13 Tips Menata Kamar Sempit agar Terasa Lebih Luas dan Nyaman
Juli 17, 2024

Siapa sih yang betah berlama-lama di kamar yang terasa sesak? Itulah kenapa Anda perlu menata kamar tidur sempit sederhana Anda jadi terlihat lebih luas.

Tenang, bukan berarti Anda harus melakukan renovasi kamar tidur keseluruhan, kok. Kami punya berbagai tips menata kamar tidur sempit. Anda tinggal memilih manakah yang paling pas untuk Anda jalankan.

Penasaran? Baca semua tipsnya, yuk!

13 Tips Menata Kamar Sempit dan Sederhana

Inilah cara menata kamar tidur sederhana sesuai kebutuhan, baik dengan renovasi rumah atau hanya mengatur ruangan:

1. Gunakan Cat Dinding Terang

  • Perlu Renovasi: Ya
  • Biaya: Murah

Salah satu cara efektif menata kamar tidur sempit adalah menggunakan warna terang pada tembok. Selamat jika Anda sudah melakukan hal itu.

Apabila sebaliknya, pertimbangkan untuk mengecat dinding kamar. Meskipun ada biaya untuk itu, tetapi relatif cukup murah, kok. Yang penting, sesuaikan dengan gaya interior kamar Anda, ya.

Pilih warna putih atau pastel. Warna seperti ini bisa memantulkan cahaya dan meminimalkan bayangan. Jadi akan membuat ruangan jadi lebih luas.

2. Buat Cat Pintu Senada Dinding

  • Perlu Renovasi: Ya
  • Biaya: Murah

Jika dinding kamar sudah menggunakan warna terang, pastikan pintu kamar berwarna senada, ya. Sebab, perbedaan warna bisa menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih kecil.

Oh ya, menata kamar tidur sempit sederhana seperti ini tidak harus dengan warna yang persis sama, kok. Yang penting, warnanya tidak terlalu kontras supaya terlihat jadi satu kesatuan.

3. Utamakan Desain Garis Vertikal

  • Perlu Renovasi: Ya
  • Biaya: Sedang

Jika kamar tidur Anda tidak ingin terlalu polos, Anda bisa menerapkan cara menata kamar tidur sederhana ini. Cobalah gunakan garis vertikal untuk membuat ruangan terlihat lebih tinggi.

Meskipun ada perbedaan pendapat, riset terbaru menunjukkan bahwa garis vertikal bisa menipu mata dan menganggap objek jadi lebih tinggi.

Media yang Anda gunakan untuk tips ini bisa wallpaper atau cat. Sesuaikan saja dengan gaya ruangan Anda asalkan tetap dengan warna yang terang, ya.

4. Buat Cahaya Alami Masuk

  • Perlu Renovasi: Ya
  • Biaya: Sedang

Apa lagi cara menata kamar tidur sempit sederhana? Pastikan kamar Anda mendapatkan cahaya alami. Coba singkirkan halangan apapun yang membuat cahaya matahari sulit menerobos jendela.

Langkah menata kamar tidur sempit ini bukan hanya membuat kamar lebih terang dan lapang, tapi juga hangat dan hemat.

Sayangnya, jika penempatan jendela belum optimal, Anda perlu mempertimbangkan opsi renovasi kamar. Meskipun biayanya masih terjangkau, tetap memerlukan perencanaan budget, bukan?

5. Gunakan Dua Tipe Tirai

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Sedang

Tirai jendela memang untuk menjaga privasi, tapi kalau terlalu tebal, cahaya jadi tidak bisa masuk. Alhasil, kamar tidur akan terasa sempit dan gelap.

Itulah sebabnya menata kamar tidur sempit sederhana bisa dengan menggunakan dua tirai: tipis dan tebal. Jika tidak ingin membuka jendela, tapi ingin cahaya tetap masuk, gorden tipis akan membantu.

Baca juga: 10 Cara Menghias Kamar Tidur Sempit

6. Manfaatkan Cermin

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Sedang

Anda pasti pernah melihat cermin besar dipasang di suatu kantor atau pusat perbelanjaan, bukan? Cermin tersebut ternyata digunakan untuk menciptakan efek seolah ruangan jadi lebih luas, lho.

Nah, Anda bisa menerapkan ide yang sama untuk menata kamar tidur sempit sederhana.

Idealnya, Anda perlu cermin besar untuk memantulkan gambaran seluruh area kamar. Tempatkan cermin di seberang jendela atau sumber cahaya untuk memaksimalkan efeknya.

menata kamar dengan memanfaatkan cermin

wp.me

Pun begitu, tidak perlu memaksakan diri untuk membeli cermin besar. Sebuah cermin kecil juga akan efektif jika penempatan yang tepat. Anda bebas bereksperimen tentang cara ini.

7. Pilih Tempat Tidur Kecil

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Sedang

Tips ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, banyak yang lupa bahwa menata kamar tidur sempit sederhana bisa dengan memilih ukuran tempat tidur yang lebih kecil.

Sebagai gambaran, ukuran Single 97x191cm, Double 137x191cm, dan King 193x203cm. Idealnya, jangan memenuhi kamar dengan tempat tidur terlalu besar.

