10 Model Plafon Terbaru untuk Ruang Tamu yang Minimalis
September 10, 2024

Sedang mencari rekomendasi plafon minimalis terbaru ruang tamu? Keputusan yang tepat! Karena ruangan ini punya peran penting di rumah Anda.

Model plafon yang tepat akan meningkatkan estetika ruang tamu dan mencerminkan karakter rumah Anda. Sebab, di ruangan inilah Anda akan menyambut tamu yang berkunjung.

Di sini, kami telah merangkum berbagai model plafon ruang tamu terbaik yang bisa diwujudkan oleh penyedia jasa renovasi rumah. Simak informasi lengkapnya, yuk!

10 Model Plafon Ruang Tamu yang Elegan dan Minimalis

Berikut adalah berbagai model plafon minimalis terbaru untuk ruang tamu yang telah kami rangkum untuk Anda:  

1. Model Plafon Tray Ceiling

model plafon tray ceiling

Desain plafon ruang tamu elegan dengan bentuk tray (alias nampan) sangat cocok untuk ruang tamu yang luas. Terlebih jika Anda menginginkan kesan rumah yang mewah.

Sesuai namanya, bentuk plafon ini seperti nampan yang terbalik. Dengan begitu, bagian tengahnya cekung, tidak datar seperti plafon pada umumnya.

Selain mengisi area langit-langit, model tray ceiling juga berfungsi sebagai pemisah ruangan berkonsep tanpa sekat (open space). Contohnya, bagian yang cekung untuk ruang tamu, sedangkan bagian yang rendah untuk area lain. 

2. Model Plafon Industrial Ceiling

model plafon industrial ceiling

Inilah konsep yang sesuai untuk desain rumah minimalis. Sebab, Anda tidak membutuhkan budget fantastis untuk mengaplikasikan model ini.

Walaupun berkonsep industrial, bukan berarti plafonnya akan terlihat seperti konstruksi yang setengah jadi, toh bentuk akhirnyanya tetap terlihat estetik, kok.

Lalu, bagaimana cara menerapkan model plafon ini di ruang tamu Anda?

Anda bisa menonjolkan warna abu-abu pada plafon, seperti halnya warna semen. Selanjutnya perlihatkan sedikit bagian struktur rumah untuk memperkuat konsep industrial. Agar makin lengkap, lengkapi dengan mengeluarkan jalur kabel secukupnya. 

3. Model Plafon Minimalis Modern

model plafon minimalis modern

Buat Anda yang menyukai konsep simple, maka model plafon ini adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu mengaplikasikan bentuk persegi panjang dan melengkapinya dengan lampu LED yang mengikuti garis pada setiap sisinya.

Untuk memperkuat konsep simple, cukup gunakan satu warna saja. Anda pun bisa menggunakan warna putih plafon dan warna kuning untuk lampu LED.

Walaupun simple, plafon ini tetap memunculkan kesan elegan dan mewah. Terlebih jika interior ruang tamu juga berkonsep minimalis modern, maka plafon ini akan menjadi pelengkap yang tepat.

4. Model Plafon Bentuk Lingkaran

model plafon bentuk lingkaran

Model plafon ruang tamu seperti ini sangat cocok untuk Anda yang bosan dengan bentuk yang biasa-biasa saja. Selain kotak dan persegi panjang, tidak ada salahnya untuk menggunakan bentuk lingkaran.

Selain unik, bentuk lingkaran juga memberikan kesan atraktif. Dengan begitu, ruang tamu Anda tidak terkesan membosankan.

Anda bisa mengaplikasikan bentuk lingkaran dengan permukaan datar sepenuhnya. Alternatif lain, Anda juga bisa membuat garis lingkaran menjadi timbul untuk menonjolkan bentuknya. 

5. Plafon Simple Beraksen Kayu

plafon simple beraksen kayu

Plafon minimalis dan modern tidak harus menggunakan gypsum/PVC/GRC. Anda juga bisa menggunakan kayu untuk mengisi ruang pada plafon.

Material kayu bisa dikombinasikan dengan material lainnya. Jadi, fungsi kayu adalah sebagai pelengkap plafonnya.

Anda bisa menggunakan kayu berbentuk bilah untuk mengisi bagian tengah plafon. Caranya, kombinasikan garis vertikal dan horizontal dengan proporsi yang tepat. Tidak terlalu rapat dan tidak terlalu lebar.

Kalau Anda memerlukan alternatif lain seputar instalasi plafon kayu, Renov8 hadir untuk Anda. Silakan kontak kami untuk informasi lebih lanjut dan tim profesional kami siap memberikan solusi terbaik untuk merenovasi ruang tamu rumah Anda.

banner jasa renovasi rumah renov8

6. Plafon Unik Berkonsep Coved

plafon unik berkonsep coved

Plafon coved umumnya digunakan di gedung perkantoran atau tempat ibadah. Tapi, Anda juga bisa mengaplikasikan plafon ini untuk hunian, khususnya rumah bergaya klasik.

