13 Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis, Dijamin Estetik!
Agustus 14, 2024

Jika Anda berpikir bahwa warna cat rumah yang bagus adalah putih, Anda tidak salah. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan warna lain yang bisa dipertimbangkan, lho.

Kami sudah mengumpulkan daftar warna cat rumah sederhana tapi mewah yang bisa Anda coba. Harapannya, bisa membantu Anda yang kebetulan sedang ingin renovasi rumah minimalis dengan tampilan lebih segar.

Nah, apa saja pilihan warna yang bisa Anda pilih? Baca informasinya sampai selesai, ya!

13 Pilihan Warna Cat Rumah yang Sederhana Tapi Mewah

Berikut pilihan warna cat rumah minimalis yang bisa Anda pilih, baik Anda ingin mengecat sendiri atau menggunakan jasa renovasi rumah:

1. Navy Blue

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Navy blue bisa menjadi warna cat tembok yang bagus untuk hunian minimalis. Warna yang identik dengan seragam Angkatan Laut Inggris sejak 1748 ini seolah tak lekang zaman.

Salah satu jenis warna biru tua ini bisa memberikan kesan tenang dan sejuk sehingga pas untuk bagian dalam rumah.

Anda ingin menggunakannya untuk kamar tidur atau ruang belajar anak? Navy blue bisa jadi warna cat dalam rumah yang bagus dan recommended.

warna cat rumah yang bagus untuk kamar anak adalah biru navy

Project Nursery

Oh ya, padukan warna cat ini dengan cat warna terang seperti putih atau abu-abu muda, ya. Jadi, ruangan tidak terlalu gelap.

2. Cloud White

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Ingin warna cat yang cerah tapi bukan putih polos? Jika begitu, Anda bisa mencoba Cloud White.

Masih merupakan golongan warna putih, tapi ada kesan hangat dengan sedikit campuran krem. Kesan dari warna cat rumah minimalis ini adalah lembut dan hangat yang pas untuk berbagai kondisi pencahayaan

warna cat rumah minimalis dengan cloud white

Pinterest

Coba Anda lihat bagaimana warna Cloud White dipakai di ruang keluarga di atas. Elegan dan terlihat luas, kan?

Warna cat ini memang cocok Ini untuk berbagai ruangan dan bisa menciptakan kesan terbuka dan lega.

Yang tak kalah penting, warna cat ini cocok untuk menonjolkan aksesoris atau furnitur yang Anda letakkan di ruangan tersebut.

3. Abu-abu Muda

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Masih belum ingin menjadikan warna putih sebagai pilihan warna cat tembok yang bagus? Tidak masalah. Anda bisa mencoba warna abu-abu muda alias light grey.

Ini merupakan pilihan warna cat dengan nuansa tenang. Jadi, cocok untuk ruang keluarga, kamar tidur, bahkan bagian luar rumah.

Light Grey merupakan warna cat tembok yang bagus

Guim.co.uk

Salah satu keunggulan warna cat tembok yang bagus ini adalah fungsinya sebagai backdrop yang netral. Anda bisa mengganti furnitur dengan warna lain tanpa khawatir warna tembok terlalu kontras.

Dengan kondisi ini, Anda bisa membuat biaya membangun rumah minimalis lebih efisien karena tidak perlu sering mengganti cat tembok untuk menyesuaikan furnitur, bukan?

4. Beige

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Beige adalah salah satu contoh warna cat yang elegan. Buktinya, ruang tamu di bawah ini jadi terlihat sangat menarik.

Salah satu warna cat dalam rumah yang bagus adalah beige

EverythingFurniture

Apa kelebihan Beige sebagai warna cat tembok yang bagus?

Desain minimalis bertujuan untuk menciptakan ruangan yang rapi, bukan? Nah, warna beige yang lembut dan tenang sangat cocok untuk mendukung suasana santai itu.

Kami sendiri merekomendasikan Anda menggunakan warna cat ini untuk ruang keluarga, ruang tamu, dan dapur.

5. Sage Green

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

“Wah, kalau pakai warna beige yang ada pengen rebahan nih? Ada warna lainnya?”

Beberapa orang ingin kamar tidur yang tenang tetapi tetap segar. Jika demikian, warna cat rumah minimalis yang tepat adalah Sage Green.

Warna cat dalam rumah yang bagus dengan sage green

TheUrbanDecor

Ini merupakan salah satu jenis warna hijau yang bisa Anda coba. Utamanya, jika Anda suka dengan kesan natural dan memasang dekorasi rumah seperti berbagai tanaman hias.

Apakah warna cat tembok yang bagus ini hanya cocok untuk kamar tidur? Tentu tidak. Sage green juga sering dipilih untuk desain kamar mandi sederhana, kok.

