13 Model Plafon Minimalis untuk Rumah Sederhana
September 5, 2024

Plafon rumah bukan cuma pelengkap, tapi juga harus tetap fungsional dan mendukung estetika. Kalau rumah Anda bergaya simpel, model plafon minimalis yang bagus seperti apa, ya?

Anda memang sudah melihat beberapa inspirasi model plafon kamar tidur Tapi, pasti Anda juga ingin mencari model plafon sederhana untuk ruangan lainnya, kan?

Tenang, ada banyak pilihan model plafon rumah terbaru yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari bahan kayu sampai yang mengandalkan LED yang cantik. Jadi, mari eksplorasi lebih jauh!

13 Model Plafon Minimalis yang Unik dan Estetik

Berikut ini beberapa model plafon rumah sederhana yang sudah kami kumpulkan sebagai sumber inspirasi Anda. Nantinya, Anda bisa mewujudkan desain itu sendiri atau menggunakan  jasa renovasi rumah yang Anda percayai.

1. Plafon Minimalis Abu-abu Muda dengan LED

  • Cocok untuk: Ruang Keluarga, Kamar Tidur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang atau Tinggi
  • Lama Pengerjaan: 2-3 hari

Siapapun yang datang ke rumah Anda dan bersantai di ruang tamu pasti tak akan bisa melepaskan pandangan dari plafon minimalis yang satu ini.

plafon minimalis abu muda elegan

Trenderior.com

Padahal, tampilannya hanya dilengkapi dengan pencahayaan LED, tapi kesannya langsung terasa mewah.

Nuansa yang dihadirkan benar-benar lembut dan membawa siapapun yang ada di ruangannya bisa relax. Menariknya, model plafon ini cocok juga untuk ruang keluarga, bahkan kamar tidur.

Nah, mau coba model plafon rumah minimalis ini di rumah Anda?

Boleh. Saran kami, coba kreasikan gaya lampu dan penataannya. Jadi, akan lebih unik dan menarik. Jika masih ragu, silakan hubungi kami untuk mendiskusikannya dulu.

banner jasa renovasi rumah renov8

2. Plafon Minimalis Model Tray dengan Tampilan Modern

  • Cocok untuk: Kamar Tidur, Ruang Keluarga
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-4 hari

Plafon minimalis ini tak secerah yang tadi. Namun, kesan lembut yang dihadirkan tetap sama. Bahkan ada corak modern yang terasa dengan garis-garis di bagian atas yang tampak estetis.

model plafon sederhana tray

GFPlanen.de

Fokusnya memang bukan pada kesan simple minimalis. Namun, lebih ke tampilan elegan yang tampak cocok dengan dekorasi kamar tidurnya.

Belum lagi, pendekatan model plafon sederhana bergaya tray ceiling membuatnya jadi lebih terkesan artistik. Selain itu, ruangannya pun jadi terkesan lebih luas.

Oh ya, tentunya Anda harus tetap memperhatikan tinggi plafon yang ideal, ya. Jadi, jika menggunakan lampu gantung sebagai dekorasi dirasa kurang sesuai, Anda bisa coba menggunakan lampu LED.

3. Model Plafon Sederhana Putih Berlekuk

  • Cocok untuk: Ruang Keluarga, Ruang Makan
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Bagi yang tidak terlalu suka plafon minimalis model flat, kami selalu menyarankan untuk mencoba plafon berlekuk. Sebab, masih tetap cocok dengan desain simple tapi ada tekstur yang membuatnya tidak membosankan.

model plafon rumah terbaru berlekuk

shellysavonlea.net

Biasanya, model plafon rumah sederhana seperti ini paling cocok dipadukan dengan sebuah lampu gantung klasik dan warna dinding pastel seperti biru muda atau beige.

Sebenarnya, model plafon ini cocok untuk di berbagai ruangan seperti ruang keluarga dan ruang makan. Namun, untuk kamar tidur, Anda mungkin bisa menggunakan model plafon minimalis yang lain.

Alasannya, tanpa adanya lampu gantung, tampilan plafonnya jadi kurang menarik secara arsitektur.

4. Model Plafon Rumah Minimalis Tinggi Segitiga

  • Cocok untuk: Dapur, Kamar Tidur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Apa ya desain plafon minimalis yang keren untuk dapur? Apakah model yang agak unik seperti model katedral bisa dicoba?

model plafon rumah minimalis katedral putih

JulieDaltonDesign

Keputusannya tetap di tangan Anda. Namun, coba perhatikan tampilan dapur di atas. Dengan warna serba putih dan langit-langit yang tinggi membuat suasana dapur jadi tampak lebih luas, bukan?

Jadi, kalau Anda suka dengan model plafon rumah sederhana yang ada sentuhan pesona tradisional dengan adanya balok-balok kayu, desain di atas bisa jadi pilihan yang tepat.

Yang penting, perhatikan kebutuhan ruangan. Jika Anda berencana membuat lantai bertingkat, desain ini kurang cocok karena Anda harus mengubah plafonnya. Belum lagi, pengerjaan plafon rumah seperti ini biasanya lebih lama dibandingkan yang lain.

