10 Desain Kamar Mandi Bathtub yang Minimalis
Agustus 1, 2024

Siapa bilang desain kamar mandi bathtub cuma cocok untuk kamar mandi berukuran luas? Anda bisa menggunakannya untuk kamar mandi minimalis, kok!

Di artikel ini, kami menghadirkan berbagai rekomendasi kamar mandi dengan bathtub estetik yang cocok untuk hunian minimalis. Mulai dari yang modelnya standar hingga artsy, semuanya ada di sini.

Jadi Anda bisa menentukan pilihan desain yang paling sesuai untuk Anda, dan menggunakannya saat renovasi kamar mandi!

10 Desain Kamar Mandi Bathtub Sederhana dan Estetik

Menentukan desain kamar mandi tentu tidak boleh sembarangan, Anda perlu mempertimbangkannya dengan matang, baik saat membangun rumah baru atau saat sedang renovasi rumah.

Agar tidak salah pilih, yuk simak berbagai rekomendasi desain kamar mandi bathtub berikut: 

1. Bathtub dan Shower

desain kamar mandi dengan bathtub dan shower

Desain kamar mandi bathtub dan shower adalah model yang paling umum dijumpai. Anda dapat menemukannya di rumah biasa hingga hotel berbintang.

Opsi ini menarik, karena Anda jadi bisa mengkombinasikan shower dan bathtub saat mandi.

Pastikan Anda memilih desain yang simpel agar bathtub dan shower terlihat sinkron serta menjaga estetika kamar mandi. Contohnya, bathtub dapat dibuat berhadapan dengan area shower.  

Pilihlah bathtub berwarna putih, sedangkan area shower dapat didominasi dengan warna hitam pada aksen di pintu/dinding kaca. 

Kemudian, lengkapi dengan lantai berwarna putih dan dinding berwarna gelap (seperti abu-abu) untuk memperkuat kesan minimalis.

2. Bathtub Standar dengan Aksen Keramik 

desain bathtub standar dengan bahan keramik

Sama halnya dengan bathtub dan shower, bathtub dengan aksen keramik juga umum digunakan di Indonesia. Model ini sangat cocok untuk hunian minimalis.

Pastikan Anda menyesuaikan panjang bathtub dengan luas kamar mandi agar tidak terlihat timpang dan mengurangi kenyamanan saat mandi.

Selain itu, keramik kamar mandi tidak hanya terpasang di lantai, tetapi juga keseluruhan dinding dan bagian luar bathtub.

3. Bathtub Tertanam 

desain kamar mandi dengan bathtub tertanam

Desain kamar mandi dengan bathtub tidak harus selalu menggunakan model freestanding (bathtub yang berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan dinding). Opsi lain yang bisa Anda gunakan adalah model built-in atau tertanam.

Terlebih, model ini sangat cocok untuk kamar mandi minimalis karena lebih hemat ruang. 

Anda dapat mengintegrasikan bathtub dengan lantai/dinding, atau bahkan keduanya sekaligus seperti pada gambar di atas.

Sebagai pemanis, Anda pun bisa menambahkan aksen kayu pada bathtub dan memasang pintu kaca untuk memperkuat kesan modern. 

4. Bathtub dengan Nuansa Temaram

desain bathtub dengan nuansa temaram

Kalau Anda kurang menyukai kamar mandi yang terang benderang, maka pilihlah model ini. 

Anda bisa menempatkan lilin buatan pada lantai di dekat bathtub. Opsi lainnya adalah memasang lampu temaram pada dinding di dekat bathtub.

Selain pencahayaan yang redup, perkuat kesan teduh dengan warna-warna cool tone seperti abu-abu, hitam, atau biru tua pada lantai dan dinding. Dengan begitu, aktivitas berendam di bathtub semakin nyaman dan membuat Anda menjadi rileks.

Hanya saja, model ini akan lebih cocok diaplikasikan jika kamar mandi memiliki sumber pencahayaan alami. Contohnya seperti kamar mandi yang tersambung dengan ruang terbuka atau taman kecil. 

5. Bathtub dengan Pemandangan Alam

desain bathtub dengan pemandangan alam

Ingin suasana mandi yang berbeda? Pasanglah jendela besar agar Anda bisa berendam di bathtub sambil melihat pemandangan alam di luar rumah. Desain kamar mandi ini memberikan nuansa yang asri seperti di pedesaan.