6. Lavender

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Warna ungu untuk cat rumah?” Anda tidak salah dengar, kok. Saat ini desain rumah minimalis cukup terbuka dengan beberapa opsi warna. Nah, lavender merupakan salah satunya.

Lavender tentu tidak segelap warna ungu biasa, sehingga memberikan kesan lebih segar. Selain itu, psikologi warna lavender terkait dengan kepribadian, dan kreativitas.

Lavender juga bisa jadi warna cat tembok yang bagus

Pinterest

Meskipun cocok untuk kamar tidur seperti di atas, lavender idealnya menjadi warna cat dalam rumah yang bagus untuk ruang tamu dan ruang keluarga.

Singkatnya, ini adalah pilihan menarik sebagai warna cat tembok yang bagus. Namun, tetap padukan dengan warna lain seperti putih untuk kesan lebih luas.

7. Blush Pink

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Jika Anda ingin tampilan girlie yang kental untuk kamar remaja putri, blush pink adalah pilihan yang tepat.

warna cat dalam rumah yang bagus dengan tema blush pink

Pinterest

Bayangkan jika kamar tidur Anda seperti tampilan di atas. Tembok pink akan semakin memperkuat kesan feminin, bukan?

Oh ya, cara ini juga bisa jadi solusi saat Anda mengganti bed cover atau ornamen lain yang berwarna pink. Warna cat ini bisa mempertahankan tema girlie dengan baik.

Sebagai variasi, Anda bisa juga menggunakan lilac sebagai warna cat rumah yang sederhana tapi mewah.

8. Soft Taupe

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Bagi pasangan baru di hunian minimalis, Soft Taupe bisa menjadi rekomendasi warna cat yang sederhana tapi mewah. Alasannya, kesan romantis yang ditimbulkan oleh warna ini sangat kuat.

Dengan warna cat tembok yang bagus ini, Anda bisa membangun kedekatan lebih dengan pasangan saat berada di rumah, lho.

warna cat rumah minimalis soft taupe

Pinterest.de

Soft taupe merupakan salah satu warna cat rumah minimalis yang netral, antara coklat dan abu-abu. Warna ini cocok untuk menonjolkan berbagai furnitur yang ada. Apalagi, jika ada pencahayaan alami dari jendela besar atau plafon skylight.

9. Batu Bata (Light Terracotta)

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Bagi sebagian orang, warna batu bata muda mungkin kurang cocok untuk hunian minimalis. Namun, coba perhatikan dulu kamar tidur di bawah ini.

warna cat rumah yang bagus Terracotta

EmilyMayDesign

Seperti terlihat, light terracotta bisa menjadi warna cat yang bagus juga, kan? Warna ini juga cocok untuk Anda yang ingin menambahkan sentuhan hangat terutama dengan pendekatan desain Mediterania.

Namun, karena warna ini kurang memberikan rasa lega seperti warna terang lainnya, sebaiknya kurangi jumlah furnitur di dalam kamar.

Akan lebih baik, jika Anda menambahkan tanaman hias untuk kesan lebih natural.

10. Kuning Muda

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Ingin menciptakan suasana cerah dan ceria di kamar minimalis anak? Bagaimana jika mencoba warna kuning muda?

warna cat dalam rumah yang bagus kuning muda

Project Nursery

Kuning sering dipilih sebagai warna cat untuk rumah minimalis, selain putih dan krem. Namun, Anda perlu memastikan kecerahan warna dan tema kamar yang diinginkan, ya.

Dengan warna cat ini, kesan ramah dan menyenangkan akan terasa. Kamar anak akan lebih positif sebagai tempat istirahat, belajar, dan bermain.

Oh ya, untuk membuat ruangan lebih terang dan luas, pilih furnitur dan sprei putih agar terlihat sederhana, ya. Bisa juga Anda menempatkan furnitur kayu coklat muda yang elegan.

11. Eucalyptus

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor

Jika Sage Green belum bisa jadi pilihan, tapi Anda suka warna hijau, maka Eucalyptus bisa jadi pilihan warna cat tembok yang bagus selanjutnya.

warna cat rumah minimalis eucalyptus

PlanHome

Kenapa begitu? Eucalyptus bisa dianggap perpaduan hijau lembut dan abu-abu yang tenang. Jadi, warna cat rumah minimalis ini cocok untuk membuat suasana alami.

Bisa untuk cat tembok kamar tidur? Tentu. Cocok juga untuk dinding kamar mandi? Tak perlu khawatir.

Warna lembut Eucalyptus tidak akan terlalu bertabrakan dengan warna lain, kok. Pun begitu, utamakan kombinasi dengan putih atau beige untuk hasil terbaik.

12. Abu-Abu Tua

  • Warna cat yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Warna gelap seperti abu-abu tua bisa jadi pilihan cat tembok yang bagus untuk rumah minimalis?

