10 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Lebih Aesthetic dan Luas
Juli 20, 2024

Ceritanya, Anda membuat kamar dengan konsep minimalis. Tapi, ternyata hasilnya justru terlihat membosankan. Bagaimana jika Anda menaruh beberapa dekorasi kamar tidur sempit?

Dengan begitu, konsep minimalisnya bisa dijaga, dan kamar bisa lebih estetik dan lega. Masalahnya, dekorasi kamar tidur sempit seperti apa yang bagus, ya?

Tenang, Anda tak perlu memikirkannya sendiri, kok.

Kami sudah merangkum beberapa ide dekorasi kamar tidur sempit aesthetic. Anda tinggal memilih yang pas sambil menunggu waktu renovasi kamar tidur yang lebih lengkap. Yuk, baca selengkapnya!

10 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit Sederhana untuk Dicoba

Inilah beberapa ide dekorasi kamar sempit agar terlihat lebih aesthetic:

1. Pasang Wallpaper Floral

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putri
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Estetika

Bagaimana jika pasang wallpaper motif bunga sebagai ide dekorasi kamar tidur sempit remaja sederhana? Kami yakin, motif tersebut akan membuat kamar remaja putri terlihat lebih cantik.

Namun, karena kamarnya kecil, motif floral kecil adalah yang paling cocok. Jadi, bisa memberikan nuansa feminin dan segar tanpa membuat ruangan terasa penuh.

Untuk warnanya, pilih warna-warna pastel atau cerah. Bisa juga disesuaikan dengan warna furniture yang sudah ada di kamar. Jadi, tidak membuatnya jadi terlalu kontras.

2. Tempatkan Pegboard di Sudut Kamar

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Fungsional

Anda ingin memiliki tempat untuk menyimpan barang tanpa menggunakan lemari? Sebuah Pegboard bisa jadi solusi.

Pegboard adalah papan berlubang yang memudahkan Anda menggantung dan menata barang-barang dengan rapi. Misalnya, headset, charger, gunting, alat makeup atau berbagai perkakas.

menempatkan pegboard sebagai dekorasi kamar sempit

Pinterest.com

Anda hanya perlu kait untuk menggantung berbagai jenis barang di sana. Jika perlu, tambahkan wadah khusus untuk membuatnya makin rapi.

Yang menarik, ada banyak pilihan pegboard sesuai desain kamar dengan harga terjangkau, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

3. Pasang Rak Dinding Minimalis

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Fungsional

Sebaliknya, bagaimana jika Anda ingin menggunakan lemari sebagai dekorasi? Kami sarankan untuk menggunakan rak dinding. Selain terlihat rapi, juga tidak memakan tempat.

Ide dekorasi kamar tidur sempit ini sedang jadi tren, kok. Pilihan modelnya banyak dan cocok untuk kamar tidur minimalis. Anda bisa menggunakan model terbuka, tertutup kaca, atau lainnya.

memasang rak dinding minimalis sebagai dekorasi kamar sempit

Antol.com

Meskipun rak dinding ini kuat, tidak disarankan untuk menyimpan barang berat seperti pada pegboard, ya. Jangan sampai niat dekorasi kamar tidur sempit membuat Anda harus renovasi rumah di luar jadwal.

4. Gunakan Meja Dinding Lipat

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Fungsional

Anda sering bekerja atau nugas di dalam kamar minimalis tersebut? Jika ya, usahakan gunakan furnitur multifungsi untuk dekorasi kamar tidur sempit agar terlihat luas.

Saat ini sudah banyak meja lipat multifungsi yang cocok untuk konsep kamar minimalis. Salah satunya adalah hanging desk, meja yang tergantung di dinding dan bisa dilipat saat tidak digunakan.

menggunakan meja dinding lipat

The Awesomer

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat ruang sekaligus menghias kamar agar jadi lebih menarik.

Meja bukan hanya untuk membantu pekerjaan, tetapi juga bisa dipakai sebagai tempat rias, tempat makan, dan lainnya. Tentunya sesuai dengan kebutuhan dan desain yang Anda gunakan, ya.

5. Pasang Karpet Kecil

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah
  • Alasan: Fungsional

Anda mencari tempat yang nyaman untuk bekerja tapi tidak ingin di meja kerja atau tempat tidur? Apalagi furnitur di kamar Anda dengan profil rendah sehingga adanya meja tinggi jadi kurang cocok?

Tenang, ada satu ide dekorasi kamar tidur sempit remaja sederhana yang cocok: memasang karpet kecil yang tebal. Nantinya, Anda bisa bekerja di atas karpet itu sambil bersandar pada tempat tidur.

memasang karpet kecil

homedepot.com

Dekorasi kamar tidur sempit aesthetic ini direkomendasikan terutama untuk Anda yang tinggal di kota dengan suhu dingin seperti Bandung. Jadi, bisa sekaligus menghangatkan badan.

Oh ya, ada banyak desain dan warna yang keren untuk karpet kamar, kok. Tak perlu bingung menentukan pola dan model yang cocok dengan tema kamar minimalis Anda.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan warna keramik yang tepat agar kamarnya bisa terlihat lebih luas.

