10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Pedesaan yang Alami dan Asri
Agustus 22, 2024

Desain kamar mandi pedesaan kini kian diminati oleh masyarakat. Sebab, nuansa alami bisa meningkatkan kenyamanan serta meningkatkan estetika kamar mandi.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa memanfaatkan jasa renovasi rumah terpercaya. Tapi, sebelum merenovasi kamar mandi tentu Anda perlu referensi desain terlebih dahulu. 

Di sini, ada banyak referensi kamar mandi bernuansa pedesaan yang cocok untuk Anda. Mulai dari penggunaan aksen taman hingga nuansa industrial, semuanya ada. Simak penjelasan lengkapnya, ya!  

10 Desain Kamar Mandi Pedesaan dengan Nuansa Alam

Berikut adalah berbagai inspirasi desain kamar mandi pedesaan yang bisa Anda wujudkan:

1. Kamar Mandi dengan Taman Vertikal

Kamar Mandi dengan Taman Vertikal

Implementasi taman vertikal adalah salah satu konsep yang kerap dikerjakan oleh penyedia jasa renovasi kamar mandi

Konsep ini cocok untuk kamar mandi yang luasnya terbatas karena “taman”-nya  diaplikasikan pada dinding kamar mandi.

Cukup pilih beberapa sisi saja, jangan semuanya. Agar lebih ramai, kombinasikan dua atau tiga jenis tanaman merambat. 

Pastikan kamar mandi terpapar cahaya alami juga agar tanamannya tidak mengering. Selain itu, jangan lupa menyirami tanaman secara rutin. Cukup satu kali sehari saja, sehingga taman vertikal akan tetap segar dan asri.

2. Kamar Mandi Pedesaan dengan Dinding Bambu

Kamar Mandi Pedesaan dengan Dinding Bambu

Anda ingin kamar mandi yang berbeda dari yang lain? Gunakanlah bambu sebagai dinding. 

Akan lebih baik lagi jika kamar mandinya bersisian dengan area terbuka, sehingga dinding bambunya bisa memberikan pencahayaan alami.

Selain dinding, tidak ada salahnya juga untuk mengaplikasikan bambu sebagai bahan pintu kamar mandi. Dengan begitu, nuansa alami akan terasa sejak sebelum masuk kamar mandi berkat aksen bambu yang kental.

Dengan penggunaan bambu, Anda pun tidak perlu menambahkan elemen lain seperti tanaman, kerikil, atau jalan setapak. Sebab, keberadaan bambu sudah menghidupkan nuansa alami dengan maksimal.

3. Kamar Mandi dengan Pencahayaan Alami

Kamar Mandi dengan Pencahayaan Alami

Desain kamar mandi nuansa alam tidak harus menggunakan elemen tanaman yang berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikan pencahayaan alami untuk memperoleh nuansa mandi di area outdoor.

Hanya saja, untuk kamar mandi di area perkotaan tentu tidak mungkin membuat atapnya semi terbuka seperti halnya di pedesaan. 

Sebagai alternatif, pasanglah kaca di atap kamar mandi. Tidak perlu seluruh area atap, cukup sebidang saja tapi mampu memberikan pencahayaan yang cukup.

Kalau kamar mandi bersebelahan dengan area terbuka, Anda bisa memasang jendela atau sekat kaca pada bidang yang bersisian dengan area terbuka. Jangan lupa tambahkan tirai untuk menjaga privasi.   

4. Kamar Mandi dengan Pancuran

Kamar Mandi dengan Pancuran

Pada dasarnya konsep ini adalah kamar mandi dengan pancuran atau shower. Tapi, yang membedakan adalah dinding yang menjadi area pemasangan pancuran.

Pasanglah dinding batu alam sebagai area instalasi pancuran. Agar lebih estetik, tambahkan panel kayu sebagai lantai. Alternatif lain adalah menambahkan jalan setapak agar nuansa tamannya semakin terasa.

Kalau Anda ingin memastikan biaya membangun rumah tetap minimalis, maka area instalasi pancuran dapat menggunakan bambu alih-alih batu alam. Dengan begitu, elemen batu hanya digunakan sebagai jalan setapak saja. 

5. Kamar Mandi dengan Kombinasi Batu Alam dan Kayu

Kamar Mandi dengan Kombinasi Batu Alam dan Kayu

Anda ingin kamar mandi alami tapi kurang suka tanaman? Tak perlu khawatir, cukup gunakan batu alam dan kayu untuk meningkatkan keindahan interior kamar mandi!

Ini adalah konsep desain kamar mandi pedesaan dengan sentuhan minimalis sekaligus modern.

Walaupun tidak ada tanaman, kombinasi kedua elemen tersebut sudah memberikan nuansa alam dengan sendirinya. 

