Mudah! Ini Cara Menghitung Biaya Bikin Pagar Rumah Anda
Juli 6, 2024

Baik karena ada kerusakan atau Anda memang punya rencana melakukan renovasi rumah, memperbaiki pagar termasuk hal yang harus dikerjakan. Tapi, berapa biaya bikin pagar rumah yang harus dikeluarkan, ya?

Kalau biaya buat pagar rumah terlalu murah, nanti dapat kualitas yang buruk. Tapi, kalau terlalu mahal, dananya sudah untuk perbaikan ruangan lain. “Sebenarnya, estimasi harga bikin pagar rumah itu berapa sih?”

Itulah yang akan kami bahas di artikel ini yaitu mengetahui detail biaya pasang pagar rumah. Jadi, mari baca selengkapnya!

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Rumah?

Sebelum tahu total biaya pagar rumah, Anda perlu tahu dulu cara menghitung biaya pasang pagar rumah!

1. Menentukan Desain Pagar

Jangan anggap sepele, ya. Anda akan bingung menentukan biaya pagar rumah tanpa tahu desain yang Anda inginkan. Alasannya, desain pagar rumah itu terkait sama fungsi, estetika dan harga.

Bayangkan jika pagar sudah dipasang, tapi tidak sesuai dengan rumah Anda. Wah, mungkin Anda harus bikin pagar rumah lagi? Itu berarti biaya renovasi rumah Anda akan bertambah.

inspirasi pagar rumah menarik

Jadi, apakah Anda lebih tertarik dengan desain pagar besi yang minimalis? Atau pagar tembok yang estetik?

Secara umum, biaya membuat pagar rumah dengan desain minimalis tentu akan lebih murah. Alasannya, tidak perlu ornamen dan detail khusus dibanding dengan desain klasik atau Victoria.

2. Menghitung Luas Pagar

Setelah menentukan desain pagar, waktunya menghitung luas pagar untuk tahu berapa biaya buat pagar rumah yang dibutuhkan.

Anda perlu tahu berapa banyak material yang dibutuhkan, bukan? Misalnya kalau Anda menggunakan besi hollow, Anda tahu berapa meter persegi besi hollow yang perlu dibeli.

Perhitungan luas pagar kurang lebih seperti ini. Kalau panjangnya 5 meter dan tinggi 2 meter, maka luasnya adalah 10m², dengan rumus panjang x tinggi.

Informasi ini penting agar Anda bisa membeli material lebih banyak dari kebutuhan pagar sebenarnya. Sebab, luas pagar juga membantu Anda merencanakan desain dan estetika pagar.

3. Menghitung Material Pagar dan Pendukungnya

Hal yang paling penting dalam menghitung biaya pagar rumah tentunya material yang digunakan. Namun, jangan lupakan material pendukung lain.

Biaya membuat pagar rumah utamanya dipengaruhi jenis material yang digunakan. Ini sesuai dengan desain yang Anda pilih sejak awal.

Misalnya, untuk pagar besi minimalis, Anda membutuhkan besi hollow. Kalau harga besi hollow adalah Rp350.000 per m², maka untuk 10 m², total biaya material adalah Rp3.500.000.

Jadi rumusnya adalah luas pagar x harga material per meter persegi.

Itu baru dari sisi material utama saat bikin pagar rumah. Tapi Anda pasti memerlukan kawat las, engsel, dan baut, bukan? Untuk kebutuhan ini, Anda bisa memerlukan biaya di kisaran Rp300.000.

Selain material pagar, apa lagi biaya bikin pagar rumah yang diperlukan?

Kebutuhan renovasi eksterior rumah secara umum seperti semen, pasir, dan cat merupakan beberapa contohnya.

Biasanya, material ini dibutuhkan kalau ada perubahan pada tembok rumah. Katakanlah Anda membutuhkan 2 sak semen dengan harga Rp50.000 per sak dan pasir bangunan di kisaran Rp300.000, maka total biaya semen adalah Rp400.000.

Oh ya, pagar Anda perlu cat biar lebih senada dengan tema rumah? Harga cat pagar umumnya mulai dari Rp25.000 per 200cc. Jadi, kalau Anda perlu 4 kaleng, biaya yang diperlukan untuk cat saja Rp.100.000.

Kalau dihitung dengan kalkulasi kasar, Anda akan membutuhkan sekitar Rp4.300.000.

4. Menghitung Biaya Tukang

Anda tidak ingin mengerjakannya sendiri? Itu berarti Anda juga harus memasukkan biaya tukang dalam biaya pagar rumah Anda.

Biaya tukang untuk pengerjaan pagar rumah bisa bervariasi. Perbedaan itu bisa dari lokasi, tingkat keahlian tukang, dan kesulitan pekerjaan. Untuk di area Jakarta misalnya, biayanya di kisaran Rp150.000 hingga Rp200.000 per hari.

Rumus menghitung biaya tukang yang nantinya masuk ke biaya pagar rumah adalah:

Biaya Harian x Jumlah Tukang x Jumlah Hari.

Jadi, kalau Anda mempekerjakan 2 tukang dan membutuhkan waktu 5 hari pengerjaan, biaya yang diperlukan adalah:

Rp150.000 x 2 tukang x 5 hari = Rp1.500.000

Perhitungan itu dengan catatan pekerjaan bisa selesai tepat waktu, ya. Kalau ada keterlambatan maka tinggal dikalikan jumlah hari. Sama halnya kalau ada perbedaan pada keahlian tukang, maka perlu dikalkulasi biaya tukang masing-masing.

