6 Jenis Exhaust Fan untuk Ruangan di Rumah
Juli 25, 2024

Jenis exhaust fan yang tepat sangat penting bagi rumah Anda. Sebab, exhaust fan berkualitas bisa membuang bau tak sedap, asap, bahkan hingga udara panas.

Untuk itu, artikel ini akan membantu Anda mengenali jenis-jenis exhaust fan. Karakteristik hingga harganya pun akan dikupas tuntas dalam artikel ini. 

Dengan begitu, Anda bisa langsung memasang exhaust fan atau merencanakan pemasangannya saat renovasi rumah nanti. 

Jenis Exhaust Fan serta Ukuran dan Harganya

Setiap jenis exhaust fan punya karakteristik yang berbeda. Manakah yang paling tepat untuk Anda? Simak penjelasan berikut:

1. Exhaust Fan Plafon

exhaust fan plafon

Instalasi exhaust fan plafon biasanya disambungkan ke saluran pembuangan udara bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR)

Saluran ini bisa Anda tempatkan di loteng/pipa untuk membuang udara ke luar rumah.

Jenis exhaust fan ini terdiri dari beberapa ukuran. Masing-masing ukuran kipasnya punya kisaran harga yang berbeda:

  • 8 inci: mulai dari Rp 150.000,00
  • 10 inci: mulai dari Rp 225.000,00
  • 12 inci: mulai dari Rp 350.000,00

Satu hal yang perlu diingat, Anda perlu menyesuaikan dengan luas ruangan agar proses sirkulasinya  dapat berjalan dengan optimal.  

2. Exhaust Fan Jendela

exhaust fan jendela

Sesuai namanya, exhaust fan jendela dipasang di dekat jendela rumah. Anda dapat menempatkannya di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur untuk menjaga kesegaran udara. 

Ukuran jendela yang tepat untuk dipasangkan jenis exhaust fan ini adalah jendela kaca dengan ketebalan 3-5 mm. 

Saat pemasangan, pastikan exhaust fan menghadap area terbuka agar udara kotor dari dalam ruangan bisa langsung terbuang keluar.

Namun jika ruangan tidak berhadapan dengan area terbuka, Anda perlu memasangnya secara berhadapan dengan ruangan lain yang lebih besar.

Adapun kisaran harganya bervariasi, mulai dari Rp 300.000,00 hingga Rp 400.000,00.

3. Exhaust Fan Dinding

exhaust fan dinding

Exhaust fan dinding adalah model yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukannya mulai dari rumah tangga hingga restoran.

Model ini cocok untuk ditempatkan pada ruang makan atau dapur, sehingga exhaust fan langsung berhadapan dengan area terbuka. 

Selain udara yang bersih, keberadaan exhaust fan dinding dapat membuat tampilan ruangan terlihat jadi lebih modern.

Dari segi instalasi, Anda tidak harus selalu memasangnya di dalam ruangan. Model ini juga dapat dipasang di dinding luar kalau Anda tidak ingin terganggu dengan suara bisingnya.

Bagaimana dengan ukuran exhaust fan ini dan harganya? Berikut detailnya:

  • 8 inci: mulai dari Rp 150.000,00
  • 10 inci: mulai dari Rp 225.000,00
  • 12 inci: mulai dari Rp 350.000,00

4. Inline Exhaust Fan

inline exhaust fan

Inline exhaust fan punya beberapa komponen yang terdiri dari saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. 

Seluruh komponen tersebut bekerjasama untuk menghisap udara kotor dan uap air dari ruangan yang tidak berhadapan dengan area outdoor.

Model ini sangat cocok dipasang saat Anda melakukan renovasi kamar mandi atau ruangan lain yang tidak bersinggungan dengan ruang terbuka. 

Adapun inline exhaust fan dibanderol dengan kisaran harga Rp 250.000,00 hingga Rp 650.000,00.

Baca juga: 10 Rekomendasi Exhaust Fan Kamar Mandi Terbaik

5. Exhaust Fan Dapur

exhaust fan dapur

Jenis exhaust fan yang ini tentu sudah tidak asing bagi Anda. Umumnya model ini dapat dipasang di atas kompor, dinding, atau plafon dengan ukuran kipas yang besar. 