5. Plafon Minimalis dengan Balok Kayu

  • Cocok untuk: Lorong, Teras, Dapur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Anda suka ornamen kayu tetapi tidak ingin desain katedral seperti contoh di atas? Ada kok variasi model plafon sederhana dengan kayu yang lain untuk menciptakan kesan lebih modern.

plafon minimalis dengan balok kayu

TheUrbanDecor

Contoh di atas memperlihatkan barisan balok kayu dipadukan dengan tembok putih dan sekat antar ruangan dari kaca. Kesannya jadi artistik ala desain cafe, ya?

Menariknya, penerapan model plafon sederhana ini bukan hanya untuk lorong rumah, tapi juga cocok untuk dapur dan teras, lho.

Biar kesannya lebih elegan, sebaiknya juga menggunakan lantai kayu atau berwarna coklat mudah, untuk menambah kesan senada dengan model plafon rumah minimalis ini.

6. Plafon dengan Panel Unik

  • Cocok untuk: Dapur, ruang keluarga
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 2-3 hari

Model plafon ini berbeda dari model plafon rumah sebelumnya. Alih-alih cekung ke atas, plafon ini justru memiliki tonjolan ke bawah dengan motif unik. Tonjolan inilah yang digunakan sebagai tempat lampu gantung.

plafon minimalis dengan model drop

Perpaduan warna terang dan gelap senada dengan tema monokrom antara meja dan kursi makan di dapur.

Desain ini membuat dapur jadi tempat yang cozy untuk membangun komunikasi sebelum atau setelah berangkat kerja atau sekolah.

7. Plafon Minimalis Miring

  • Cocok untuk: Kamar tidur, dapur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Berbeda dengan model plafon rumah terbaru di atas, Anda pun bisa memilih tampilan unik dengan memasang plafonnya dalam kondisi miring. Bukan flat seperti yang banyak digunakan.

plafon minimalis miring

caddownloadweb.com

Ini bisa jadi solusi kreatif jika Anda punya kamar tidur di sisi rumah. Dengan model plafon minimalis ini, ruangan akan terlihat lebih luas dengan mengikuti garis atap. Desainnya bisa dibuat sederhana dan tidak perlu modifikasi khusus seperti pada tray ceiling.

Ingin membuat ruangan terlihat lebih luas? Anda bisa menggunakan jendela dan pintu dari fiber glass. Ini akan memberikan kesan semi open space yang modern, seperti pada gambar di atas.

Saat menggunakan model plafon ini, perhatikan pencahayaan. Jika lampu terlalu tinggi, ruangannya akan kurang terang. Sedangkan jika terlalu rendah, Anda akan membutuhkan lampu gantung yang tidak terlalu panjang.

8. Model Plafon Rumah Terbaru dengan Panel PVC

  • Cocok untuk: Kamar tidur, ruang keluarga, dapur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 2-4 hari

Anda mencari plafon minimalis datar dengan sedikit tekstur? Dan ingin pemasangannya mudah dan cepat? Kalau begitu, coba pertimbangkan plafon pvc untuk kamar tidur ini.

plafon minimalis panel PVC

zipanuncios.com.br

Model plafon rumah dengan panel PVC menawarkan beragam tekstur yang mudah ditambahkan ke langit-langit rumah Anda. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan tampilan baru tanpa perlu melakukan perubahan besar.

Menariknya, dengan model plafon ini, Anda bisa menciptakan tema yang serasi di berbagai ruangan. Mulai kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu, bahkan teras indoor.

Oh ya, adanya garis-garis panjang juga bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, lho. Apalagi jika warna yang Anda pilih cukup terang seperti abu-abu muda atau putih.

9. Acoustic Drop Ceiling

  • Cocok untuk: Ruang kerja, ruang hiburan
  • Kebutuhan Biaya: Sedang atau Tinggi
  • Lama Pengerjaan: 4-5 hari

Di rumah yang sederhana, penggunaan ruang sangat penting. Salah satunya adalah menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja atau bersantai.

Mungkin Anda bekerja dari rumah secara profesional, atau seorang content creator yang butuh suasana tenang tanpa gangguan suara. Jika itu yang Anda butuhkan, memasang plafon minimalis acoustic bisa jadi solusinya.

acoustic drop ceiling

Karena, model plafon rumah minimalis akustik cocok untuk ruang belajar atau kamar tidur anak yang sekaligus untuk belajar.

Umumnya, plafon minimalis ini berwarna monokrom. Namun, Anda juga bisa berkreasi dengan memasang dinding putih dan plafon bertema gelap.

10. Plafon Minimalis Coffered Putih-Biru

  • Cocok untuk: Ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 4-5 hari

Ingat kapan terakhir kali Anda melihat plafon seperti ini? Bukan cekungan besar seperti tray ceiling, tapi beberapa cekungan persegi yang tegas. Ada nuansa mewah dan elegan yang diberikan pada ruangan.

plafon minimalis dengan tema coffered

Homenish

Sekilas, plafon minimalis ini mirip dengan yang kedua, ya? Memang benar. Namun, garis desainnya lebih tegas dan aksen warna birunya lebih berani. Kesan elegannya pun muncul dari tekstur dan kombinasi warna pada model ini.

