11 Inspirasi Desain Lampu LED Kamar Tidur, Wajib Dicoba!
Juli 18, 2024

Memilih desain lampu LED kamar tidur yang menarik adalah opsi yang bagus untuk mempercantik kamar. Di samping itu, Anda juga akan semakin betah saat berada di dalam kamar.

Walaupun demikian, mungkin Anda masih bingung dengan model dan warna lampu hingga spot pemasangan yang ideal di kamar tidur. 

Nah, Anda tidak perlu bingung. Yuk cek berbagai ide desain lampu LED yang bisa Anda terapkan, baik saat menghias kamar tidur atau bahkan saat renovasi rumah!

11 Desain Lampu LED yang Menarik untuk Kamar Tidur

Ada berbagai referensi desain lampu LED kamar tidur yang bisa Anda coba. Selain tempat tidur, masih ada beberapa spot lainnya yang bisa Anda manfaatkan, loh

Berikut adalah informasi detailnya:

1. Area Plafon

desain lampu led di area plafon kamar tidur

Plafon atau langit-langit cocok untuk menjadi area pemasangan lampu LED. Sebab, hasilnya dapat menimbulkan kesan elegan sekaligus modern. 

Di samping itu, lampu dengan warna warm atau lembut seperti kuning dan soft white akan membuat Anda betah di dalam kamar tidur. 

Terlebih Anda tidak perlu bongkar pasang di sana-sini karena area pemasangannya berada di sisi atas kamar tidur. 

Baca juga: Model Plafon Kamar Tidur Terbaik

2. Dinding

desain lampu led di dinding kamar

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan area dinding untuk memasang lampu LED. Tidak perlu mengaplikasikannya di semua sisi, cukup di area belakang tempat tidur saja, ya!. 

Opsi ini sangat cocok kalau Anda ingin melakukan renovasi kamar tidur secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan lampu LED berupa ornamen/bentuk yang menarik, atau menggunakan quotes dan kata-kata favorit.

3. Lantai

desain lampu led di lantai

Opsi ini sangat cocok untuk dekorasi kamar tidur sempit. Tidak perlu install lampu secara permanen, cukup diletakkan saja di lantai.

Lagi-lagi pilihlah warna lembut seperti kuning atau soft white, bisa juga warna lain sesuai mood Anda.  

4. Sudut Kamar

desain lampu led di sudut kamar tidur

Desain lampu LED neon kamar tidur yang selanjutnya adalah sudut kamar. Menempatkan lampu LED di sudut kamar dapat mempertegas bentuk ruangan, khususnya saat lampu dimatikan. Adapun opsi ini adalah pilihan termudah yang perlu Anda coba.

Anda dapat menggunakan lampu multi warna seperti gambar di atas untuk sentuhan modern. Tetapi kalau Anda kurang nyaman, pilih saja lampu dengan satu warna sesuai preferensi.

5. Area Sekitar Tempat Tidur

desain lampu led di area sekitar tempat tidur

Menurut feng shui, tempat tidur adalah titik pusat kamar. Oleh karena itu, Anda dapat menempatkan lampu LED di sekitar tempat tidur, baik area atas, bawah, atau samping. 

Ingat, lampu LED-nya tidak menempel di tempat tidur sama sekali, tetapi hanya di dipasang di sekitarnya saja.

Desain lampu LED kamar tidur seperti ini akan mempertegas layout kamar dan tentunya meningkatkan estetika.

6. Kepala Tempat Tidur

desain lampu led di bagian kepala tempat tidur

Apabila tempat tidur Anda memiliki bagian kepala atau headboard, maka tidak ada salahnya untuk memasang lampu LED di sana. Gunakan lampu LED strip untuk memberikan kesan modern dan tentunya tidak memakan banyak tempat! 

Kalau Anda bosan dengan bentuk strip, gunakan saja lampu LED custom dengan bentuk dan warna favorit.

7. Bawah Tempat Tidur

desain lampu led di bawah tempat tidur

Selain kepala tempat tidur, bagian bawahnya juga dapat Anda manfaatkan untuk memasang lampu LED. Pasanglah lampu LED strip dengan warna lembut, contohnya kuning atau soft white

Opsi ini cocok apabila Anda tidak bisa tidur dengan kondisi gelap gulita. Anda tetap akan memperoleh seberkas cahaya tetapi tidak langsung mengenai mata saat terpejam. 

8. Lemari

desain lampu led di lemari kamar

Tidak hanya area kamar dan tempat tidur saja yang bisa dipasangi lampu, perabotan juga bisa. Desain lampu LED kamar tidur yang sangat sederhana adalah dengan memasang LED di lemari pakaian. 

Cara ini cocok untuk Anda yang ingin mengaplikasikan banyak lampu LED di dalam kamar demi estetika dan kesenangan pribadi. 

Di samping itu terangnya lampu juga dapat memudahkan Anda saat mencari pakaian atau aksesoris, khususnya saat sedang terburu-buru.

9. Meja Belajar/Kerja

desain lampu led di meja belajar

Anda dapat menghias kamar tidur dengan cara memasang lampu LED di meja belajar/kerja. 

Selain unsur estetika, Anda juga akan merasa lebih semangat pada saat beraktivitas di meja belajar/kerja.

Anda bisa menggunakan jenis table lamp dengan model atau desain favorit. Pilihlah warna yang paling sesuai dengan preferensi dan dekorasi kamar serta pastikan tidak menyilaukan untuk mata.

10. Cermin

desain lampu led di cermin kamar

Memasang lampu LED kamar di cermin dapat menimbulkan kesan menawan atau elegan. Adapun opsi ini umumnya diaplikasikan untuk cermin berukuran besar. Selain meningkatkan estetika, Anda akan memperoleh penerangan tambahan saat berhias di depan cermin.

Anda bisa menggunakan tipe bulb seperti gambar di atas atau bentuk strip. Pastikan memilih lampu LED dengan warna dan sinar yang tidak menyilaukan mata pada saat bercermin.

11. Tirai/Gorden

desain lampu led di tirai jendela kamar

Tirai/gorden juga dapat Anda manfaatkan sebagai spot pemasangan lampu LED. Gunakan LED tumblr yang menjuntai dengan warna lembut untuk meningkatkan estetika pada saat lampu utama dimatikan.

Umumnya warna lampu yang digunakan adalah kuning, tetapi Anda juga bisa menggunakan warna-warna lainnya sesuai selera Anda.

Baca juga: Tips Menata Kamar Sempit Agar Terasa Luas

Kesimpulan

Pemasangan desain lampu LED kamar tidur tidak selalu rumit dan memerlukan pembongkaran total. Seluruh cara yang diulas dalam artikel ini mudah diaplikasikan dan akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih menarik dan nyaman untuk ditempati.

Anda dapat memanfaatkan berbagai area di kamar tidur seperti dinding, plafon, sudut kamar, bahkan hingga lantai. Berbagai perabotan seperti lemari hingga cermin juga cocok untuk menjadi spot pemasangan lampu LED.

Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis lampu LED, mulai dari strip hingga custom sesuai preferensi. Pilihlah warna-warna lembut dan sekiranya tidak menyilaukan saat lampu utama dimatikan. 

Menarik, kan? Yuk temukan wawasan bermanfaat lainnya seputar perlengkapan dan renovasi rumah hanya di blog Renov8!

Categories

Related Tags