Ukuran kipas yang besar berfungsi untuk mengoptimalkan penyedotan asap masakan dan mengurangi kelembapan udara di dapur. 

Oleh karena itu, tak heran jika harganya cukup tinggi dibandingkan model lainnya. 

Kisaran harga standar mulai dari Rp 1.100.000,00 hingga Rp 2.800.000,00. Bahkan ada juga harga yang lebih fantastis, yakni mulai dari Rp 5.000.000,00 hingga Rp 9.000.000,00. Perbedaan harga ini bergantung pada ukuran kipas, performa, dan juga merknya.

6. Exhaust Fan dengan Lampu

exhaust fan dengan lampu

Exhaust fan ini memiliki fungsi yang sama dengan model lainnya, hanya saja yang membedakan adalah tampilannya. 

Jadi, kipasnya menempel pada lampu yang dipasangkan di plafon atau dinding.

Berkat tampilannya yang unik, instalasi model ini sangat cocok dilakukan saat Anda melakukan renovasi interior, baik di rumah atau kantor. 

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 120.000,00 hingga Rp 370.000,00, tergantung ukuran kipas dan daya lampu (watt).

Cara Memilih Exhaust Fan yang Tepat

Bagaimana cara menentukan jenis exhaust fan yang tepat agar fungsinya optimal? Berikut penjelasannya:

1. Sesuaikan dengan Ruangan

Instalasi exhaust fan harus menyesuaikan dengan jenis ruangannya. Contohnya, jika Anda butuh exhaust fan untuk ruangan besar, maka Anda bisa menggunakan model yang dipasang di dinding atau plafon.

Hal ini perlu dilakukan agar exhaust fan dapat berfungsi dengan optimal dan memastikan udara dalam ruangan tetap bersih. 

2. Periksa Besaran Volume Udara dari Exhaust Fan

Setelah menyesuaikan dengan luas ruangan, selanjutnya perhatikan satuan CMH (Cubic Meter per Hour) agar Anda mengetahui seberapa banyak udara yang dapat ditarik oleh exhaust fan.

Kalau Anda ingin sirkulasi udara berjalan dengan cepat, maka pilihlah exhaust fan dengan CMH tinggi, tapi pastikan tidak membuat biaya renovasi membengkak.

3. Pastikan Konsumsi Listrik yang Diperlukan

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah konsumsi listrik. Exhaust fan perlu dinyalakan dalam waktu yang lama untuk memastikan udara dalam ruangan tetap segar.

Kalau Anda ingin memasang exhaust fan di beberapa ruangan sekaligus, pastikan Anda memiliki cukup biaya untuk membayar listriknya. 

Di samping itu, Anda juga dapat menyalakan exhaust fan secara bergantian sesuai kebutuhan. 

4. Pilih Exhaust Fan yang Tidak Bising

Siapa sih yang tahan dengan suara bising? Oleh karena itu, pilihlah exhaust fan dengan dB (desibel) yang kecil. Dengan demikian, udara dalam ruangan tetap bersih dan kenyamanan Anda tetap terjaga tanpa suara bising.

Kalaupun Anda memerlukan exhaust fan dengan desibel yang besar, maka Anda dapat menempatkannya di dapur atau kamar mandi yang penggunaannya hanya pada momen-momen tertentu.

Kesimpulan

Setiap jenis exhaust fan yang diulas dalam artikel ini punya fungsi dan karakteristik yang berbeda. Mulai dari ukuran kipas hingga lokasi pemasangan, semuanya bervariasi. Anda dapat memasangnya di plafon, dinding, hingga di atas kompor.

Ukuran kipasnya pun bermacam-macam mulai dari 8 inci hingga 10 inci. Begitu juga harganya, mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah. Adapun perbedaan ini tergantung merk dan spesifikasi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum instalasi. Mulai dari luas ruangan hingga daya listrik yang diperlukan, jangan sampai terlewat, ya!

Jangan lewatkan juga berbagai artikel menarik di blog Renov8 agar Anda terus memperoleh informasi seputar renovasi rumah dan tips-tips yang terkait. Selamat membaca artikel berikutnya!

Categories

Related Tags