Oh ya, perhitungan tersebut dengan sistem biaya penuh, ya. Jadi tidak menghitung biaya tambahan seperti transportasi dan makan.

ilustrasi mengelas pagar

5. Menghitung Biaya Tambahan Lain

Sebenarnya, berbagai biaya di atas sudah cukup untuk menghitung biaya membuat pagar rumah. Tapi jangan lupa juga memperhitungkan biaya tambahan lain, ya.

Memangnya apa saja biaya bikin pagar rumah?

Kalau ada perubahan pada tembok atau pagar yang sudah jadi, biaya tambahan untuk membeli semen dan pasir bisa lebih banyak. Kisarannya bisa antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Selain itu, mungkin ada biaya transportasi material yang tidak termasuk layanan dari toko material.

Misalnya, jika Anda membeli material dari toko yang jauh karena hanya mereka yang memiliki material yang Anda inginkan. Biaya pengiriman bisa mencapai Rp200.000 hingga Rp300.000.

Intinya, siapkan uang cadangan untuk kebutuhan tak terduga ini sangat penting agar proyek tidak terhenti di tengah jalan.

6. Menghitung Biaya Pagar Rumah Keseluruhan

Inilah langkah terakhir cara menghitung biaya pagar rumah. Secara umum yang perlu Anda lakukan hanyalah mengumpulkan semua biaya dari tahapan di atas.

Terlihat sederhana, ya? Namun, kalau Anda kurang teliti dalam memasukkan nominal dan satuan harga material bisa membuat perbedaan harga estimasi biaya pagar rumah. Kalau sudah begitu, bisa saja rencana renovasi pagar Anda tidak berjalan sesuai rencana.

Apa Yang Harus Dipikirkan Saat Bikin Pagar Rumah?

Dengan semua penjelasan tentang biaya pagar rumah, Anda pasti bisa menebak apa saja hal yang harus dipikirkan saat membuat pagar rumah, kan?

1. Tujuan Pemasangan Pagar

Alasan memasang pagar akan menentukan desain dan material yang digunakan. Mungkin Anda melakukannya untuk memperbaiki kerusakan atau membuat pagar untuk rumah baru Anda.

Tujuan khusus juga mempengaruhi biaya pembuatan pagar rumah. Misalnya, untuk keamanan, Anda mungkin akan memilih material yang lebih tebal dan kuat. Sedangkan untuk privasi, Anda mungkin akan memilih pagar rumah yang lebih tinggi atau menggunakan desain perforated.

2. Perencanaan Umum

Dengan tujuan yang sudah diketahui, Anda perlu membuat rencana umum pengerjaan pagar rumah. Sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan riset seputar pengerjaan dan biaya pagar rumah.

Riset seperti ini bisa membantu Anda mengetahui anggaran yang realistis dan berbagai kendala saat menjalankan proyek sesuai dengan hasil yang Anda inginkan.

Jangan lupa memilih tukang dan kontraktor yang terpercaya kalau tidak ingin melakukan semuanya sendiri. Harga bikin pagar rumah harus sesuai hasil akhir yang didapatkan.

3. Material Bangunan

Pilihan material untuk pagar rumah sekarang lebih beragam daripada dulu. Ada kayu solid, besi solid, besi hollow, pagar batu bata, dan bahkan PVC.

Jenis material yang dipilih akan berdampak pada total biaya bikin pagar rumah. Alasannya, itu berkaitan dengan material tambahan dan tenaga kerja yang akan memasang pagar tersebut.

kelebihan dan kekurangan material pagar

4. Teknis Pemasangan

Ini penting kalau Anda mengerjakannya sendiri. Ketika menggunakan jasa tukang, Anda perlu juga memahami hal teknis ini. Sebab, akan menjadi topik diskusi dengan tukang dan mempengaruhi biaya membuat pagar rumah.

Beberapa hal teknis yang perlu dipertimbangkan, misalnya jarak antara tiang, jenis pintu pagar dengan engsel yang dikombinasikan dengan sistem geser.

Selain itu, bisa saja perlu dipertimbangkan kesesuaian antara material dan cat yang digunakan, serta ketinggian ideal sesuai dengan desain yang Anda pilih sejak awal.

5. Garansi Pengerjaan

Jangan lupa tentang garansi pengerjaan pagar rumah Anda. Sebaiknya dibicarakan sejak awal sebelum proses dimulai.

Kalau kualitasnya tidak sesuai dan terjadi kerusakan cepat, biaya pagar rumah bisa meningkat. Hal ini pasti akan merepotkan, mengganggu fokus, dan tentu saja menguras biaya.

6. Lingkungan Sekitar

Sebenarnya, tak ada perbedaan antara tinggal di perumahan atau perkampungan. Namun, mungkin ada aturan yang menghalangi Anda menerapkan ide desain dengan biaya pagar rumah yang Anda tentukan.

Pikirkan hal ini dan komunikasikan dengan kontraktor untuk bisa mendapat solusi terbaik dari rencana awal yang disiapkan.

Kesimpulan

Penting untuk memiliki pagar yang cantik dan kuat, baik untuk rumah baru maupun untuk kebutuhan renovasi. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas rincian untuk biaya bikin pagar rumah, ya.

Kami telah memberikan panduan tentang cara menghitung biaya pembuatan pagar rumah di artikel ini. Meskipun ada variasi pada praktiknya, perhitungannya akan sesuai dengan kebutuhan umum.

Ingin melihat pagar rumah Anda lebih estetik tapi tidak ingin melakukannya sendiri?  Gunakan saja jasa renovasi rumah dengan reputasi yang baik.  Anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, ya!

Categories

Related Tags