9 Model Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 yang Estetik
Agustus 8, 2024

Anda merasa plafon kamar Anda kurang menarik dan sempat terpikir untuk langsung renovasi rumah? Namun, Anda masih bingung desain plafon kamar tidur yang seperti apa yang cocok?

Jika kamar Anda desainnya minimalis, tentu Anda ingin membuatnya lebih luas dengan plafon yang tinggi, kan? Kalau begitu, memilih model plafon kamar tidur ukuran 3×3 yang pas akan menjadikannya lebih keren, lho.

Kali ini, kami akan membahas beberapa model plafon minimalis untuk kamar tidur yang kekinian agar Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Penasaran, kan?

9 Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 Terbaik

Berikut ini beberapa model plafon kamar tidur ukuran 3×3 yang bisa menginspirasi Anda:

1. Model Plafon PVC Polos

Salah satu desain plafon kamar tidur yang sering dipilih adalah plafon PVC dengan motif polos. Ini merupakan pilihan termudah karena Anda bisa menerapkan model ini pada berbagai desain kamar.

desain plafon kamar tidur polos

Freepik

Apakah ini bisa jadi model plafon kamar tidur ukuran 3×3? Tentu saja. Bahkan, ada banyak material yang bisa digunakan untuk model plafon pada ukuran kamar tersebut.

Pun begitu, salah satu pilihan yang recommended adalah PVC. Ini karena PVC itu kuat, punya banyak pilihan, dan mudah dipasang. Dengan model plafon PVC polos, kamar Anda bisa terlihat lebih rapi dan modern tapi hemat biaya.

Anda bisa menerapkan desain plafon PVC kamar tidur 3×3 sendiri karena desainnya tidak rumit. Namun, untuk hasil terbaik,  jasa renovasi rumah tentu bisa lebih diandalkan. Silakan kontak kami jika ingin mendiskusikannya dulu, ya.

banner jasa renovasi kamar tidur renov8

2. Model Plafon 3×3 Dengan Kayu Plank

Selain PVC, material apa lagi untuk model plafon kamar tidur yang kekinian? Kayu plank bisa jadi pilihannya. Model plafon kayu bisa menambah kesan hangat dan alami pada kamar tidur minimalis.

model plafon kamar tidur ukuran 3x3 dengan kayu plank

houzz

Kenapa bisa begitu? Serat alami kayu memberikan daya tarik visual pada langit-langit, membuatnya jadi pusat perhatian. Apalagi jika Anda memadukan kayu berwarna cerah yang kontras dengan dinding abu-abu atau hijau gelap.

Coba lihat contoh model plafon 3×3 di atas, kesan estetika-nya sangat menonjol, bukan?

Apakah Anda perlu mempertimbangkan plank kayu sebagai desain plafon untuk kamar tidur? Jika Anda ingin penggunaan kayu dapat memberikan kesan elegan dan menciptakan suasana yang ramah, maka jangan ragu mencobanya.

3. Desain Plafon Kamar Tidur Japandi Style

Anda ingin plafon minimalis untuk kamar tidur dengan kayu, tetapi tetap ingin menjaga kesan minimalis? Jika ya, tambahkan sedikit ornamen kayu dengan gaya Japandi.

model plafon minimalis kamar tidur japandi

bustle.com

Coba bandingkan desain plafon kamar tidur di atas dengan yang menggunakan plank. Anda akan melihat bahwa balok kayu yang disusun rapi terlihat kontras dengan plafon utama dan dinding putih.

Model plafon minimalis ini memberikan nuansa oriental yang hangat dan tetap terlihat modern. Penggunaan kayu membuat permukaan datar tidak membosankan dan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jarak kayu yang tepat. Model plafon kamar tidur ini bisa membuat ruangan terlihat ramai, terutama jika baloknya gelap atau berukuran besar. Selain itu, membersihkannya bisa lebih sulit.

4. Model Plafon 3×3 Cekung

Berikutnya, model plafon kamar tidur ukuran 3×3 yang bisa Anda coba adalah model cove.

model plafon kamar tidur ukuran 3x3 cove

archkit.com

Sesuai namanya, desain plafon kamar tidur ini memiliki cekungan kecil yang memberikan kesan modern. Permukaan melengkungnya terlihat menyatu dengan dinding sehingga membuat kamar minimalis tampak lebih elegan.

Kelebihan desain cove sebagai model plafon kamar tidur ukuran 3×3 adalah pilihan detailnya. Plafon ini bisa dibuat sederhana atau rumit, sesuai gaya yang Anda inginkan.

Oh ya, desain cove tidak hanya untuk plafon minimalis kamar tidur, tetapi juga sering digunakan dalam berbagai arsitektur ruangan atau bangunan lain, lho.

5. Model Plafon Minimalis Kamar Tidur Berwarna Hijau

Desain rumah minimalis umumnya mengutamakan satu warna senada. Namun, Anda bisa coba warna kontras pada plafon untuk membuat kamar minimalis Anda lebih menarik, lho.

desain plafon kamar tidur dengan cat hijau

Spruce.com

Model plafon kamar tidur dengan warna cat hijau di atas terlihat memberikan karakter tersendiri, bukan? Ini juga bisa untuk menghilangkan kebosanan apabila rumah Anda desainnya terlalu minimalis.