Adapun plafon ini identik dengan bentuk lengkung sehingga bagian tengahnya cekung.

Model plafon minimalis seperti ini memberikan visual yang halus dan terlihat elegan. Selain itu, penggunaan plafon coved juga memperlihatkan transisi halus antara plafon dan dinding.  

7. Plafon Ruang Tamu Bahan Gypsum

plafon ruang tamu bahan gypsum

Gypsum adalah salah satu material yang sering digunakan untuk plafon ruang tamu. Sebab, proses pemasangannya mudah serta banyak pilihan warna dan bentuk/pola membuat gypsum diminati oleh banyak orang.

Cuku[ sesuaikan warna dan bentuk/pola plafonnya dengan interior ruang tamu agar estetika ruangan tetap terjaga.

Lantas, apakah gypsum adalah satu-satunya material yang cocok untuk ruang tamu? Pada dasarnya, baik plafon GRC atau gypsum punya keunggulannya masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

8. Model Plafon Coffered Ceiling

model plafon coffered ceiling

Plafon ruang tamu berbentuk coffered atau kotak-kotak mungkin masih asing untuk Anda. Model ini memang lebih sering diaplikasikan pada area publik, contohnya seperti ballroom di hotel.

Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mengaplikasikan konsep ini jugadi rumah Anda. Material yang digunakan tidak harus kayu, Anda bisa menggunakan gypsum atau PVC.

Perhatikan ukuran dan jumlah kotak yang akan diterapkan pada plafon. Baik kotak berukuran besar ataupun kecil, semuanya akan tetap estetik sepanjang warna yang digunakan sesuai dengan interior ruang tamu. 

9. Plafon Unik Bentuk Katedral

plafon unik bentuk katedral

Plafon ruang tamu yang estetik tidak hanya diwujudkan melalui bentuk, warna, atau pola tertentu. Anda juga bisa menggunakan plafon berbentuk katedral dengan kemiringan yang khas.

Bentuknya adalah huruf V yang terbalik, terinsipirasi dari gereja katedral. Agar makin cantik, lengkapi plafon dengan lampu gantung berwarna kuning. 

Walaupun unik, model ini perlu mempertimbangkan tinggi plafon yang ideal. Kalau terlalu pendek tentu akan kurang cocok dengan ruang tamu Anda.

Plafon ini idealnya diterapkan pada rumah di area tropis yang membutuhkan banyak udara dari luar. Sebaliknya, rumah di dataran tinggi tidak cocok menggunakan plafon katedral karena akan membuat hawa di dalam rumah jadi semakin dingin.  

10. Plafon Minimalis Shadow Line

plafon minimalis shadow line

Rekomendasi plafon minimalis ruang tamu yang terakhir adalah shadow line atau garis bayangan. Selain minimalis dan modern, desain ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Uniknya, garis yang ditonjolkan tidak digambarkan pada permukaan plafon. Caranya, ada sedikit ruang yang disisakan antara plafon dan dinding. Ruang kosong itulah yang akan menjadi garis bayangan.

Tapi, konsep ini prosesnya tidak mudah. Perlu ketelitian tinggi untuk memperoleh hasil pemotongan plafon dan dinding yang presisi. Sebab, hasil potongan yang tidak rapi akan mengurangi estetika ruang tamu.

Dengan begitu, konsep ini membutuhkan biaya tinggi karena Anda perlu menggunakan penyedia jasa berpengalaman. Anda juga tidak bisa mengharapkan proses cepat. Sebab, pemotongan dengan hasil presisi membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Kesimpulan

Berbagai rekomendasi plafon minimalis terbaru ruang tamu yang dibahas dalam artikel ini cocok diaplikasikan pada rumah-rumah modern. Anda cukup menyesuaikan dengan selera dan konsep rumah Anda.

Rumah bergaya klasik dan elegan bisa menggunakan plafon coved, tray, hingga katedral dan coffered yang unik. Sedangkan rumah bergaya minimalis bisa menggunakan konsep industrial atau shadow line.

Bentuk plafon pun tidak harus kotak atau persegi panjang. Anda bisa menggunakan lingkaran sebagai alternatif bentuk. Material pun tidak harus gypsum, Anda bisa menggunakan kayu sebagai aksen tambahan pada plafon. 

Selain ruang tamu, temukan inspirasi plafon lainnya hanya di blog Renov8. Jangan sampai terlewat, ya!

Categories

Related Tags