13 Tips Desain untuk Renovasi Rumah Minimalis dan Kekinian
Juli 27, 2024

Sudah nyaman tinggal di rumah sederhana? Tapi, jika sudah mulai ada retak di sana-sini, artinya sudah saatnya untuk menentukan desain renovasi rumah minimalis Anda yang baru. Sehingga, rumah Anda akan tetap aman dan nyaman ditinggali.

Atau mungkin Anda ingin merenovasi rumah karena bosan dengan tampilan atau penataannya? Jika begitu, artinya Anda perlu ide desain rumah yang menarik.

Tenang, di sini kami telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat rehab rumah minimalis. Tanpa perlu berlama-lama, simak informasi lengkapnya, yuk.

13 Tips Desain untuk Renovasi Rumah Sederhana

Inilah beberapa tips desain yang penting diketahui sebelum Anda memulai renovasi rumah minimalis:

1. Rencanakan Proses Pengerjaannya

Sebelum memulai proses renovasi, tentukan dulu siapa yang akan mengerjakannya. Hal ini pun terkait dengan anggaran, jenis renovasi, serta lama pengerjaan renovasi rumah sederhana tersebut.

Jika Anda sibuk, lebih baik mempercayakannya pada jasa renovasi rumah profesional, karena hasilnya akan lebih terjamin dan prosesnya lebih efisien.

Belum lagi jika Anda tidak punya keahlian teknis, ini akan membuat pilihan desain renovasi rumah jadi terbatas, lho.

2. Cat Ulang Dinding

Ingin renovasi rumah minimalis tanpa perlu perubahan pada konstruksi? Jika ya, cukup cat ulang dinding rumah yang sudah kusam atau terkelupas.

Cat baru akan membuat rumah terasa segar. Misal, Anda bisa mengutamakan warna cat putih, abu-abu atau warna netral lain.

Oh ya, selain mempercantik ruangan, mengecat ulang dinding juga bisa membantu Anda menutupi kerusakan kecil. Contohnya, warna yang pudar, ada noda atau retak di dinding.

Meskipun kelihatannya sederhana, tapi ini adalah salah satu perbaikan dengan biaya renovasi rumah yang paling terjangkau dan direkomendasikan.

banner jasa renovasi rumah renov8

3. Atur Ulang Pencahayaan Rumah

Renovasi rumah dengan cat warna terang akan membuat rumah terasa lapang. “Tapi kok kamar saya masih terasa sempit, ya?”

Penyebabnya, bisa karena pencahayaan rumah kurang baik. Untuk mengatasinya, pastikan tidak ada yang menghalangi cahaya masuk melalui jendela. Atau, ganti lampu dengan jenis yang lebih terang seperti LED.

Ingin solusi yang lebih kreatif dan modern? Coba gunakan model plafon skylight di mana cahaya akan masuk dari atap ruangan. Ini bisa diterapkan pada kamar tidur, ruang keluarga atau dapur.

renovasi rumah minimalis dengan membuat skylights untuk pencahayaan

shireskylights.com.au

4. Kurangi Skema Warna Kontras

Desain renovasi rumah minimalis yang menarik ga cukup hanya dengan cat ulang dinding dan mengatur pencahayaan. Anda perlu juga memperhatikan kontras warna di dalam rumah.

Kenapa demikian? Skema warna senada akan mengurangi kontras visual sehingga tidak menciptakan bayangan yang mempersempit ruangan.

Selain itu, warna yang kontras kurang cocok untuk desain rumah minimalis.

Kalupun Anda harus memakai warna yang kontras, pastikan warna utamanya lebih dominan, ya. Perhatikan juga paduan warnanya. Misalnya, Anda bisa gunakan warna pastel lembut selain warna putih.

5. Pertimbangkan Model Open Space

Tips desain untuk renovasi rumah minimalis ini mungkin membuat Anda harus merombak struktur bangunan. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang terlebih dulu.