Apalagi jika Anda jeli memadukan berbagai warna di kamar. Misalnya, gunakan sprei biru yang cocok dengan dekorasi dinding, tirai krem yang lembut, dan perabotan kayu untuk kesan hangat.

Dengan padu padan yang tepat dan model plafon minimalis kamar tidur yang pas, kamar tidur Anda bisa terlihat lebih estetik.

6. Model Plafon Kamar Tidur Ukuran 3×3 Dengan LED

Selain mengecat, Anda bisa menambahkan dekorasi pada plafon untuk membuatnya lebih menarik. Salah satunya, dengan menambahkan lampu LED.

Nah, khusus untuk kamar tidur anak laki-laki., Anda bisa menggunakan LED strip RGB yang membuat kamar terlihat dinamis dan modern dengan nuansa gaming yang kental.

model plafon minimalis kamar tidur dengan led

igorsirotov.com

Penggunaan LED strip seperti contoh di atas terbukti cocok untuk desain plafon kamar tidur minimalis. Coba perhatikan lampu di tepi yang bikin cahaya lembut dan suasana jadi elegan.

Kuncinya, buatlah model plafon 3×3 standar agar terlihat tetap bersih dan rapi. Baru modifikasi dengan LED yang membuat suasana lebih hidup saat senja atau malam hari.

7. Model Plafon 3×3 Tembus Langit

Kami merekomendasikan skylight sebagai pilihan plafon kamar tidur modern. Lalu, apakah kami masih merekomendasikannya untuk model plafon kamar tidur ukuran 3×3?

Tentu saja. Ini terutama cocok untuk Anda yang memiliki rumah minimalis dua lantai atau 1,5 lantai dengan konsep mezzanine. Pendekatan ini memberi kesan lebih luas dengan plafon yang tembus ke langit.

model plafon 3x3 dengan konsep skylight

TheSpruce

Desain plafon kamar tidur skylight bisa dibuat standar dengan cahaya dari atas atau samping mengikuti bentuk bangunan. Model plafon 3×3 seperti ini juga bisa menambah tinggi ruangan, lho.

Ingin memberikan kesan lebih luas lagi? Pastikan finishing putih yang senada dengan dinding dan bersih dengan dekorasi minimal agar kamar tidur Anda terasa lebih lega.

8. Desain Plafon Kamar Tidur Timbul

Berikutnya, desain plafon kamar tidur yang bisa Anda coba adalah model plafon timbul. Konsepnya, menambahkan aksen pada sebuah plafon polos.

model plafon kamar tidur ukuran 3x3 dengan tekstur

ipinimg.com

Salah satu inspirasi model plafon kamar tidur ukuran 3×3 adalah contoh di atas. Desain yang rumit dan bertekstur bisa menambah kesan mewah dan elegan, bukan?

Jika diperhatikan, pola timbul tersebut menggunakan motif Moor. Namun, ada banyak pendekatan pola lain yang bisa disesuaikan dengan gaya desain favorit Anda.

Yang paling menarik dari model plafon 3×3 ini adalah pilihan material yang beragam. Pendekatan standar biasanya menggunakan plafon gypsum atau plester yang mudah dibentuk menjadi berbagai pola.

Anda bisa menggunakan material fiberglass yang terlihat sama tetapi lebih murah. Jika ingin yang mudah dipasang, stiker dinding dengan pola timbul bisa jadi pilihan, meskipun daya tahannya tidak sekuat material lain.

Baca juga: Plafon GRC vs Gypsum, Mana yang Lebih Baik?

9. Desain Plafon Kamar Tidur Pop

Jika semua bagian rumah sudah dibuat minimalis, Anda bisa membuat kamar menjadi unik. Caranya, dengan memasang model plafon kamar tidur ukuran 3×3 false POP yang menarik.

Desain plafon 3×3 ini merupakan sebuah plafon gantung. Nah, karena nantinya akan ada dua lapisan plafon, salah satunya bisa Anda buat lebih keren seperti ini:

desain plafon kamar tidur false pop geometris

kreatecube

Plafon di atas terlihat modern dan sederhana, bukan? Dengan bentuk-bentuk geometris dan permainan pencahayaan yang pas, kesannya jadi lebih estetik.

Oh ya, untuk desain plafon kamar tidur ini, Anda bisa menggunakan gypsum atau POP (Plaster of Paris). Untuk bentuk geometris, Anda bisa menambahkan bahan kayu dan memberi lampu LED tersembunyi.

Beda dengan penggunaan wallpaper, Anda tentu tidak bisa memasang plafon seperti ini sendiri. Jadi, Anda perlu jasa renovasi kamar tidur profesional untuk memastikan hasil terbaik.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan desain plafon kamar tidur di atas, Anda sudah siap untuk membuat kamar tidur jadi lebih menarik?

Bukan hanya membuat kamar lebih nyaman, Anda juga bisa memilih model plafon kamar tidur ukuran 3×3 yang sesuai kebutuhan. Jika ingin suasana yang lebih hangat, bisa gunakan model kayu. Jika ingin terlihat lebih trendy, model plafon minimalis kamar tidur dengan lampu LED juga keren.

Demikian informasi di artikel ini. Namun, jangan khawatir karena blog Renov8 akan terus memberikan update seputar gaya renovasi kamar dan berbagai informasi seputar rumah. Sampai jumpa lagi!

Categories

Related Tags