Abu-abu tua bisa jadi warna cat tembok yang bagus

Houzz

Kami serius, kok. Yang penting, Anda tahu beberapa tips untuk menjadikannya menarik. Apalagi jika Anda suka tema industrial, tetapi tetap ingin pakai cat dinding agar lebih rapi.

Di luar negeri, warna yang kadang disebut Iron Ore atau Nightfall ini juga jadi tren, kok. Terutama untuk desain rumah minimalis modern. Banyak yang menggunakannya untuk cat tembok luar, bahkan kamar tidur.

Nah, agar tidak terlalu suram, sebaiknya tambahkan dekorasi atau furnitur dengan elemen kayu. Jadi, kesan minimalisnya ada, tapi tampilan estetisnya terjaga.

13. Slate Blue

  • Warna cat rumah yang bagus untuk: Indoor dan Outdoor

Anda baru mendengar Slate Blue sebagai salah satu pilihan warna cat rumah sederhana tapi mewah?

Gampangnya, ini warna biru lembut dengan sedikit abu-abu. Saat Anda menggunakan warna cat ini, kesannya ruangan jadi mewah dan elegan.

Cobalah terapkan pada ruang keluarga atau ruang tamu. Kemudian, padukan dengan sofa berwarna senada atau warna krem yang lebih terang.

Setelah itu, tata furnitur low profile dengan warna kayu muda menjadi pendampingnya. Wah, ruangan itu tentu akan terlihat keren.

Slate blue juga bisa jadi pilihan warna cat dalam rumah yang bagus

21OAK

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Warna Cat Rumah?

Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan saat memilih warna cat yang bagus, yaitu:

Utamakan Warna Netral

Boleh kok Anda bereksperimen dengan warna unik seperti navy blue atau iron ore. Pun begitu, sebaiknya utamakan warna netral sebagai warna cat utama.

Alasannya, rumah minimalis biasanya perlu warna terang supaya terlihat lebih luas. Dengan begitu, kesan simple bisa diterapkan di semua ruangan dengan seragam.

Jangan Terpaku Satu Warna

Kecuali jika Anda ingin berhemat, sebaiknya jangan hanya menggunakan satu warna cat, ya?

Gunakanlah beberapa warna yang serasi untuk menambah variasi visual, terutama untuk efek gradasi.. Kenapa penting?

Pertama, akan ada lapisan warna yang menarik tanpa jadi terlalu ramai. Selain itu, Anda bisa ubah tampilan ruangan dengan tekstur berbeda dengan tema warna sama.

Pertimbangkan Kecocokan Penggunaan

Tak semua warna cat cocok untuk indoor dan outdoor sekaligus. Ada warna tertentu yang pas untuk indoor saja atau sebaliknya.

Jadi, sebelum membeli warna cat tembok yang bagus untuk renovasi, pertimbangkan rencana desain visual untuk rumahnya dulu.

Misalnya, jangan gunakan warna abu-abu tua untuk tembok luar jika konsep rumah Anda bukan minimalis industrial.

Perhatikan Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan alami di setiap ruangan, ya Warna navy blue bisa membuat ruangan terasa sempit. Jadi kurang pas menggunakannya di ruangan yang kurang cahaya.

Oh ya, bukan hanya ukuran jendela, tapi juga penempatan jendela untuk mendapatkan cahaya juga penting.

Untuk kamar yang menghadap utara, gunakan warna netral seperti beige. Sedangkan untuk kamar yang menghadap timur, warna sedikit gelap masih bisa digunakan.

Cocokan dengan Furnitur Ruangan

Baik pengecatan setelah ada furnitur atau sebelumnya, perhatikan kecocokan antar keduanya. Pastikan warna cat rumah minimalis Anda sesuai dengan model dan gaya furnitur.

Jangan terlalu kontras karena akan membuat konsep minimalis tersebut out of style. Namun, jangan juga terlalu sama sehingga kesannya jadi monoton dan membosankan.

Misalnya, untuk kamar anak dengan tema kuning, gunakan furnitur kayu dengan coklat muda. Sedangkan untuk kamar dengan cat light terracotta, bisa menggunakan perabotan coklat tua.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak warna cat yang bagus untuk konsep minimalis. Namun, 13 pilihan warna yang kami berikan, tentunya cukup memberikan Anda inspirasi, bukan?

Bukan hanya warna cat dalam rumah yang bagus, kami juga memberikan beberapa ide warna untuk tembok luar rumah. Dengan begitu, Anda tinggal mencocokan dengan desain rumah minimalis yang Anda inginkan.

Ingin mendapatkan inspirasi warna lain? Tenang. Pantau terus blog Renov8 karena kami akan terus mengupdate informasi ini sesuai dengan tren terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Categories

Related Tags