Pastikan bathtub diletakkan pada posisi yang tepat, yakni bagian kepala menghadap ke jendela. Di samping itu, sesuaikan jarak yang tepat agar bathtub tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dengan jendela.  

Kalau Anda tertarik dengan desain kamar mandi bathtub seperti ini, kami dapat mewujudkannya untuk Anda. Kontak kami untuk informasi selengkapnya, customer service kami siap menjawab segala pertanyaan Anda.

banner jasa renovasi kamar mandi renov8

6. Bathtub Ala Jepang 

desain kamar mandi dengan bathtub ala jepang

Bosan dengan kamar mandi ala Indonesia? Gunakan saja bathtub ala Jepang. Bathtub minimalis dikombinasikan dengan aksen kayu pada lantai, dinding, atau dekorasi seperti bingkai cermin.

Anda dapat menggunakan bathtub berwarna putih agar cocok dengan aksen kayu yang berwarna coklat. Baik bathtub freestanding atau built-in, keduanya cocok dengan kamar mandi dengan desain seperti ini. 

7. Bathtub dengan Warna Gelap

desain kamar mandi dengan bathtub berwarna gelap

Ini adalah desain kamar mandi bathtub sederhana tetapi tetap bisa memberikan kesan yang elegan. Kesan ini ditimbulkan berkat penggunaan warna gelap seperti hitam atau abu-abu.

Anda dapat mengkombinasikan bathtub ini dengan lantai kayu. Bisa juga dengan lantai keramik berwarna cerah seperti putih atau krem. 

Kombinasi warna seperti ini akan memperkuat kesan bathtub sebagai “pusat” kamar mandi.

8. Bathtub Mungil di Loteng

desain kamar mandi dengan bathtub mungil di loteng

Anda dapat menempatkan kamar mandi minimalis di area loteng. Cukup gunakan bathtub berukuran mungil yang sesuai dengan luas loteng. 

Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan model bathtub built-in yang terintegrasi dengan dinding atau lantai.  

Ingat, cukup bathtub-nya saja yang berukuran mungil, sedangkan ukuran pintu tetap harus proporsional untuk memudahkan saat masuk dan keluar kamar mandi. 

9. Bathtub dengan Dekorasi Artistik

desain bathtub dengan dekorasi artistik

Desain kamar mandi bathtub dengan model artsy cocok untuk Anda yang berjiwa kreatif. Anda dapat mendekorasi kamar mandi dengan nuansa artistik. Contohnya dengan memasang beberapa lukisan dengan warna dan pola yang beragam.

Pastikan Anda memilih lukisan dengan objek yang Anda sukai. Kemudian, pasanglah lukisan-lukisan tersebut di area yang sama dengan bathtub agar perhatian dapat terfokus pada satu titik saja.

10. Bathtub Putih Minimalis

bathtub putih minimalis

Kalau Anda tidak ingin repot, gunakan saja desain kamar mandi bathtub minimalis berwarna putih seperti yang terlihat pada gambar. 

Lengkapi dengan dinding atau lantai berlapis marmer putih untuk memperkuat kesan yang mewah dan elegan.

Pilihlah bathtub freestanding dan tempatkan di sudut yang paling sesuai. Jangan lupa untuk menggunakan pencahayaan yang terang agar warna putih pada bathtub dan bagian lainnya dapat terlihat dengan jelas.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu berbagai desain kamar mandi bathtub yang minimalis dan estetik. Anda juga sudah melihat keunikan setiap desainnya serta aspek-aspek yang perlu diperhatikan pada setiap modelnya.

Jika Anda menginginkan aktivitas bilas dan berendam dilakukan di area terpisah, Anda tinggal memasang bathtub dan shower secara terpisah juga. Hanya saja kedua item ini harus tetap sinkron agar kamar mandi tetap estetik.

Anda juga bisa menggunakan bathtub yang tidak memakan banyak tempat. Contohnya seperti model built-in yang terintegrasi dengan lantai atau dinding. Model freestanding juga bisa digunakan asal ukurannya sesuai dengan luas kamar mandi.

Kami pun merekomendasikan suasana mandi yang berbeda melalui model bernuansa temaram, konsep ala Jepang, view pemandangan alam, dan dekorasi artistik.  

Dari sekian desain yang diulas di artikel ini, apakah Anda tertarik dengan salah satunya? Segera konsultasikan dengan kami dan wujudkan kamar mandi impian Anda! 

Categories

Related Tags