6. Gunakan Bean Bag Motif

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Fungsional

Ingin tetap nyaman beraktivitas di lantai sambil menambahkan sentuhan dekorasi kamar tidur? Cobalah tambahkan bean bag yang keren sebagai pendamping karpet kamar Anda.

Bean bag dengan motif keren seakan sudah jadi ikon furniture kamar remaja masa kini. Jika selama ini Anda melihatnya di cafe, coba gunakan sebagai salah satu dekorasi kamar tidur Anda.

menggunakan bean bag bermotif

Pinterest

Kelebihan penggunaan bean bag adalah sesuai untuk semua usia, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain itu, bean bag memiliki beragam bentuk dan warna yang membuatnya sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan dekorasi kamar minimalis Anda.

7. Pasang Cermin Besar

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putri
  • Biaya: Sedang – Mahal
  • Alasan: Fungsional

Salah satu trik dekorasi kamar tidur sempit agar terlihat luas adalah menambahkan cermin.

Bukan hanya untuk tujuan berdandan, lho. Ini akan menciptakan ilusi ruangan terlihat lebih besar. Sebab ada pantulan cahaya dan kondisi kamar.

Sebaiknya memang menggunakan cermin besar. Terutama jika desain kamar Anda cukup elegan. Namun, cermin kecil sekalipun sudah cukup untuk menciptakan kesan luas yang diinginkan.

Bagaimana jika ingin dekorasi kamar tidur sempit estetis tanpa risiko pecahnya cermin?

memasang cermin besar untuk dekorasi kamar tidur sempit

Pinterest

Ada pilihan untuk menggunakan stiker cermin, terutama yang menggunakan model hexagonal. Anda jadi bisa berkreasi untuk membuat tampilan kamar Anda menjadi lebih unik, bukan?

8. Hias Dinding dengan Poster

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra/Putri
  • Biaya: Murah
  • Alasan: Aesthetic

Dinding kamar masih kosong dan terlihat terlalu minimalis? Tambahkan saja satu atau dua poster sebagai dekorasi kamar tidur sederhana. Ini cocok untuk kamar remaja putri maupun putra, lho.

Tentunya, Anda perlu memilih desain poster yang akan digunakan. Desain poster harus sesuai dengan kepribadian pemilik kamar dan desain rumah secara keseluruhan. Blog Renov8 sering membagikan berbagai ide tentang renovasi kamar dan hunian, kok.

Secara umum, jika kamar memiliki tema modern, gunakan poster dengan desain geometris atau abstrak. Jika konsepnya modern natural, lebih baik pasang foto pemandangan alam saja, ya.

9. Tambahkan Tanaman Hias

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putri
  • Biaya: Murah
  • Alasan: Aesthetic

Selain lukisan pemandangan, Anda juga menggunakan tanaman asli sebagai dekorasi kamar tidur sederhana. Ini bukan hanya akan membuat kamar Anda lebih estetik, tapi juga natural.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dicoba seperti lidah mertua dan Chlorophytum karena dikenal sebagai pembersih udara alami yang efektif. Bisa juga aloe vera atau lavender.

Anda bisa meletakkannya di atas meja kecil dengan pot berwarna cerah. Atau Anda juga bisa menggunakan pot dinding untuk jenis tanaman hias gantung.

Meskipun kecil, dekorasi ini akan membuat kamar terasa lebih segar. Namun, Anda harus memperhatikan perawatan tanaman agar tidak layu, ya.

10. Pasang Lampu RGB

  • Cocok untuk: Kamar Remaja Putra
  • Biaya: Murah – Sedang
  • Alasan: Aesthetic

Beberapa ide dekorasi kamar tidur di atas mungkin cocok untuk siang hari. Lalu, apa ide dekorasi yang simpel tapi keren untuk malam hari, ya? Apalagi pemilik kamar adalah remaja putra?

Ada banyak pilihan, tapi memasang lampu strip RGB di kamar adalah salah satu yang cukup kreatif. Bukan hanya akan terlihat unik, tapi juga murah karena harganya mulai dari kisaran puluhan ribu saja.

memasang lampu rgb di kamar

Pinterest

Mungkin tidak semua orang cocok dengan ide dekorasi kamar tidur sempit aesthetic ini. Tetapi bagi yang ingin suasana yang lebih dinamis dengan pilihan warna dan model yang bisa diatur, dekorasi ini bisa menjadi pilihan yang kekinian.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Lampu LED di Kamar Tidur

Dekorasi Kamar Tidur Manakah Pilihan Anda?

Anda belum siap untuk melakukan renovasi kamar tidur minimalis Anda? Tak masalah, kok. Ada beberapa ide dekorasi kamar tidur yang bisa Anda coba dulu. Harapannya, bisa membuat kamar lebih luas dan aesthetic.

Oh ya, setiap ide sebaiknya disesuaikan dengan penghuni kamar, ya? Ada ide yang cocok untuk remaja putri, dan ada yang cocok untuk remaja putra. Yang penting, Anda sudah tahu berbagai ide tersebut.

Tertarik menerapkan ide di atas segera? Boleh. Namun jika masih ragu, Anda bisa menghubungi ahlinya, seperti jasa renovasi rumah yang dapat memberikan masukan untuk rencana Anda tersebut.

Categories

Related Tags