Berapa Biaya Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraannya
Juli 14, 2024

Banyak orang suka hunian sederhana karena biaya bangun rumah minimalis dianggap lebih murah. Tampilannya pun tetap berkelas dan modern. Itulah kenapa tak jarang, banyak orang mempercayakan pada jasa renovasi rumah agar dapat hasil terbaik dengan cepat.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya bikin rumah minimalis saat ini?

Budget rumah minimalis pastinya berbeda-beda, tergantung ukuran bangunan dan lainnya. Ada yang kurang dari Rp200 juta, tapi boleh jadi bisa sampai Rp300 juta sesuai model dan kelengkapannya.

Nah, daripada penasaran, lebih baik kita hitung sama-sama, yuk!

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah Minimalis?

Menghitung biaya buat rumah minimalis tanpa mulai dari melihat faktor yang penting rasanya sulit. Jadi, mari lihat daftar berikut ini dulu:

1. Tujuan dan Fungsi

Apa sih tujuan Anda membangun rumah minimalis? Menghemat biaya, ingin tampil beda dari rumah di sekitarnya, atau ingin update dengan gaya rumah modern terbaru?

rumah minimalis di tengah hutan

Tujuan yang jelas akan mempengaruhi faktor lain dan keseluruhan biaya bangun rumah minimalis.

Oh ya, Anda juga harus mempertimbangkan fungsi rumah dengan baik. Apakah Anda perlu area terpisah untuk ruang kerja, makan, dan keluarga? Atau Anda ingin rumah minimalis dengan ruang serbaguna?

2. Tipe Rumah

Dengan tujuan dan fungsi yang jelas, langkah menghitung biaya membangun rumah minimalis berikutnya adalah mempertimbangkan tipe rumah yang ingin dibangun.

Tipe yang paling kecil adalah tipe 36 dengan ukuran 6 x 6 meter, biasanya memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu ruang tamu.

Sedangkan tipe yang lebih besar adalah tipe 72 dengan ukuran bangunan 6 x 12 meter, biasanya akan memiliki satu kamar tidur lagi dan ruang keluarga tersendiri.

3. Anggaran

Berapa sih modal bikin rumah minimalis yang sudah Anda siapkan? Rp150 juta atau Rp300 juta?

Jika budget sudah sesuai dengan tujuan dan tipe rumah yang diinginkan, pembangunan rumah bisa dilanjutkan. Jika tidak, perlu dilakukan penyesuaian, terutama pada ukuran atau tipe rumah.

Rumah yang lebih besar tentu memerlukan lebih banyak material. Itupun belum ditambah dengan berbagai kebutuhan pernak-pernik lain yang mungkin dibutuhkan.

4. Kualitas Material

Material bangunan yang diperlukan akan sesuai dengan ukuran rumah minimalis Anda. Namun, pilihan jenis dan kualitasnya bisa bervariasi.

Nah, inilah salah satu faktor yang mempengaruhi biaya bangun rumah minimalis. Misalnya, Anda ingin menggunakan batu bata atau hebel? Atau lebih suka genteng tanah liat atau keramik?

Oh ya, material bangunan kelas premium akan punya kualitas terbaik dan bahan yang awet. Namun, harganya relatif lebih mahal. Keuntungannya, Anda bisa berhemat biaya renovasi rumah nantinya.

5. Desain Bangunan

Jangan anggap membangun rumah minimalis tak perlu memikirkan desain, ya. Justru sebah desain unik kadang memengaruhi biaya bikin rumah minimalis secara keseluruhan.

Sebagian orang suka desain minimalis industrial, sementara yang lainnya suka desain Bohemian klasik.

Ada yang mengatakan bahwa desain Bohemian minimalis itu opsi murah tapi bergaya. Sebeb, bisa dipadupadankan dengan ornamen buatan sendiri, tidak harus baru.

Baca juga: Cara Membangun Rumah dengan Budget 20 Juta

Rincian Biaya Membangun Rumah Minimalis

Secara rinci, biaya bikin rumah minimalis akan meliputi hal-hal berikut ini:

1. Pembelian Tanah

Anda bisa mengabaikan biaya ini jika sudah memiliki tanah yang siap dibangun. Jika belum, masukkan ke dalam budget rumah minimalis Anda, ya.

Harga tanah per meter persegi bervariasi tergantung lokasi, misalnya di Jakarta harganya mulai Rp5 juta per m2. Kemudian, Anda perlu menghitung luas tanah yang dibutuhkan.

Secara kasar, biaya membangun rumah minimalis dari tanah saja bisa Rp200 juta hingga Rp350 juta.

2. Biaya Perizinan

Jika menggunakan jasa pembuatan rumah, biaya perizinan biasanya sudah termasuk dalam layanan. Namun, Anda perlu memahami bahwa biaya bangun rumah minimalis itu termasuk biaya IMB.

Seperti halnya tanah, biaya perizinan bisa bervariasi. Biasanya tergantung pada jenis bangunan dan biaya administrasi daerah. Jika di Jakarta, biaya IMB bisa mulai dari Rp1 juta atau lebih

3. Biaya Arsitek

Biaya bangun rumah minimalis dipengaruhi oleh desain rumah yang dirancang oleh arsitek. Maka, biaya arsitek perlu dimasukkan dalam anggaran Anda.

