi

9. Dapur Minimalis Model U

Contoh dapur minimalis di atas menggunakan dua garis sejajar, bukan? Nah, jika di ujung jendela ditambahkan wastafel atau kompor, akan terbentuk huruf U. Ini juga desain yang kerap dijumpai.

Karena fokus pada penataan, Anda bisa memilih berbagai gaya dapur yang telah kami bahas. Gaya Skandinavia, rustic, atau industrial bisa menjadi pilihan.

Dapur Minimalis Model U

TinyHouseTalk

Contoh dapur minimalis di atas menunjukkan kombinasi warna coklat dan biru matte yang memberikan kesan mewah. Belum lagi, plafon dengan tekstur garis-garis putih memantulkan cahaya alami dengan maksimal. Itu semua makin menambah estetika dapur.

Oh ya, layout berbentuk U pada dapur minimalis sangatlah efisien. Setiap sisi bisa untuk tempat menata perlengkapan masak dan furnitur. Inilah pilihan ideal pada desain dapur minimalis 2×2 yang berbentuk kotak.

Rekomendasi saat menggunakan gaya dapur minimalis ini adalah:

  • Tempatkan jendela di pusat aktivitas memasak, seperti di atas kompor atau wastafel
  • Simpan peralatan masak berat di bawah dan bumbu di lemari gantung
  • Hindari plafon yang terlalu rendah untuk menciptakan kesan luas pada dapur

10. Model Dapur Minimalis Dengan Layout L

Salah satu variasi lain dari desain dapur minimalis 2×2 adalah layout L. Dalam desain ini, dua sisi saja yang digunakan sebagai area dapur yang saling menyambung. Ini berbeda dari contoh dapur modern minimalis sebelumnya, yang sejajar pintu masuk.

Model Dapur Minimalis Layout L

Mackinawaroad

Perhatikan desain di atas. Anda bisa memilih pendekatan desain dan tema warna sesuai selera. Jadi, estetikanya bisa bervariasi, tetapi fungsi dapur tetap optimal.

Misalnya, Anda bisa memisahkan kompor dari bak cuci agar lebih fokus. Letakkan semua bumbu dan bahan makanan di sisi kompor, sementara peralatan masak berada di sisi tempat cuci.

Berbagai tips desain untuk model dapur minimalis ini antara lain:

  • Jangan ragu bereksperimen kombinasi material untuk desain dapur ini
  • Utamakan konsep dapur minimalis 2×2 terbuka
  • Variasikan komposisi terang-gelap yang seimbang

11. Gaya Dapur Serba Putih

Bagi sebagian orang, model dapur minimalis L atau U tidak terlalu penting. Mereka percaya dapur minimalis harus didominasi warna putih agar terlihat lebih luas. Itu pandangan yang bisa diterima.

Gaya Dapur Serba Putih

Pinterest

Contoh dapur minimalis Skandinavia di atas bisa jadi inspirasi. Semua bagian utama dapur berwarna putih dengan ornamen kayu dan sedikit aksen hitam dari microwave. Dapur itu jadi terlihat luas, bersih, dan estetis.

Namun, ada penggunaan lantai kayu di sana. Tujuannya, untuk menciptakan variasi dan keseimbangan. Jadi, tampilan tidak monoton dan membosankan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan desain dapur ini:

  • Periksa ketersediaan furnitur dan perkakas putih di area Anda.
  • Siapkan variasi warna senada untuk tema putih.
  • Selalu jaga kebersihan area agar tidak cepat kotor.
  • Tambahkan pencahayaan alami untuk kesan luas yang optimal.

Kesimpulan

Rekomendasi desain dapur minimalis 2×2 di atas cukup menarik, ya? Dengan itu, menciptakan dapur minimalis yang selaras dengan rumah Anda akan jadi lebih mudah.

Sayangnya, tidak semua model dapur minimalis cocok untuk semua gaya rumah minimalis. Misalnya, gaya industrial. Jadi, pikirkan baik-baik pilihan mana yang terbaik untuk Anda.

Selamat memilih dan merenovasi. Semoga informasi di atas menginspirasi. Dan, untuk tips terbaru tentang rumah minimalis dan hunian nyaman, teruslah ikuti blog Renov8.

Categories

Related Tags