Pilih ukuran sesuai kebutuhan dan utamakan bingkai minimalis. Kemudian, atur letak tempat tidur agar kamar terlihat lebih luas. Saran untuk menata kamar tidur sempit antara lain:

  • diletakkan di sudut kamar
  • didekatkan ke dinding
  • kaki tempat tidur menghadap pintu
  • berada dekat jendela

8. Seleksi Perabot untuk Dalam Kamar

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Tanpa Biaya

Kadang kamar terasa sesak karena banyak barang di dalamnya. Jadi, untuk menata kamar tidur sempit sederhana, pilihlah perabotan atau barang yang bisa dimasukkan ke dalam kamar.

Beberapa di antaranya adalah meja kerja, TV, dan tempat pakaian kotor. Jika memungkinkan, Anda bisa meletakkan barang-barang ini di luar kamar.

Jangan lupa, tas belanjaan atau barang lainnya juga harus mengikuti ketentuan ini. Dengan begitu, kamar tidur Anda bisa menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat di malam hari.

9. Pilih Furnitur Minimalis

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Sedang

Bagaimana menata kamar tidur sempit sederhana jika Anda ingin tetap ada furnitur di dalamnya? Cukup gunakan furnitur minimalis. Artinya furnitur yang ukurannya kecil atau memiliki profil rendah atau pendek.

Mengapa begitu? Sofa dan kursi dengan sandaran rendah akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Furnitur tadi tidak menghalangi pandangan Anda. Dengan begitu, kamar terlihat tidak berantakan.

Itu artinya tanpa repot menata kamar tidur sempit, ruangan Anda bisa terlihat lebih luas dengan sendirinya.

10. Utamakan Perabotan Multifungsi

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Mahal

Furnitur dengan profil rendah kurang cocok dengan desain kamar? Anda sah-sah saja menggunakan furnitur yang tinggi, kok. Asalkan, mendukung multifungsi, ya. Jadi, satu furnitur bisa untuk beberapa tujuan sehingga menghemat ruang.

Ini bisa jadi alternatif menata kamar tidur sempit sederhana. Bagaimana caranya?

Anda bisa pertimbangkan ottoman storage yang bisa jadi tempat duduk dan tempat penyimpanan. Atau Anda bisa menggunakan meja kerja dengan roda yang bisa untuk kerja dari atas tempat tidur.

perabotan multifungsi di kamar

desertcart.co.za

11. Gunakan Rak Tempat Tidur

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Mahal

Bagaimana cara menata kamar tidur yang banyak barang? Salah satu caranya dengan menggunakan rak tempat tidur. Ini akan membuat ruang di bawah tempat tidur menjadi lebih bermanfaat.

Katakanlah Anda ingin semua pakaian bersih ada di kamar. Namun, jika menggunakan lemari, kamar akan menjadi sempit. Nah, dengan rak tempat tidur, menata kamar tidur sempit jadi lebih mudah.

Sekarang, harga rak tempat tidur sudah terjangkau, kok. Bahkan, Anda juga bisa mengganti tempat tidur yang memiliki rak dan desainnya sesuai dengan kamar Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan, ya?

12. Pasang Rak Ambalan

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Sedang

Tidak semua barang bisa dimasukkan ke rak tempat tidur, bukan? Namun, bagaimana kalau barang Anda masih banyak?

menghias kamar tidur sempit dengan rak dinding

Cobalah memasang rak ambalan. Rak ini rapi tergantung di dinding dan membuat kamar terasa lebih luas karena ada banyak ruang terbuka di bawahnya. Namun, pastikan penempatan rak ambalan sesuai dengan alur keluar masuk kamar, ya?

Jangan lupa pilih warna terang yang sama dengan dinding dan pintu. Hindari juga meletakkan ornamen di rak tersebut.

Jika dilakukan dengan baik, ini bukan hanya jadi cara menata kamar tidur sederhana, tetapi juga memberikan sentuhan modern dan stylish pada kamarmu.

13. Rutin Rapikan Kamar

  • Perlu Renovasi: Tidak
  • Biaya: Tanpa Biaya

Kamar yang berantakan membuatnya terlihat sempit. Jadi, menata kamar tidur sempit bisa sesederhana membersihkan barang-barang tersebut.

Itulah kenapa memiliki rak tempat tidur akan sangat membantu. Sebab, Anda bisa dengan mudah mengembalikan semua barang tersebut pada tempatnya.

Terasa berat melakukannya? Ingat bahwa manfaatnya besar untuk kenyamanan Anda. Bahkan inilah  salah satu cara menata kamar tidur yang banyak barang yang dianggap paling efektif.

Siap Menata Kamar Tidur Sempit Anda?

Tak perlu khawatir dengan kamar tidur kecil yang Anda miliki. Ada banyak kok cara menata kamar tidur sempit sederhana yang akan membuatnya tampak lebih luas.

Anda bisa memilih beberapa dari tips di atas yang sesuai dengan kondisi di kamar Anda. Pun begitu beberapa tips yang cukup kami rekomendasikan adalah:

  • Gunakan cat dinding terang
  • Buat cahaya alami masuk ke kamar
  • Pilihlah tempat tidur kecil sesuai kebutuhan
  • Utamakan furnitur minimalis dan multifungsi
  • Rapikan kamar secara rutin

Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Jangan lupa, ada banyak topik seputar renovasi rumah di blog Renov8 yang kami ulas, mulai dari renovasi interior sampai eksterior. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Categories

Related Tags