Biaya jasa arsitek dapat dihitung dengan beberapa cara, seperti persentase dari total biaya konstruksi, tarif per meter persegi, dan harga tetap.

Sebagai estimasi awal Anda bisa menyiapkan uang mulai dari Rp8 juta untuk membangun rumah minimalis.

4. Biaya Tukang

Yang mempengaruhi biaya bangun rumah minimalis berikutnya adalah biaya tukang. Biasanya ini bisa mencapai 30% dari total biaya pembangunan rumah.

Perhitungan budget rumah minimalis bisa dengan upah harian atau borongan. Anda bisa menggunakan tukang yang mengerjakan semua atau banyak tukang secara terpisah sesuai keahlian.

Rumus perhitungan biaya membangun rumah minimalis secara harian cukup sederhana, yaitu biaya jasa tukang x lama pengerjaan x jumlah tukang.

Jika menggunakan sistem borongan, biaya bangun rumah minimalis tipe 36 berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 60 juta.

5. Biaya  Material Utama

Hampir sebagian besar biaya bangun rumah minimalis akan habis untuk biaya material. Itulah kenapa penting bagi Anda untuk membuat rincian biaya membangun rumah minimalis.

Jika Anda menentukan budget rumah minimalis dengan baik, proses pengerjaan akan berjalan sesuai rencana. Namun jika terjadi penundaan, budget bisa membengkak atau rumah tidak sesuai harapan.

Beberapa material utama yang harus masuk perhitungan antara lain:

  • Batu — yang bisa dipilih antara batu kali atau batu gunung. Harga bervariasi bisa antara Rp 200.000-Rp 300.000 per m3.
  • Semen — jenis semen Portland tipe I biasanya cukup dengan harga sekitar Rp 50.000-Rp 70.000 per sak.
  • Pasir — Anda bisa menggunakan jenis pasir kali atau pasir cor. Biasanya berkisar antara Rp 150.000-Rp 250.000 per m3.

Secara kasar, kebutuhan material yang perlu disiapkan dari biaya bangun rumah minimalis tipe 36 berkisar antara Rp 80 juta hingga Rp 150 juta.

6. Biaya Material Pendukung

Jangan lupakan biaya material pendukung dari rumah minimalis Anda, ya. Anda harus memperhitungkan biaya untuk instalasi air dan listrik, termasuk juga biaya pembuatan atap.

Proses penggunaan material pendukung ini memang akan menunggu konstruksi dan pondasi rumah selesai. Namun, jika tidak disiapkan dengan baik akan mengganggu pengerjaan rumah.

Beberapa material pendukung yang harus Anda masukkan di antaranya adalah:

  • Genteng — Material atap umum dan mudah didapatkan dengan harga sekitar Rp2.000-Rp5.000 per buah.
  • Kayu — Material atap biasanya menggunakan kayu jati, bengkirai, dan lainnya. Harga bahan kayu bengkirai 2x3x200 cm sekitar Rp300.000.
  • Paku — Untuk kebutuhan umum seperti atap, biasanya dijual seharga Rp.15.000- Rp.30.000 per kg, sehingga bisa disesuaikan dengan budget rumah minimalis yang Anda miliki.
  • Pipa — Anda memerlukan pipa air untuk sanitasi dan kebutuhan air dengan harga sekitar Rp10.000 per meter untuk ukuran 1/2 inch.
  • Saklar, Stop Kontak — Instalasi listrik bisa dihitung per item, misalnya, Rp20.000 untuk saklar atau Rp80.000 untuk stop kontak, tergantung pada jumlah titik pemasangan yang Anda tentukan.
  • Lampu — Kebutuhan lampu perlu disesuaikan dengan luas rumah dan budget rumah minimalis Anda. Lampu 10 watt berkisar di harga Rp52.000.

Namun, ada juga yang menghitung biaya bikin rumah minimalis per meter. Sebab, perubahan pada luas bangunan bisa mempengaruhi total biaya yang dikeluarkan

Berikut ini merupakan simulasi dari biaya bangun rumah minimalis tipe 36 di Jakarta. Kami menggunakan perumpamaan luas tanah 50 m2 dengan 2 tukang perkiraan pengerjaan 30 hari:

estimasi biaya bangun rumah minimalis

* Harga di atas hanyalah estimasi.  Realitanya bisa saja berbeda tergantung wilayah tempat Anda tinggal dan juga fluktuasi harga akibat faktor eksternal. Lakukan konsultasi dengan tim kami untuk dapatkan estimasi biaya yang lebih akurat!

Selain itu, estimasi ini memberikan gambaran umum dan dapat bervariasi tergantung pada harga material dan upah tenaga kerja yang berlaku saat pembangunan dilakukan.

Kesimpulan

Semoga artikel kami ini bisa memberikan gambaran biaya bangun rumah minimalis, ya. Tentunya perhitungan yang kami berikan masih perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Jangan lupa bahwa Anda perlu memulai upaya untuk menghitung budget rumah minimalis tersebut dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi harganya. Kami sudah menyebutkan beberapa di antaranya. Mulai dari tipe rumah, kualitas material dan desainnya.

Nah, kalau Anda ingin lebih simple dalam membangun atau menghitung biaya bikin rumah minimalis, Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah dengan reputasi yang baik.  Cara ini bisa memberikan jaminan kualitas terbaik, ketepatan waktu dan kesesuaian material yang Anda gunakan.

Categories

Related Tags