Jika rumah Anda punya banyak dinding, tak heran jika rumahnya terasa sempit. Itulah kenapa, untuk rumah minimalis, menerapkan konsep terbuka atau open wall bisa jadi pilihan tepat.

renovasi rumah sederhana dengan konsep open space

MyDecoratives

Ada beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan konsep terbuka saat renovasi rumah sederhana. Salah satunya, tanpa dinding penghalang, cahaya alami bisa bebas masuk di seluruh ruangan. Misalnya cahaya dari taman belakang menerobos ke dapur bersih hingga ruang tamu.

Ini sesuai dengan tips ketiga di atas, bukan? Bahkan, akan lebih baik jika mengganti jendela dengan ukuran besar atau menerapkan pintu geser penuh dari kaca atau fiber glass.

6. Ganti Keramik Lantai dengan Warna Terang

Keterbatasan pilihan lantai keramik mungkin membuat konsep minimalis rumah Anda kurang optimal.

Untuk renovasi rumah minimalis, selain mengecat ulang dinding dengan warna terang, Anda juga bisa mengganti keramik lantai. Tapi ini tidak harus dilakukan bersamaan, ya. Bisa saja dilakukan bergantian kecuali jika lantai juga sudah mulai banyak yang retak.

Anda bisa memilih desain keramiknya terlebih dahulu. Jika tidak bisa mendapatkan yang benar-benar  polos, setidaknya pilihlah keramik dengan sedikit pola.

Lantai yang lebih terang akan memantulkan cahaya dengan baik. Ini membuat ruangan terlihat lebih luas dan terbuka.

7. Gunakan Pendekatan Wall Mounting

Masih suka meletakkan dekorasi rumah di atas meja atau lemari? Meskipun membuat rumah terlihat lebih  estetik, penambahan furnitur akan membuat rumah minimalis terasa sempit.

Nah, wall mounting bisa jadi pilihan yang tepat untuk renovasi rumah minimalis Anda. Ini bisa diterapkan untuk TV atau dekorasi dinding seperti contoh di bawah ini:

rehab rumah minimalis dengan dekorasi sistem wall mounting

Pinterest

Oh ya, renovasi rumah sederhana ini juga recommended karena Anda bisa melakukannya tanpa perlu merombak bangunan. Kenapa bisa demikian?

Menggunakan perabotan tanpa kaki akan memudahkan membersihkan area di bawahnya dan mencegah barang menumpuk di sana. Ini akan membuat rumah terasa lebih luas dan rapi.

8. Sediakan Built-in Storage

Pastikan setiap sudut di rumah minimalis Anda dimanfaatkan dengan baik, ya. Misal, Anda bisa membuat  penyimpanan terintegrasi berupa lemari atau rak di area yang belum terpakai.

Ini merupakan langkah renovasi interior rumah yang membutuhkan anggaran khusus. Alasannya, furnitur penyimpanan harus cocok dengan desain rumah. Selain itu, furniturnya harus terbuat dari bahan berkualitas agar berfungsi dengan optimal.

contoh pemanfaatan builtin storage di tempat tidur

Wallmart

Harganya bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Itu tergantung bahan dan modelnya. Jika ingin model custom, harganya bisa lebih tinggi. Tapi, itu bisa jadi investasi jangka panjang untuk rumah Anda.

9. Gunakan Furnitur Multifungsi

Bagaimana jika Anda butuh perabotan seperti meja kerja atau sofa untuk menonton TV tapi justru malah menghalangi mobilitas keluarga?

Solusinya gampang, Anda hanya perlu menggunakan furnitur yang multifungsi.

Anda mungkin tidak perlu renovasi jika furniturnya bisa langsung diletakan. Contohnya seperti storage ottoman atau kursi lipat biasa.

desain renovasi rumah dengan foldable mounting desk

Amazon.com

Tapi jika furnitur itu berupa meja lipat dinding atau meja kopi di dapur, tentu Anda tetap perlu renovasi, kan? Tujuannya agar furniturnya tetap bisa selaras dengan desain rumah minimalis Anda.