Anda juga tidak perlu menambahkan dekorasi macam-macam karena batu alam dan kayu sudah menimbulkan suasana rileks.

6. Kamar Mandi dengan Dinding Batu Alam

Kamar Mandi dengan Dinding Batu Alam

Karena menggunakan batu alam, maka konsep ini tidak bisa disebut sebagai desain kamar mandi sederhana. Sebab, batu alam yang eksklusif biasanya cukup mahal.

Pasanglah batu alam pada dinding dan lantai. Anda bisa menggunakan dua jenis yang berbeda untuk meningkatkan estetika kamar mandi.

Kesan alami akan timbul dengan sendirinya berkat pola dan tekstur yang ada di permukaan batu alam. Selain itu, tekstur batu alam yang kasar menjadikannya cocok untuk lantai kamar mandi.

Baca juga: Rekomendasi Keramik Kamar Mandi yang Kasar

7. Kamar Mandi dengan Nuansa Hutan

Kamar Mandi dengan Nuansa Hutan

Kamar mandi nuansa hutan pada dasarnya mengkombinasikan taman vertikal dan elemen lainnya. 

Anda bisa menambahkan kerikil kecil di dekat area shower. Selain itu, gunakan batu alam untuk mengisi area dinding. 

Agar kesan hutan makin terasa, gunakan jenis-jenis tanaman yang berdaun lebar. Niscaya Anda akan merasakan sensasi mandi di hutan hujan tropis. 

8. Kamar Mandi dengan Nuansa Kontemporer

Kamar Mandi dengan Nuansa Kontemporer

Konsep ini sangat cocok diterapkan pada kamar mandi yang luas. Anda bisa menyisakan sebidang area untuk dibiarkan terbuka dan terkena sinar matahari. Pada sisi tersebut, tempatkan dedaunan favorit Anda.

Pasanglah batu alam pada lantai dan keramik pada dinding. Kemudian, kombinasikan warna abu-abu dan hitam untuk memperkuat kesan kontemporer.

Anda juga tidak perlu menambahkan dekorasi berlebih. Cukup instalasi bathtub, shower, wastafel, dan rak toiletries (peralatan mandi).

Desain seperti ini menarik bukan? Tenang saja, Anda bisa mewujudkannya bersama Renov8. Silakan kontak kami untuk konsultasi lebih lanjut.  

banner jasa renovasi kamar mandi renov8

9. Kamar Mandi dengan Nuansa Farmhouse

Kamar mandi di kampung bisa diterapkan untuk area perkotaan. Bagaimana caranya? Gunakanlah konsep ala farmhouse atau rumah pertanian.

Lapisi area lantai dengan papan-papan kayu. Selain itu, lakukan instalasi pintu geser kayu untuk memperkuat kesan farmhouse

Sebagai pelengkap, lapisi dinding dengan cat berwarna putih agar selaras dengan lantai dan pintu kayu.

Kalau Anda ingin menempatkan bathtub, maka gunakanlah bathtub berwarna putih agar senada dengan dinding. Selain bathtub, Anda juga menambahkan wastafel atau rak toiletries berwarna coklat kayu.  

Baca juga: 10 Desain Kamar Mandi Bathtub yang Estetik

10. Kamar Mandi dengan Nuansa Industrial

Kamar Mandi dengan Nuansa Industrial

Inilah kamar mandi bernuansa pedesaan dengan sentuhan modern. Gunakan keramik kamar mandi berbahan marmer dan kombinasikan dengan dinding semen.

Tambahkan juga taman kecil di dekat bathtub atau area shower. Lalu tempatkan dedaunan favorit dengan lantai bertabur kerikil putih.

Dekorasi kamar mandi tidak memerlukan terlalu banyak elemen, tetapi nuansa alaminya tetap terasa. Aktivitas mandi akan terasa menyenangkan dan kamar mandi pun semakin estetik serta kekinian. 

Kesimpulan

Ada berbagai desain kamar mandi pedesaan yang bisa Anda terapkan di rumah, baik saat renovasi maupun konstruksi baru. 

Berbagai elemen alam seperti tanaman, bebatuan, kayu, dan bambu dapat difungsikan untuk memunculkan kesan alami.

Tanaman dapat ditempatkan pada dinding atau sudut kamar mandi. Sedangkan bebatuan dan kayu bersifat fleksibel, bisa diaplikasikan sebagai lantai atau dinding. Khusus bambu, hanya dapat digunakan untuk dinding saja, bisa juga untuk pintu kamar mandi.

Desain mana pun yang Anda pilih, konsultasikan dengan Renov8 karena kami siap mewujudkan kamar mandi impian Anda!

Categories

Related Tags