Anda sah-sah saja menggunakannya untuk kamar tidur anak perempuan, terutama jika dindingnya berwarna biru yang senada. Kesannya jadi lebih sejuk.

Namun, tempat terbaik untuk model plafon ini adalah di ruang tamu dan ruang keluarga. Sebab, ini akan menekankan kesan elegan di rumah minimalis Anda.

11. Plafon Minimalis Tinggi

  • Cocok untuk: Kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Kadang, Anda tidak perlu plafon minimalis dengan desain yang rumit. Yang penting, tinggi. Sebab, Anda hanya ingin plafon yang bisa membuat ruangannya terlihat lebih luas. Benar begitu?

model plafon rumah sederhana dengan high ceiling

Pinterest

Ilustrasi di atas merupakan salah satu contoh plafon minimalis dengan high ceiling. Cukup sederhana dan hanya mengikuti garis atap. Agak mirip dengan desain pada plafon miring, kan?

Anda juga bisa berkreasi sesuai dengan bentuk, bahan, dan kondisi rumah minimalis Anda. Mau menggunakan panel? Boleh. Ingin pakai bahan kayu untuk kesan lebih kokoh? Bisa juga.

Apapun itu, tak bisa dipungkiri, model plafon sederhana yang tinggi akan membuat ruangan langsung terlihat megah.

Apalagi jika Anda lebih berani menggunakan jendela dan pintu besar untuk membiarkan cahaya alami masuk. Kesan luasnya akan semakin terasa.

12. Model Plafon Rumah Sederhana Serba Putih

  • Cocok untuk: Kamar tidur, ruang tamu
  • Kebutuhan Biaya: Sedang
  • Lama Pengerjaan: 3-5 hari

Ingin plafon minimalis yang belum pernah digunakan orang lain? Cobalah konsep Anda sendiri dengan perpaduan false ceiling untuk menutupi instalasi kabel dan penataan cahaya yang menarik.

Perlu contoh inspirasinya?

model plafon sederhana false ceiling serba putih

Pinterest

Ini salah satunya. Anda bisa membuat sebuah plafon minimalis yang serba putih atau beige dan senada dengan dinding, lantai atau dekorasi di kamar tidur Anda.

Bentuk plafon dan penataan cahaya juga tidak harus mengikuti standar di bagian tengah ruangan. Anda bisa berkreasi dengan lampu yang mengitari bagian luar model plafon sederhana itu. Bisa keseluruhan, bisa juga sebagian.

Ingin menggunakan LED strip? Bisa disesuaikan dengan desain yang dibuat saja. Jika masih kurang, tambahkan pencahayaan di sudut dari plafon berupa lampu tembak kecil dengan cahaya yang hangat.

13. Model Plafon Sederhana Cor Industrial

  • Cocok Untuk: Kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi
  • Kebutuhan Biaya: Sedang atau tinggi
  • Lama Pengerjaan: 5-6 hari

Bagi yang ingin rumah minimalis unik dengan gaya industrial, maka plafon minimalis yang cocok tentu yang temanya industrial juga.

Konsepnya, Anda akan menggunakan plester atau cor untuk langit-langit ruangan. Nantinya, Anda bisa menambahkan warna gelap atau kesan rustic pada cat yang digunakan. Jadi, dikatakan unik dan artistik? Bisa. Dikatakan ekspresif dan berkarakter juga bisa.

Biasanya, pendekatan model plafon sederhana ini cocok untuk kamar tidur remaja pria. Atau, ideal juga bagi Anda yang ingin tampil simpel dan apa adanya, tanpa kesan terlalu polished di rumah minimalis itu.

Tantangan terbesar model plafon rumah sederhana ini tentu pada pencahayaan. Jika terlalu terang, akan tidak sesuai dengan konsep industrial yang ingin dicapai. Jika terlalu gelap, kesannya jadi sempit.

Solusinya, Anda bisa pakai lampu tembak hangat yang mengarah ke lantai kamar. Bisa dari keramik atau papan kayu. Lalu, tambahkan lampu di dinding kamar untuk hiasan yang menarik. Jangan lupa, gunakan juga cahaya alami dari jendela untuk menerangi plafonnya.

Manakah Model Plafon Rumah Sederhana Pilihan Anda?

Jangan khawatir kehabisan inspirasi untuk membuat rumah minimalis Anda tampil unik. Ada banyak pilihan plafon minimalis yang bisa Anda gunakan.

Di atas, Anda bisa memilih beberapa model plafon rumah terbaru. Pilihan ini termasuk plafon dengan tambahan LED, plafon miring sesuai garis atap, serta plafon yang bisa menyerap suara (akustik).

Demikian informasi tentang model plafon rumah sederhana yang kami berikan. Semoga cukup bermanfaat, ya. Dan jangan lupa untuk terus mengupdate informasi seputar tips rumah dan hunian yang nyaman di blog Renov8. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Categories

Related Tags