10. Pertimbakan Peralatan Wireless

Tujuan utama dari rumah minimalis adalah membuat rumah terlihat rapi dan bersih meskipun ruangannya kecil. Jadi, semuahal yang membuatnya tampak berantakan harus dihilangkan.

renovasi rumah minimalis dengan pendekatan smart home

BestBuy

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan peralatan wireless.

Hanya saja, tips renovasi rumah sederhana yang satu ini bisa sedikit lebih mahal karena peralatan canggih yang digunakan.

Contohnya, Anda bisa mengutamakan laptop daripada komputer PC. Atau, bisa juga gunakan konsep smart home dengan wireless hub. Jadi, nanti Anda bisa mengontrol Smart Lights langsung dari ponsel.

11. Gunakan Shower Sebagai Pengganti Bak Mandi

Anda masih menggunakan bak mandi atau bathtub di kamar mandi? Mungkin saatnya mempertimbangkan untuk menggunakan shower. Apalagi jika bak mandi sudah kusam

Alasannya sederhana, bak mandi membutuhkan tempat sehingga kamar mandi jadi terlihat sesak. Jika harus memperluas kamar mandi, maka akan mengorbankan luas ruangan lain. Itulah kenapa standing shower bisa jadi solusinya.

renovasi rumah sederhana dengan standing shower

Pinterest

Untuk memasang standing shower, Anda perlu melakukan renovasi rumah minimalis. Meskipun tanpa bongkar konstruksi, Anda perlu tempat untuk tangki air di atas rumah. Karena tanpa itu, air untuk shower berpotensi kurang lancar.

12. Gunakan Pagar Perforated

Selain bagian dalam rumah, Anda juga harus memikirkan renovasi exterior rumah. Jadi, rumah minimalis Anda bisa terasa lebih luas secara keseluruhan.

Ada banyak tips tips yang bisa Anda terapkan. Namun salah satu yang cukup direkomendasikan adalah mencoba mengganti pagar dengan jenis perforated.

desain renovasi rumah di bagian pagar dengan jenis perforated

indiamart

Mengapa begitu? Pagar perforated memungkinkan cahaya masuk ke rumah dari depan. Ini membuat rumah terlihat lebih terang dan luas daripada menggunakan pagar kayu solid.

Selain itu, pagar perforated juga membuat Anda bisa melihat ke luar rumah, sehingga pandangan tidak terganggu dan membuat rumah terasa lebih luas.

Baca juga: 11 Jenis Pagar Besi Terbaik untuk Rumah Anda

13. Jadikan Carport Menjadi Ruang Tamu

Ini adalah salah satu tips yang sering digunakan oleh pemilik rumah minimalis, terutama untuk rumah tipe 36 hingga 72.

renovasi rumah minimalis dengan carport untuk ruang tamu

stratco.co.au

Jika tidak digunakan untuk taman atau kolam, sebaiknya ubah sebagian carport menjadi ruangan dengan konsep semi terbuka. Ruangan itu bisa jadi ruang tamu, ruang kerja outdoor seperti kafe, atau ruang laundry.

Pemanfaatannya bisa sesuai kebutuhan Anda saat renovasi rumah minimalis. Yang penting, sesuaikan dengan anggaran dan konsep desain minimalis yang Anda inginkan

Siap Renovasi Rumah Sederhana Anda?

Kami sudah memberikan 13 tips desain untuk renovasi rumah minimalis yang estetik. Semoga tips tersebut membantu Anda mewujudkan rencana renovasi rumah sederhana sesuai keinginan, ya!

Saran kami, mulailah dengan renovasi yang tidak merubah bangunan awal rumah. Alasannya, selain lebih murah, perubahan bangunan biasanya memakan waktu lebih lama. Jadi, jika rumah sedang ditempati, pertimbangkan kenyamanan Anda bekerja atau beristirahat.

Untuk mengecat ulang dinding, mungkin Anda bisa melakukannya sendiri. Tapi untuk jenis desain renovasi rumah yang rumit seperti perubahan rumah menjadi open space, sebaiknya menggunakan bantuan ahli.

Demikian informasi di artikel kami kali ini, semoga bermanfaat dan selamat merenovasi rumah Anda!

Categories

Related Tags